Saat menjalani perkuliahan, mahasiswa tidak hanya berkutat dengan aktivitas belajar di dalam kelas. Kamu juga punya kesempatan untuk mengembangkan diri melalui himpunan mahasiswa jurusan (HMJ). Kalau memilih kuliah di Jurusan Arsitektur BINUS UNIVERSITY, kamu dapat bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Arsitektur yang disingkat HIMARS. 

Keberadaan HIMARS tidak sekadar sebagai tempat berkumpulnya para mahasiswa BINUS UNIVERSITY dari program studi arsitektur. Kamu bisa pula berpartisipasi dalam berbagai aktivitas yang mereka selenggarakan. Partisipasi tersebut akan menjadi sarana bagi kamu dalam mengembangkan keahlian, baik yang berkaitan dengan dunia arsitektur ataupun tidak. 

BINUS UNIVERSITY
Sumber : Binus

Sejarah Singkat HIMARS BINUS

HIMARS merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan yang telah berdiri di BINUS UNIVERSITY sejak 22 Desember 1998. Hanya saja, namanya saat itu bukan HIMARS, melainkan HIMTA atau Himpunan Mahasiswa Teknik Arsitektur. 

Selang beberapa waktu, HIMTA berganti nama menjadi HIMARS sebagai upaya mengikuti penyesuaian perubahan pada program studi arsitektur dari yang awalnya berada di fakultas teknik menjadi fakultas sains dan teknologi. Nama HIMARS pun tetap digunakan sampai sekarang meski Jurusan Arsitektur kembali di bawah naungan Faculty of Engineering BINUS UNIVERSITY. 

Kegiatan HIMARS

Dalam pendiriannya, HIMARS mempunyai peran sebagai organisasi mahasiswa yang berbasis keilmuan. HIMARS pun menjauhkan diri dari aktivitas yang bersifat politik praktis. Meski begitu, HIMARS tetap berupaya menunjukkan eksistensi lewat berbagai peran positif di masyarakat, meliputi: 

1. Pengembangan Keilmuan

Himpunan Mahasiswa Jurusan Arsitektur BINUS UNIVERSITY melaksanakan berbagai jenis kegiatan yang bertujuan dalam mengembangkan pengetahuan serta keilmuan para BINUSIAN. Kegiatan yang berkaitan dengan upaya pengembangan keilmuan dapat membantu para mahasiswa BINUSIAN Arsitektur dalam memenangkan persaingan di dunia kerja. 

Jenis aktivitas yang ada dalam lingkup pengembangan keilmuan oleh HIMARS cukup variatif. Kamu tidak hanya bisa menemukan adanya kegiatan berupa pelatihan atau seminar. Namun, HIMARS juga mengadakan aktivitas lainnya seperti study tour serta lomba di bidang arsitektur yang sifatnya internal ataupun eksternal. 

Contoh kegiatan HIMARS yang termasuk dalam kategori ini di antaranya adalah: 

  • Architecture Grand Festival 2021
  • Studi Banding Evaluarsi HIMARS 2021
  • International Seminarch 2017
  •  SSEARCH (Sharing Season with HIMARS)
  • HIMARS Competition (HIMTION)

2. Membangun Relasi

Ada pula kategori kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan membangun relasi. Kegiatan yang ada di kategori diharapkan bisa mendekatkan hubungan setiap peserta yang terlibat di dalamnya. Pelaksanaannya tidak hanya pada lingkup internal. Namun, ada pula deretan aktivitas yang bertujuan untuk membangun relasi dengan pihak eksternal. 

Hubungan relasi yang baik dengan berbagai pihak memberikan banyak manfaat bagi para BINUSIAN jurusan Arsitektur. Keakraban dalam lingkup internal membuat BINUSIAN jurusan Arsitektur kian solid. Sementara itu, relasi dengan pihak eksternal dapat membantu BINUSIAN dalam memperoleh banyak informasi dari dunia luar. Contohnya, info terkait dunia kerja. 

  • HIMARS Day
  • HIMARS Night
  • Nonton Bareng HIMARS
  • Expo HIMARS

3. Pengabdian Masyarakat dan Edukasi

Hal yang tak kalah penting, HIMARS mempunyai kegiatan yang sifatnya adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat serta edukasi. Kegiatan-kegiatan pada kategori ini bertujuan untuk mendorong kepedulian BINUSIAN Jurusan Arsitektur terhadap masyarakat. Hal ini tidak lepas dari peran seorang mahasiswa sebagai Guardian of Value.

Di sisi lain, peran HIMARS dalam melakukan edukasi berkaitan dengan dunia arsitektur. Kegiatan edukasi ini umumnya dilaksanakan melalui platform digital seperti media sosial. Dengan begitu, masyarakat pun bisa lebih memahami manfaat peran arsitektur dalam proses pendirian bangunan. 

Beberapa kegiatan HIMARS yang termasuk dalam kategori pemberdayaan masyarakat dan edukasi di antaranya adalah: 

  • HIMARS Peduli
  • #Spasi Seputar Arsitektur
  • Bakti HIMARS
  • HIMARS Charity

Nah, itulah penjabaran singkat mengenai HIMARS yang merupakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Arsitektur BINUS UNIVERSITY. Keberadaan HIMARS jadi sarana penting bagi BINUSIAN dalam menjalankan fungsi serta peran sebagai mahasiswa. Hal yang tak kalah penting, HIMARS adalah bukti kalau setiap BINUSIAN memiliki peran aktif dalam membangun negeri.