Mengenal Aplikasi Digital Tourism dan Manfaatnya

Tak dapat dimungkiri bahwa industri tourism di Indonesia tumbuh pesat. Hal ini didukung dengan banyaknya tempat wisata yang menawarkan keindahan panorama, suasana budaya yang kental, dan kuliner yang lezat. Di sisi lain, kemajuan teknologi digital juga memainkan peran penting dalam industri tourism secara keseluruhan. 

Kehadiran aplikasi tourism membawa perubahan besar yang berdampak positif pada perkembangan industri pariwisata. Dulunya, merencanakan liburan cukup rumit. Namun, kini kamu bisa bepergian ke mana saja dengan mudah. Bahkan, memesan tiket penginapan maupun pesawat bisa dilakukan di hari yang sama. 

Apa Itu Aplikasi Digital Tourism?

Aplikasi digital tourism adalah perangkat lunak yang dirancang untuk memudahkan pengguna mencari informasi terkait pariwisata. Tidak hanya destinasi tujuan, melainkan juga akomodasi selama berkunjung. Aplikasi ini dapat diakses melalui ponsel pintar kapan pun selama terkoneksi internet.

Manfaat Aplikasi Digital Tourism 

Sebenarnya manfaat aplikasi digital tourism dirasakan dua arah, yakni pengguna dan penyedia. Adapun manfaat bagi pengguna, antara lain sebagai berikut.

  • Pemesanan Lebih Mudah

Di era teknologi, masyarakat cenderung menyukai hal-hal yang simpel dan mudah. Keberadaan aplikasi tourism efektif menghemat waktu. Pengguna bisa menggunakannya di waktu luang atau hanya ketika dibutuhkan saja.

Melalui aplikasi tersebut, pengguna juga tidak perlu repot mengunjungi agen perjalanan secara langsung karena semua yang dibutuhkan telah tersedia, mulai dari tiket berangkat dan pulang, penginapan, hingga paket wisata. Asyiknya lagi, tersedia beragam jenis pembayaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. 

  • Informasi Mengenai Tujuan Wisata

Sebagian besar aplikasi tourism dilengkapi dengan informasi mengenai tujuan wisata. Meskipun informasi ini biasanya hanya disajikan secara singkat, hal ini memudahkan pengguna mempertimbangkan destinasi wisata terbaik yang hendak dikunjungi. 

Menariknya, beberapa aplikasi tourism tersebut juga menambahkan foto sebagai gambaran, rekomendasi penginapan terdekat, dan jarak tempuh destinasi wisata dari stasiun, bus, dermaga, atau bandara. Tentunya hal ini sangat membantu pengguna untuk merancang itinerary

  • Ketersediaan 24 Jam

Aplikasi tourism menyediakan ketersediaan dukungan selama 24 jam 7 hari. Ketersediaan sepanjang waktu ini memberikan nilai plus bagi pengguna. Mereka tak perlu lagi terburu-buru memesan tiket pesawat, akomodasi, ataupun paket perjalanan wisata.  

Bagi penyedia, aplikasi digital tourism juga memberikan beberapa manfaat, di antaranya sebagai berikut.

  • Mendorong Kesadaran Merek 

Aplikasi tourism memberikan kesempatan pada perusahaan untuk mendorong kesadaran merek. Hal ini akan membuat pengguna mengenal merek dan tertarik menggali merek tersebut lebih lanjut. Alhasil, pengguna akan mendapatkan seluruh informasi yang berhubungan dengan perjalanan pariwisata. 

  • Alat Marketing yang Efektif

Di zaman serba canggih, aplikasi bisa dijadikan sebagai alat marketing yang efektif. Melalui aplikasi tourism, kamu bisa mempromosikan bisnis yang kamu miliki. Misalnya: kamu menyediakan oleh-oleh khas Maluku, kamu bisa menggunakan aplikasi tourism sebagai salah satu cara tercepat menggaet calon konsumen. 

Bagi pemilik usaha penginapan, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memberikan gambaran kondisi kamar, lingkungan sekitar, fasilitas, jarak ke lokasi wisata, dan harga sewa per malam. Makin bagus harga dan kualitas layanan yang diberikan, makin tinggi popularitas bisnismu.

  • Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Aplikasi tourism membantu pemilik bisnis tetap terhubung dengan pelanggannya. Tak hanya memungkinkan pemilik bisnis berinteraksi langsung, aplikasi ini juga sangat tepat untuk memublikasikan paket wisata atau tur singkat dengan diskon menarik. Hal ini efektif memperluas jangkauan konsumen. 

Demikianlah sekilas informasi mengenai aplikasi tourism yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu tertarik dengan segala aktivitas yang berkaitan dengan tourism, kamu bisa mempelajarinya secara mendalam di bangku perkuliahan. Pilih jurusan Tourism BINUS UNIVERSITY dan nikmati masa kuliah yang seru serta dapatkan kesempatan untuk mengasah diri. Ayo, daftar jadi BINUSIAN dan wujudkan impianmu di masa mendatang!