Jurusan teknik termasuk teknik industri (industrial engineering) memang selalu menjadi primadona di antara yang lain. Selain karena peluang kerja yang terbuka luas, jurusan teknik industri juga dipandang keren dan bergengsi di banyak universitas dunia. Pasalnya, jurusan ini memang diperuntukkan untuk optimalisasi dan efisiensi industri, baik dari aspek produksi, pengembangan, bahkan sumber daya manusia serta tata kelola pembiayaan.

Secara substansi, teknik industri memiliki perpaduan antara sains dan ilmu sosial, serta terdiri dari beberapa materi jurusan teknik lainnya. Sebut saja seperti materi elektronika, permesinan, proses manufaktur, dan pemrograman dasar. Oleh karenanya, tidak heran jika jurusan ini memiliki ruang lingkup yang cukup kompleks dan mencakup setidaknya tiga kategori, yaitu Sistem Manufaktur, Manajemen Industri, dan Sistem Industri & Tekno-Ekonomi. Ketiganya merupakan aspek utama yang terdapat  di jurusan teknik industri.

Industrial Engineering
Sumber : Envato

Ruang lingkup yang luas dan kompleks ini tentu menjadi salah satu daya tarik bagi generasi muda saat ini. Meski memang, terdapat pula beberapa alasan lain mengapa jurusan ini bisa menjadi favorit. Berikut beberapa di antaranya;

1. Cakupan Keilmuan yang Luas

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, jurusan teknik industri memiliki cakupan bidang keilmuan yang luas. Tak hanya berkaitan dengan rumpun keilmuan sains, tetapi juga bidang ilmu sosial. Bahkan, terdapat beberapa materi yang dinilai cukup asing di kalangan mahasiswa teknik pada umumnya, seperti ilmu psikologi, ekonomi hingga manajemen.

Tentu hal ini menjadi nilai lebih karena tidak melulu soal fisika dan matematika yang akan Anda pelajari, melainkan juga materi penting dalam dialektika sosial industri. Termasuk materi yang berkaitan dengan tata kelola keuangan, sumber daya manusia dan lingkungannya. Dengan cakupan keilmuan yang luas ini memungkinkan para mahasiswa memiliki bermacam kompetensi dan keterampilan yang akan menjadi bekal untuk memulai karier setelah lulus kuliah.

2. Bidang Keahlian yang Beragam

Secara garis besar, bidang keilmuan teknik industri (industrial engineering) dapat dipetakan menjadi tiga bagian, yaitu Sistem Manufaktur, Manajemen Industri, dan Sistem Industri & Tekno-Ekonomi. Dengan masing-masing bagian memiliki spesifikasi dan tujuan berbeda. 

Meski demikian, ada baiknya jika Anda cukup fokus pada salah satu di antara tiga bidang keilmuan tersebut agar benar-benar mendalami. Misalnya, jika Anda fokus pada manajemen industri, maka peluang untuk bergabung dengan dunia managerial perindustrian cenderung lebih besar. Dalam artian, Anda berpotensi mendapatkan posisi strategis di perusahaan-perusahaan industri. 

3. Peluang Kerja dan Kesempatan Berkarir yang Besar

Bisa dikatakan bahwa peluang kerja lulusan S1 Teknik Industri memiliki presentase cukup tinggi. Peluang ini tidak hanya terdapat pada bidang teknik saja, tetapi juga di bidang lain seperti pengelolaan sumber daya manusia, pemeliharaan sistem industri, serta peningkatan sistem informasi dan komunikasi.

Bahkan, untuk tahun-tahun yang akan datang kebutuhan akan lulusan jurusan ini bisa jadi akan kian meningkat. Hal ini mengingat pemerintah sedang gencar membangun perindustrian dalam negeri, terutama pasca pandemi yang sangat mempengaruhi kondisi perekonomian nasional. Luasnya ranah profesi yang bisa dijangkau ini tentu menjadi nilai lebih dan daya tarik tersendiri sehingga jurusan teknik industri kian diminati. 

4. Cocok untuk Semua Gender

Umumnya, jurusan teknik selalu identik dengan laki-laki. Namun, tidak demikian dengan teknik industri. Dengan melihat betapa luasnya cakupan materi keilmuan yang diberikan dan variasi keahlian yang akan didapatkan, ini sangat memungkinkan bagi kaum hawa untuk menunjukkan eksistensinya di dunia teknik ini.

5. Membuka Jalan ke Dunia Bisnis

Bagi para lulusan S1 Teknik Industri, menjadi pengusaha juga bisa menjadi pilihan. Dengan bekal kemampuan dan kecakapan yang telah didapatkan, seperti kemampuan mengembangkan produk dan mengelola sumber daya manusia, bisa dikatakan Anda telah memiliki senjata untuk terjun langsung di dunia usaha/bisnis. Dengan pengetahuan yang matang tentang bagaimana proses produksi dilakukan disertai kemampuan manajemen, tentu akan mempermudah Anda bersaing di dunia industri. 

Nah, itulah beberapa hal penting yang membuat jurusan teknik industri kian diminati. Bagi Anda yang juga tertarik untuk masuk jurusan ini, Industrial Engineering BINUS UNIVERSITY @Semarang bisa menjadi pilihan. Dengan didukung fasilitas, tenaga pendidik, dan sistem pembelajaran terbaik, BINUS UNIVERSITY berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing di dunia Industri saat ini.