5 Profesi Buat Lulusan Sastra China yang Bakal Banyak Dicari

Tertarik belajar sastra? Program Sastra China atau Chinese Literature termasuk salah satu yang saat ini semakin potensial, lho! China saat ini merupakan salah satu kekuatan ekonomi dunia yang patut diperhitungkan, dan minat terhadap bahasa serta budaya negara tersebut semakin meningkat. Lulusan program bahasa dan literatur China pun semakin diminati pemberi kerja.

Belajar bahasa dan sastra China bakal menjadikanmu salah satu lulusan dengan keahlian paling diminati di lapangan kerja; apalagi jika kamu lulusan kampus bermutu seperti BINUS University! Inilah lima profesi potensial yang bakal tersedia untuk lulusan program Sastra China di masa depan.

  1. Penerjemah untuk Perusahaan

Penerjemah mungkin profesi yang sudah terdengar biasa, tetapi penerjemah bahasa Mandarin untuk perusahaan? Tidak semua pelamar kerja memiliki kombinasi kemampuan ini, lho! Jika kamu menguasainya, kamu akan lebih mudah mendapat tawaran pekerjaan.

Penerjemah bahasa China untuk perusahaan harus bisa menerjemahkan dokumen, surat, media, dan terbitan secara akurat, sesuai dengan konteks perusahaan. Kamu wajib mengetahui cara menerjemahkan istilah teknis pada bidang tertentu, tergantung perusahaanmu.

Penerjemah bahasa China terhitung banyak dicari karena tingkat kesulitan bahasa tersebut. Berbagai perusahaan China (atau yang membuka cabang di negara-negara berbahasa China) bakal membutuhkan banyak penerjemah, lengkap dengan gaji yang cukup kompetitif.

  1. Content Creator

Pekerjaan sebagai content creator semakin diminati, terutama bagi mereka yang menguasai bahasa asing selain Inggris. Lulusan Sastra China punya potensi untuk menghasilkan konten menarik berbahasa Mandarin dan menjangkau banyak pemirsa.

Apa saja konten yang bisa kamu buat? Macam-macam, mulai dari konten edukasi, podcast, konten hiburan dan informatif untuk media sosial, dan sebagainya. Kamu juga bisa menggunakan keahlian ini untuk bekerja sama dengan berbagai pihak, mulai dari perusahaan komersial hingga media dan kantor pemerintah.

  1. Interpreter Profesional

Interpreter profesional yang menguasai bahasa Mandarin bakal banyak dicari di masa depan. Eratnya hubungan diplomatik Indonesia dan China serta pengaruh ekonomi China yang semakin meluas membuka banyak kesempatan kerja bagi interpreter. Bayangkan berapa banyak acara atau ajang yang akan membutuhkan jasa interpreter profesional!

Lulusan Sastra China yang memilih profesi sebagai interpreter punya nilai plus. Selain menguasai bahasanya, lulusan Sastra China menguasai konteks sosial budaya terkait penggunaan bahasa tersebut. Hal ini membantu meningkatkan akurasi penerjemahan serta pemilihan kata dan ekspresi yang tepat.

  1. Public Relation

Public relation cocok untuk lulusan Sastra China yang menyukai pekerjaan dengan jenjang karier keren, gaji besar, dan bahkan kesempatan melanglang buana! Belajar Sastra China memberimu nilai plus agar bisa menjadi profesional di bidang PR. Selain bahasa, kamu akan belajar konteks sosial, budaya, dan politik yang penting untuk menguasai bidang PR.

Sebagai profesional bidang PR, tugasmu adalah mewakili institusi atau perusahaan dalam mempertahankan citra publik mereka. Hal ini menuntut pemahaman akan bahasa komunikasi yang tepat, terutama di negara-negara yang menggunakan bahasa Mandarin. Keahlian yang kamu peroleh dari program Sastra China bisa menjadi bekal untuk mendukung tuntutan kerja sebagai PR.

  1. Marketing Internasional

Bagi yang punya minat dalam bidang marketing, program Chinese Literature bisa menjadi salah satu bekal pendukung. Ekonomi China yang semakin menguat membutuhkan kemampuan memahami pasar ini dengan baik agar strategi pemasaran bisa sukses. Salah satunya adalah memahami rahasia kesuksesan promosi brand di kalangan konsumen China.

Sastra China membantumu memahami karakteristik budaya China lewat analisis literatur dan aspek sosial budaya di dalamnya. Belajar Chinese Literature di kampus ternama seperti BINUS UNIVERSITY juga membantumu memahami bahasa Mandarin dalam konteks yang sesuai dengan kebudayaan China. Cocok untuk mendukung kegiatan riset yang penting dalam marketing internasional.

Sastra China adalah program dengan prospek masa depan yang semakin cerah, terutama dengan meningkatnya pengaruh China dalam aspek ekonomi global. Agar potensi karier semakin cerah, pastikan kamu mendaftar program Sastra China di kampus berkualitas seperti BINUS UNIVERSITY ya!