Dalam beberapa tahun terakhir, BINUS UNIVERSITY berkembang pesat menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia. BINUS pun secara khusus terkenal sebagai kampus dengan jurusan IT terbaik dan berkelas dunia. Namun, tahukah kamu kalau BINUS juga memiliki deretan program studi teknik yang tak kalah menjanjikannya, lho!

Tertarik Jadi Anak Teknik? Yuk, Cek 5 Jurusan Unggulan Ini!

Fakultas Teknik BINUS mempunyai beberapa pilihan program studi yang telah mendapatkan pengakuan akreditasi tingkat internasional. Pilihan jurusan teknik BINUS tersebut di antaranya adalah:

1. Arsitektur

Pilihan yang pertama adalah program studi arsitektur. Pilihan berkuliah di jurusan ini memungkinkan kamu belajar tentang proses perancangan bangunan, pengaplikasian seni, sains, serta teknologi dan sekaligus menciptakan hasil rancangan yang kreatif dan berkelas.

Prospek karier dari jurusan arsitektur tidak hanya sebagai tenaga arsitek. Kamu bisa pula menemukan pilihan jenjang karier lain yang tak kalah menarik. Opsi karier tersebut di antaranya adalah analis properti, 3D animator di bidang arsitektur, fotografer arsitektur, manajer real estate, dan lain semacamnya.

2. Civil Engineering

Berikutnya adalah civil engineering yang merupakan program studi unggulan di BINUS. Jurusan ini tidak hanya memiliki akreditasi unggul BAN-PT. Namun, civil engineering juga mempunyai memperoleh pengakuan secara internasional lewat akreditasi dari IABEE dan ABET.

Saat berkuliah di jurusan civil engineering, kamu bisa belajar tentang beragam aspek yang memiliki kaitan dengan bidang konstruksi serta desain infrastruktur. Kemampuan tersebut bisa mengantarkan kamu dalam beragam pilihan karier di berbagai bidang, seperti structural engineering, geotechnical engineering, highway engineering, dan lain-lain.

3. Computer Engineering

Faculty of Engineering BINUS UNIVERSITY juga memiliki program studi yang berkaitan dengan dunia IT, yaitu computer engineering. Seperti halnya prodi teknik lain, jurusan computer engineering telah terakreditasi internasional IABEE dan ABET. Sebagai tambahan, prodi ini juga mendapat akreditasi Unggul dari BAN-PT.

Kuliah di jurusan computer engineering mempunyai sedikit perbedaan dibandingkan prodi computer science. Di sini, kamu tidak hanya belajar tentang software. Namun, kamu juga perlu memiliki pemahaman tentang dunia hardware sehingga bisa mengombinasikannya menjadi sebuah perangkat yang mempunyai fungsi tertentu.

Prospek kerja dari seorang lulusan computer engineering sangat luas. Kamu bisa bekerja sebagai network engineer, IoT developer, automation engineer, cloud engineer, wireless communication engineer, dan lain sebagainya.

4. Food Technology

Pilihan yang tak kalah menariknya adalah Jurusan Food Technology BINUS. Program studi yang satu ini termasuk sebagai salah satu jurusan unik di BINUS. Para alumni dari jurusan ini sangat dibutuhkan para pengusaha, terutama di bidang industri makanan.

Lulusan Food Technology BINUS UNIVERSITY memiliki keahlian serta kemampuan yang spesifik. Kamu bakal memperoleh bekal pengetahuan terkait upaya menjaga serta menciptakan produk pangan yang sehat, menarik, dan sekaligus aman dikonsumsi.

Karier yang bisa kamu jalani setelah lulus dari jurusan food technology sangat banyak. Pilihan karier tersebut di antaranya adalah food blogger profesional, food entrepreneur, konsultan pengolahan pangan, tenaga riset, dan lain-lain.

5. Industrial Engineering

Kamu bisa pula menjumpai program studi teknik industri atau industrial engineering. Jurusan ini merupakan perpaduan antara teknik dengan manajemen. Kamu akan belajar terkait pola pikir, prinsip, serta pendekatan dalam upaya memaksimalkan kinerja perusahaan secara menyeluruh.

6. Biotechnology

Bioteknologi adalah sebuah jurusan studi multidisiplin. Artinya, bidang ini merupakan gabungan beberapa ilmu, khususnya biologi, kimia, dan teknologi. Jika ditinjau lebih jauh lagi, jurusan ini terdiri dari empat ruang lingkup, yakni bioteknologi putih, bioteknologi biru, bioteknologi hijau, bioteknologi merah.

Bekal pengetahuan dari kuliah di jurusan teknik industri memungkinkan kamu untuk mengelola sumber daya seperti manusia, bahan baku, serta mesin dengan optimal. Dengan begitu, tingkat produksi meningkat, pekerja memperoleh kenyamanan di tempat kerja, dan lain semacamnya.

Nah, itulah penjabaran singkat mengenai deretan program studi yang bisa kamu temukan di Faculty of Engineering BINUS UNIVERSITY. Sampai di sini, kamu jadi tahu kalau BINUS tidak hanya punya jurusan yang berkaitan dengan IT. Prodi teknik yang ada di BINUS tidak kalah bagusnya.