Jakarta, 7 September 2023 – BINUS UNIVERSITY resmi melantik 10.782 mahasiswa baru yang dikukuhkan dalam Seremoni Sidang Pelantikan Mahasiswa Baru BINUSIAN 2027. Bertempat di Kampus BINUS @Alam Sutera, proses sidang pelantikan diadakan serentak dan diikuti BINUSIAN 2027 yang tersebar di seluruh kampus BINUS UNIVERSITY di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Malang, dan Semarang.

Dalam sambutannya, Rektor BINUS UNIVERSITY, Dr. Nelly S.Kom, M.M., CSCA berkata “Sebagai Mahasiswa BINUS, Anda tidak hanya menjadi sarjana yang pintar dengan memiliki nilai tinggi saja, tapi juga perlu melatih dan mengembangkan Graduate Attribute, memiliki soft-skill dan karakter yang baik yang dibangun selama tujuh sampai delapan semester Anda berkuliah di BINUS UNIVERSITY”, ucapnya.

Beliau juga mendorong untuk menggunakan kesempatan yang ada ini dengan sebaik-baiknya sebagai ajang latihan dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan diri dengan mengamalkan SPIRIT (Striving for excellence, perseverance, integrity, respect, innovation, dan teamwork), sebagai karakter yang dibangun untuk menghasilkan BINUS Graduate Attribute yang dapat meningkatkan kualitas lulusan untuk berkarir sebagai professional ataupun menjadi entrepreneur.

Selepas seremoni pelantikan, diadakan juga pemberian beasiswa sebagi bentuk komitmen BINA NUSANTARA dalam membina dan memberdayakan Masyarakat melalui pendidikan.  Lima kategori beasiswa diberikan kepada 68 penerima.

Beasiswa yang diberikan adalah Beasiswa Ayo Sekolah Ayo Kuliah! (ASAK) sebanyak 30 Penerima, Student Athlete Scholarship sebanyak 11 Penerima, Widia Scholarship for Outstanding Achievement sebanyak 14 Penerima, BINUS World-class Scholarship sebanyak 4 penerima, dan Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) sebanyak 9 penerima.

Simbolis pemberian beasiswa ini diberikan oleh Stephen Wahyudi Santoso selaku Chief Operating Officer yang didampingi Jajaran Managing Director BINA NUSANTARA, Pimpinan BINUS Higher Education, dan Rektor BINUS UNIVERSITY.

Langkah Awal Menuju Cita-Cita: Selebrasi Perjalanan Pendidikan Tinggi

Setelah acara inti yaitu Sidang Pelantikan Mahasiswa Baru BINUSIAN 2027, kegiatan dilanjutkan dengan Welcoming Festival sebagai bentuk apreasiasi bakat, kreativitas dan hiburan bagi BINUSIAN, khususnya Freshmen 2027 setelah melalui proses cukup panjang dan padat selama kegiatan First Year Program yang dimulai sejak 24 Juli 2023.

Dibuka oleh penampilan parade dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dipimpin oleh Maskot BINUS Support dan didukung penampilan khusus dari UKM Dance (Stamanara) turut memeriahkan acara dan memberikan gambaran kepada para freshmen bahwa disediakan wadah bagi minat dan potensi di luar bidang akademik.

Seluruh BINUSIAN yang hadir bernyanyi, menari, dan bergembira. Melupakan rasa lelah yang sudah mendera setelah melalui rangkaian kegiatan yang dimulai sejak pagi hari. Mereka mengambil foto dan video, mengabadikan momen yang terjadi sekali dalam hidup mereka.

Ibu Rektor dan Pimpinan BINUS Higher Education pun turut berkeliling swafoto bersama. Penuh antusias menerobos hingga berada di tengah kerumunan Mahasiswa. Berjabat tangan, memberikan motivasi serta mengungkapkan kebanggaan turut menjadi bagian dari perjalanan BINUSIAN 2027.

Kemeriahan semakin memuncak dengan persembahan penampilan dari OK Band, Iringan musik DJ, dan ditutup oleh penampilan dari Juicy Luicy Band yang sukses memberikan kemeriahan acara.

Pelantikan Mahasiswa Baru merupakan agenda tahunan dan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan First Year Program (FYP) yang merupakan kegiatan pendampingan bagi mahasiswa baru di tahun pertama. FYP dimulai sebelum mahasiswa kuliah di semester pertama hingga di semester kedua perkuliahan.

Tujuan dari First Year Program adalah memberikan informasi bagi mahasiswa baru akan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan agar dapat sukses mengikuti proses perkuliahan, mengenal dan memahami bagaimana sistem pendidikan di BINUS, bagaimana lingkungan di BINUS, dan yang paling penting mengetahui cara agar dapat lulus tepat waktu.