Mengenal First Year Program BINUS UNIVERSITY, Inovasi Kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru

Perguruan tinggi merupakan tahap penting dalam kehidupan seorang individu, yang tidak hanya membangun fondasi pendidikan akademik, tetapi juga membentuk karakter dan keterampilan pribadi. BINUS UNIVERSITY, sebagai Perguruan Tinggi Indonesia Berkelas Dunia, mengakui pentingnya mempersiapkan mahasiswa baru secara holistik. Oleh karena itu, BINUS UNIVERSITY meluncurkan program khusus yang dikenal sebagai First Year Program (FYP).

Jika kita mendengar sebuah kata tentang orientasi dan perkenalan kampus tentunya terbesit di benak kita tentang ospek. Fenomena ini sering kali menjadi momok yang menyeramkan karena terkesan “dikerjai” oleh senior-senior yang telah terlebih dahulu menempuh pendidikan di sebuah kampus. Jauh dari kata menyeramkan, FYP yang diadakan BINUS UNIVERSITY tentunya 100% nyaman untuk diikuti oleh seluruh calon mahasiswa.

Di sini bukan hanya dilatih untuk dapat mengenal kampus dan sistemnya, dalam kesempatan ini juga merupakan waktu yang pas untuk berkenalan dan mendapatkan teman-teman yang akan menjadi partner seperjuangan dalam menempuh pendidikan. Tidak hanya itu, dibangun juga sebuah karakter untuk dapat menjadi pelopor semangat Fostering and Empowering the society setelah lulus di kemudian hari.

First Year Program (FYP) adalah suatu rangkaian kegiatan yang dirancang khusus untuk mahasiswa baru di BINUS UNIVERSITY. Program ini bertujuan untuk membantu mahasiswa baru dalam beradaptasi dengan lingkungan kampus, memahami tuntutan akademik, serta membentuk karakter yang tangguh. FYP bertindak sebagai jembatan yang menghubungkan antara masa sekolah menengah atas dan dunia perkuliahan, membantu mahasiswa baru dalam mengeksplorasi peluang dan meraih potensi terbaik mereka.

First Year Program di BINUS University terbagi menjadi lima fase penting yaitu, Orientation & Transition Program, Week of Welcoming, Inauguration, Academic Experience, dan Excellence Program. Setiap fase ini masing-masing memiliki tujuan dan manfaatnya sendiri. Selama kegiatan-kegiatan tersebut freshmen akan ditemani oleh dua partner, Freshmen Partner dan juga Freshmen Leader.

“First Year Program bener-bener ngebantu aku untuk mempersiapkan fase-fase aku ketika nanti menjadi mahasiswa baru dimulai dari semester 1 sampai semester 2 nanti, program ini ngebantu banget gak hanya untuk persiapan diri aku tapi juga persiapan akademik aku tentunya, aku juga bisa mengenal lingkungan kampus secara lebih dalam.” jelas Petrik Eliazer Malini, Peserta FYP dari Jurusan Hubungan Internasional.

Sebagai institusi pendidikan yang bertekad menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan aman, BINUS University menentang sepenuhnya segala bentuk perilaku tidak pantas, termasuk plonco/bullying, selama masa First Year Program. Mahasiswa diharapkan untuk saling menghormati dan bekerja sama dalam menjalin hubungan yang positif.

“Harapanku untuk para peserta FYP agar mereka bisa beradaptasi dengan baik, setelah FYP ini mereka bisa lebih mengenal BINUS dan merasa nyaman dengan lingkungan perkuliahan mereka.” jelas Praisella Augustior, BINUSIAN Jurusan Psikologi – Freshmen Leader B27

Dengan semangat inklusivitas dan kerjasama, BINUS University berkomitmen untuk menciptakan pengalaman perkuliahan yang positif dan bermakna bagi semua mahasiswanya.