Jakarta, 31 Juli 2023 – “Saya bersyukur atas bimbingan dari Bapak Ibu Dosen, dukungan,teman-teman, dan fasilitas yang diberikan, membuat saya semangat dalam meraih pendidikan terbaik sehingga saya sudah dapat bekerja bahkan belum lulus. Saya persembahkan kelulusan ini untuk orangtua yang memberikan harapan dan menjadi dasar saya berpijak pada hari ini.”

Adalah ungkapan Carolus Peter Ortega Schoggers, BINUSIAN dari Jurusan Accounting yang merupakan salah satu dari 4.611 BINUSIAN berbahagia pada Wisuda 67 BINUS UNIVERSITY.

Berbeda dari perhelatan wisuda sebelumnya, wisuda kali ini diselenggarakan di Sentul International Convention Center yang dibagi menjadi 2 sif.

Dalam pidatonya, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M., selaku Rektor menyampaikan bahwa BINUS terus berkomitmen melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang membina dan memberdayakan masyarakat menuju Indonesia emas 2045.

“Tantangannya adalah bagaimana Anda dapat mengisi Indonesia Emas 2045. Banyak cita-cita, harapan yang ada di Masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik di 2045. Semua itu bisa menjadi tantangan ataupun ancaman, terpenting bagaimana hal tersebut menjadi peluang bagi kita semua membangun Indonesia menjadi negara yang maju”

Dari jumlah 4.611 BINUSIAN yang diwisuda, 70,53% Wisudawan dan Wisudawati lulus tepat waktu dengan 88,14% lulusan mendapat IPK lebih dari 3.00. Selain itu, terdapat 311 lulusan menyandang predikat Summa Cumlaude dengan IPK sama dengan atau lebih dari 3.91 hingga 4.00.

Selain itu, sebanyak 73% lulusan Jenjang Sarjana telah bekerja. 26% di antaranya telah bekerja di Global Company atau Top Nasional, 14% menjadi wirausahawan, dan sebanyak 3% melakukan studi lanjut.

Hal penting yang juga disampaikan oleh Prof. Harjanto dalam pidato sambutannya adalah pentingnya menjunjung integritas bagi lulusan BINUS UNIVERSITY.  Sejak tahun 2016, BINUS UNIVERSITY mengeluarkan SK Rektor No. 1426/SK/PTTKK-UBN/VII/2016 yang memberlakukan sanksi Mencontek =DO dan telah mengeluarkan sebanyak 86 mahasiswa yang terbukti mencontek.

Prof. Harjanto juga ingin menegaskan bahwa BINUS berkomitmen membantu masyarakat dan Pemerintah dalam memberantas korupsi yang diawali dari hal yang sederhana, yaitu kejujuran. BINUS akan mengambil semua penghargaan yang telah diberikan jika Alumni BINUS terbukti terlibat korupsi atau membuat orang lain melakukan korupsi.

Dalam pidatonya, Prof. Harjanto juga tidak lupa memberikan penghargaan kepada Tokoh Perintis BINUS, Rektor pertama BINUS UNIVERSITY, Dr. Ir. Th. Widia Soerjaningsih, MM., dan Rektor kedua, Prof. Dr. Gerardus Polla, M. App. Sc. yang telah membangun BINUS sehingga menjadi ekosistem pendidikan dengan 180.000 komunitas BINUSIAN.

Prof. Harjanto juga menyampaikan bahwa Wisuda 67 ini menjadi wisuda terakhir baginya menghantarkan para wisudawan sebagai Rektor, karena per tanggal 14 Agustus 2023, BINUS UNIVERSITY akan melantik Rektor periode 2023-2028 yang akan dijabat oleh Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA

Melalui Wisuda ke-67, BINUS UNIVERSITY terus mengukuhkan komitmennya sebagai Perguruan Tinggi Indonesia yang berkomitmen untuk melahirkan SDM yang unggul. Wisudawan juga diharapkan untuk terus berjuang meraih impiannya dengan tetap menanamkan integritas serta semangat fostering dan empowering untuk Nusantara.