Menghadapi era transformasi digital dan persaingan global yang semakin kompleks dalam kondisi yang semakin dinamis ini, kewirausahaan dan inovasi menjadi faktor kunci dalam memajukan dunia bisnis di Tanah Air. Memahami pentingnya hal tersebut, BINUS @Bandung hadir dengan Program Studi Creativepreneurship. Program studi ini didesain untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan, pengetahuan, dan pemahaman yang diperlukan untuk menjadi pengusaha sukses dan inovatif dalam berbagai bidang industri.

Tak hanya itu, BINUS UNIVERSITY sebagai Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia yang mendukung pengembangan kewirausahaan di Indonesia, turut serta dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Aliansi Program Studi Kewirausahaan Indonesia (APSKI) dan The 1st APSKI International Conference on Entrepreneurship (APSKI-ICE) 2023. Acara tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 29 hingga 31 Mei 2023 di Bandung, Jawa Barat. BINUS @Bandung yang diwakilkan oleh Program Studi Kewirausahaan atau Creativepreneurship BINUS @Bandung dan Program Studi Kewirausahaan – SBM ITB dipercaya sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini. Kepercayaan tersebut tak lepas dari peran Program Studi Kewirausahaan BINUS @Bandung sebagai inisiator pembentukan APSKI.

Rakornas APSKI 2023 sendiri merupakan forum pembentukan formal Aliansi Program Studi Kewirausahaan Indonesia yang dihadiri oleh mayoritas 59 program studi kewirausahaan dari perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan adanya pembentukan APSKI secara formal, diharapkan aliansi ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kerjasama dan kolaborasi dalam bidang pendidikan kewirausahaan. Peningkatan kerjasama dan kolaborasi yang dimaksud meliputi perluasan jaringan akademik, penyediaan informasi dan sumber daya, penelitian, pelatihan, serta pengembangan bagi akademisi kewirausahaan. Pada akhirnya, APSKI diharapkan dapat menjadi wadah yang memperkuat peran pendidikan kewirausahaan di tengah masyarakat.

BINUS @Bandung, melalui Program Studi Creativepreneurship, dengan antusias menyambut pelaksanaan Rakornas APSKI dan APSKI-ICE 2023. Program Studi Creativepreneurship di BINUS University memiliki komitmen yang kuat dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan dan kreativitas di kalangan mahasiswa. Acara ini sangat relevan dengan visi dan misi program studi tersebut, karena menghadirkan platform kolaborasi bagi para pemimpin dan praktisi kewirausahaan untuk berbagi pemikiran, pengetahuan, dan pengalaman dalam menghadapi tantangan dan peluang dalam dunia bisnis yang terus berkembang.

Program Studi Creativepreneurship itu sendiri berada dibawah BINUS BUSINESS SCHOOL – Undergraduate Program yang telah meraih penghargaan bergengsi dari AACSB (Association to Advance Collegiate Schools of Business). Penghargaan ini menegaskan komitmen BINUS BUSINESS SCHOOL dalam menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang sesuai dengan standar internasional.

The 1st APSKI International Conference on Entrepreneurship (APSKI-ICE) 2023 sendiri merupakan salah satu konferensi internasional bergengsi dengan tema “Reviving Entrepreneurship Spirit and Business Recovery Through Innovation and Optimization Technology.” Konferensi ini akan dihadiri oleh 37 peserta dari seluruh Indonesia yang akan memaparkan pemikiran mereka dalam bidang kewirausahaan.

Dr. Johan Muliadi Kerta, S.Kom., M.M selaku Direktur BINUS @Bandung, menyambut baik rangkaian kegiatan Rakornas APSKI 2023.

“Rakornas APSKI pertama ini merupakan salah satu inisiatif yang berkolaborasi dengan 14 Kampus lainnya, terutama dengan Perguruan Tinggi Negeri seperti ITB, Unibraw, USU, yang ada di bandung dan di Indonesia. Ini merupakan Langkah besar bagi program studi kewirausahaan Indonesia agar bisa membangun sebuah semangat kewirausahaan di bidang Pendidikan,” kata Direktur Kampus BINUS @Bandung, Johan Muliadi Kerta, di sela-sela kegiatan, Senin, 29 Mei 2023.

Dengan segala kegiatan yang diselenggarakan dalam Rakornas APSKI dan APSKI-ICE 2023, BINUS University berharap dapat terus mendorong semangat kewirausahaan, inovasi, dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan di Indonesia.