Dalam visi fostering and empowering the society, BINUS UNIVERSITY menghadirkan program-program unggulan untuk mencetak lulusan terbaik yang akan turut membangun negeri. Program studi Arsitektur menjadi salah satunya. Selain bertujuan menghasilkan lulusan inovatif dengan tetap mempertahankan nilai budaya lokal, program studi ini mendukung mahasiswanya untuk bisa bersaing secara global.  

Oleh karena itu, mahasiswa Arsitektur BINUS UNIVERSITY selalu memanfaatkan teknologi informasi dalam merancang maupun membangun proyek-proyek arsitektur. Hal ini didukung pula oleh keberadaan Studio Arsitektur, salah satu fasilitas unggulan kampus yang menjadi wadah BINUSIAN untuk mengembangkan kreativitasnya. 

Canggih, Ini Deretan Fasilitas Jurusan Arsitektur BINUS UNIVERSITY

Studio Arsitektur, Fasilitas untuk Latih Kreativitas

BINUS UNIVERSITY selalu menyediakan fasilitas terbaik bagi seluruh BINUSIAN. Dimulai dari gedung perkuliahan modern nan berteknologi tinggi, setiap jurusan di kampus berkelas dunia ini juga memiliki fasilitas khusus masing-masing.

Bagi program studi Arsitektur, studio arsitektur menjadi salah satu fasilitas yang paling diandalkan. Fasilitas ini tidak hanya hadir sebagai pelengkap aktivitas perkuliahan, tetapi juga sebagai wadah untuk menggali kreativitas calon arsitek dan desainer profesional di masa mendatang. 

Studio desain arsitektur di BINUS UNIVERSITY umumnya digunakan BINUSIAN untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam ilmu arsitektur. Hampir seluruh proses desain dapat dilakukan di studio ini. Diawali dari menganalisis, menyusun desain dalam gambar, serta menyusun model bangunan, mahasiswa arsitektur bisa mengembangkan semuanya dengan menggunakan fasilitas lengkap yang terdapat di dalam studio. 

Bukan BINUS UNIVERSITY namanya jika tidak menghadirkan fasilitas terbaik bagi BINUSIAN. Kehadiran studio arsitektur pun menjadi salah satu langkah universitas untuk menciptakan lulusan unggulan di bidang arsitektur. Didukung dengan fasilitas berbasis teknologi tinggi, studio ini memiliki beragam perlengkapan yang bisa digunakan mahasiswa untuk meningkatkan nilai suatu desain dengan prinsip estetika. 

Di studio ini pul,a mahasiswa dan dosen bisa saling bersinergi dalam mengembangkan proyek bersama. Selain menjadi tempat untuk mengasah dan mengembangkan ide-ide desain yang cemerlang, studio ini pada dasarnya menjadi tempat lahir berbagai proyek arsitektur karya mahasiswa. Proyek-proyek pengembangan BINUSIAN jurusan arsitektur biasanya akan ditampilkan dalam ajang pameran kampus pada waktu-waktu tertentu.

Studio Arsitektur: Inspirasi bagi BINUSIAN

Studio arsitektur ternyata tidak hanya hadir dalam bentuk fasilitas kampus. Sesuai dengan visi fostering and empowering, BINUSIAN tak pernah henti menghadirkan suntikan-suntikan motivasi bagi rekan satu jurusan maupun kawula muda pada umumnya. Nama “Studio Arsitektur” pun dijadikan sebuah tajuk podcast yang menjadi fasilitas online sharing tentang perkuliahan di jurusan arsitektur maupun ilmu rancang dan konstruksi bangunan. 

Podcast Studio Arsitektur menampilkan diskusi menarik serta ceramah inspiratif yang berkaitan dengan jurusan Arsitektur BINUS UNIVERSITY. Podcast ini dikelola langsung oleh BINUSIAN kreatif dari jurusan tersebut. 

Saat ini, sudah ada beberapa sesi podcast yang bisa didengarkan di kanal Studio Arsitektur. Seluruhnya membahas berbagai topik yang menarik dan tentunya menambah pengetahuan BINUSIAN tentang bidang arsitektur. Topik-topik yang diangkat dalam podcast meliputi Perkuliahan Daring dan Mahasiswa, Inspirasi Desain dan Arsitektur, serta Cerita Magang Mahasiswa Arsitektur.

Perkuliahan Daring dan Mahasiswa yang menjadi episode pertama podcast menghadirkan obrolan mahasiswa arsitektur tentang kuliah online di masa pandemi, termasuk suka-duka dan kesulitan yang sering dihadapi. Sesi ini dipandu oleh host M. Rezi Megananda dengan narasumber Jovandy Purnomo dan Yovita Sule.

Dua episode podcast lainnya—Inspirasi Desain Arsitektur dan Cerita Magang Mahasiswa Arsitektur—juga tak kalah seru dan inspiratif. Dengan menghadirkan dua BINUSIAN sebagai narasumber, episode Inspirasi Desain Arsitektur cocok disimak bagi kamu yang penasaran tentang konsep desain dalam dunia arsitektur, dari mulai awal pencetusan ide, prinsip yang harus dipatuhi, hingga naik-turunnya proses perancangan. 

Sementara itu, dalam episode Cerita Magang Mahasiswa Arsitektur, kamu akan diajak untuk mengenal prospek kerja jurusan Arsitektur. Pengalaman magang, suka-duka dunia kerja, hingga pesan dan kesan yang dirasakan saat mahasiswa Arsitektur menjalani program internship juga dibahas di episode ini. 

Baik sebagai fasilitas kampus maupun media podcast, Studio Arsitektur sama-sama memberikan inspirasi dan motivasi bagi BINUSIAN, terutama mereka yang berkuliah di jurusan ini atau memiliki minat besar di dunia arsitektur. Keberadaan dua fasilitas tersebut kian membuktikan kiprah BINUS UNIVERSITY sebagai universitas kelas dunia yang mengemban visi fostering and empowering generasi bangsa.