Wujud Komitmen Membina dan Memberdayakan Masyarakat Melalui Pendampingan UMKM

Pemberian perangkat pendukung promosi online dari BINUS UNIVERSITY kepada Ratu Eceng

Foto: Pemberian perangkat pendukung promosi online dari BINUS UNIVERSITY kepada Ratu Eceng

Jakarta, 15 Mei 2023 – “Tantangan bisnis saya saat ini adalah kegiatan promosi yang harus mengikuti jaman. Bagaimana menciptakan suatu produk yang didukung dengan promosi secara online”, ucap Ieko Damayanti, Pemilik CV. Sahabat Alam Handycraft atau yang lebih dikenal dengan Ratu Eceng mengenai salah satu tantangan yang dihadapi dalam bisnisnya.

Sebagai bentuk pemberdayaan UMKM, tim Centre for Business and Social Empowerment BINUS UNIVERSITY yaitu Prof. Dr. Lim Sanny, S.T., M.M., Dr. Pantri Heriyati, S.E., M.Comm. dan Dr. Dahlia Darmayanti, MIM berkunjung ke workshop Ratu Eceng yang berlokasi di Tangerang Selatan untuk menyerahkan seperangkat peralatan teknis yang dapat mendukung pembuatan konten atau kegiatan pemasaran di media sosial.

“Sebuah bentuk nyata yang kami lakukan di BINUS UNIVERSITY berusaha berkontribusi mendukung keberlangsungan bisnis UMKM binaan kami. Dukungan ini tak hanya memberikan perangkat yang mendukung kegiatan promosi, namun juga pendampingan bagaimana memperbesar potensi pasar hingga ke Amerika maupun Eropa,” tutur Prof. Lim Sanny yang merupakan Guru Besar bidang ilmu Manajemen di BINUS UNIVERSITY.

Ieko Damayanti menggunakan perangkat pendukung pemasaran online

Foto: Ieko Damayanti menggunakan perangkat pendukung pemasaran online

“Berbagai program pemberdayaan UMKM yang kami lakukan diharapkan memiliki dampak kepada masyarakat. Program yang kami lakukan disamping memberikan pelatihan di bidang branding, juga pendampingan bagaimana berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia internasional yang dalam prosesnya akan melibatkan Dosen serta Mahasiswa,” ucap Pantri Heriyati selaku Head of Social Business Empowerment BINUS UNIVERSITY.

BINUS UNIVERSITY terus berkomitmen dalam membina dan memberdayakan masyarakat, salah satunya melalui pemberdayaan UMKM sebagai salah satu bentuk dharma pengabdian kepada masyarakat.

Ratu Eceng merupakan UMKM terpilih binaan BINUS UNIVERSITY yang memproduksi barang kriya berbahan dasar serat alam dari tanaman eceng gondok. Saat ini produk Ratu Eceng selain telah berhasil dipasarkan di pasar nasional juga sudah merambah sampai ke Los Angeles, Amerika Serikat.

Beberapa produk siap ekspor hasil produksi Ratu Eceng

Foto: Beberapa produk siap ekspor hasil produksi Ratu Eceng

Peralatan pembuatan konten sosial media merupakan bantuan dari program hibah internal pembinaan UMKM BINUS UNIVERSITY. Ieko Damayanti sebelumnya telah mendapat berbagai pelatihan dan pendampingan dari BINUS UNIVERSITY. Diharapkan produk UMKM akan semakin berdaya saing dan bisa merambah pasar internasional dengan lebih luas lagi.