Public relation adalah salah satu bidang studi dengan karier yang cukup menjanjikan. Makin banyaknya perusahaan, bisnis, dan institusi yang bermunculan, kebutuhan akan seorang public relation yang andal dan profesional pun makin bertambah luas—baik dalam skala lokal maupun internasional.

Apa Itu Public Relation?

Public Relation
Sumber : Envato

Saat mengambil jurusan public relation, sebenarnya kamu sedang mempelajari gabungan teori dan konsep Ilmu Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Kamu akan dipersiapkan untuk menjadi individu profesional yang membantu instansi untuk membangun merek dan menyampaikan pesan instansi tersebut kepada publik. Dalam kata lain, kegiatanmu akan banyak berkutat dalam membangun citra positif sebuah instansi.

Prospek Kerja Lulusan Public Relation

Public Relation
Sumber : Envato

Meski citra seorang public relation identik dengan persona yang “formal”, nyatanya kamu punya banyak pilihan karier yang lebih “fleksibel” dan tetap menjanjikan. Kalau masih bingung apa saja role sebagai lulusan public relation yang dapat dipilih, berikut beberapa referensinya.

Corporate Communication

Kegiatan public relation sebagai seorang corporate communication staff yang utama adalah membuat perencanaan komunikasi yang strategis dengan tujuan membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan pihak internal maupun eksternal. Umumnya, kamu akan banyak melakukan publikasi seperti di siaran pers dan media sosial, menyelenggarakan event perusahaan, hingga Corporate Social Responsibility (CSR).

Kamu  perlu membekali diri pula dengan keterampilan komunikasi yang apik, baik secara tertulis maupun lisan. Tentunya, kamu pun harus mampu membawa diri dengan baik sebab kamu juga menjadi representasi perusahaan.

Brand Marketing

Kalau suka dengan kegiatan kreatif, kamu bisa memilih karier sebagai tim brand marketing. Di bidang ini, kamu akan bertanggung jawab untuk membuat komunikasi yang baik dengan user atau konsumen dari produk yang dibuat oleh perusahaan. Adapun cara-cara komunikasi yang dilakukan seperti melalui campaign, membangun komunitas, dan lain sebagainya.

Sebagai bagian dari brand marketing, kamu biasanya akan banyak berkolaborasi dengan tim kreatif atau bahkan agensi. Lewat aktivitas campaign yang kamu lakukan, perusahaan akan mengharapkan lebih banyak engagement yang terjalin dan produk yang lebih banyak digunakan oleh masyarakat.

Konsultan Kehumasan

Kalau punya cukup banyak pengalaman dan ingin bekerja lebih independen, kamu bisa memilih menjadi konsultan kehumasan. Profesi ini sangat banyak diperlukan—bahkan oleh instansi yang sudah besar dan memiliki tim humas internal sekalipun. Tentunya, bayaran yang bakal kamu peroleh pun tidak main-main.

Sebagai seorang konsultan, kamu akan bertanggung jawab memberi arahan yang tepat bagaimana klien melakukan komunikasi terhadap publik yang menjadi sasarannya. Kamu perlu menguasai berbagai aspek keterampilan, mulai dari perencanaan strategis, komunikasi verbal, komunikasi tertulis, tren media, dan sebagainya.

Presenter atau Pembawa Acara

Jika gemar berkomunikasi secara langsung, karier yang satu ini bisa jadi pilihanmu. Selain cakap dalam berkomunikasi, kamu juga harus menguasai wawasan tertentu yang berkaitan dengan topik atau bidang acara tersebut. Dengan begitu, kamu dapat membawakan acara dengan baik dan maksimal.

Sebagai seorang presenter pun, kamu akan menjadi pihak yang paling awal disoroti oleh publik. Maka dari itu, memiliki sifat dan sikap yang adaptif menjadi kunci penting lain yang tidak boleh terlewatkan.

Di samping empat profesi di atas, prospek kerja lulusan jurusan public relation juga masih banyak lainnya, lho. Kamu bisa meneruskan studi dan menjadi seorang dosen, wartawan, editor, jurnalis, juru bicara, hingga analisis sekalipun.

Mulai Karier Public Relation melalui BINUS @Malang  

Untuk kamu yang ingin mengejar karier di bidang public relation, BINUS @Malang menyediakan bekal yang kamu perlukan. Selain wawasan dan keterampilan berkomunikasi profesional sesuai kebutuhan industri, kamu juga berkesempatan mengikuti program (2+1)+1.

Program ini memungkinkanmu untuk menjalani studi selama dua tahun di kampus asal (Malang), satu tahun di kampus BINUS UNIVERSITY kota lainnya, dan satu tahun berikutnya menjalani satu dari lima program enrichment yang tersedia

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan karier public relation idaman yang cemerlang bersama BINUS @Malang sekarang!