Malang, 25 Mei 2023 – Sebagai Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia, BINUS @Malang berkomitmen mengembangkaan Sustainability Competitive Advantage salah satunya melalui penguatan kolaborasi strategis dengan industri.

BINUS @Malang melakukan penjajakan kerjasama dengan PT Meratus Line melalui MOU yang ditandatangani oleh Rektor BINUS UNIVERSITY, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. dan Johannita Ratnaningtyas, HRD Division Head PT. Meratus Line pada (25/5) di Kampus BINUS @Malang.

Dalam sambutannya, Prof. Harjanto menyampaikan latar belakang dari kerjasama ini.”Sebagai bagian dari komitmen BINUS UNIVERSITY, kita ingin lebih dekat dengan industri. Kota Malang akan menjadi pusat layanan pendidikan tidak hanya di Jawa Timur, tapi juga di Indonesia bagian timur. Kami ingin membuka peluang yang lebih besar, yang kami sadari tidak dapat melakukannya sendiri dan butuh dukungan dari industri untuk meningkatkan kualitas lulusan yang dapat memberikan dampak bagi masyarakat”, tuturnya.

Senada dengan pernyataan Prof. Harjanto, PT. Meratus Line juga memiliki semangat yang sama memberdayakan masyarakat tak hanya dari sisi bisnis, namun juga pengembangan dari sisi SDM.

“Awal kerjasama ini adalah kita telah melhat track record BINUS sebeumnya. Banyak sekali lulusan BINUS yang bekerja di Meratus dan memiliki performance yang sangat baik. Kita juga sebelumnya telah melakukan kerjasama 3+1 dengan BINUS yang membantu rekan-rekan kami yang ada di IT Departmement untuk melakukan digital transformation dengan mengembankan sistem baru yang ada di Meratus. Setelah menyelesaikan masa magang, mahasiswa tersebut banyak yang kemudian bekerja di Meratus,” tutur Imelda Markus selaku Talent Acquisition Head Meratus.

“Harapannya kerjasama yang dilakukan tidak hanya internship bagi mahasiswa, namun juga internship bagi dosen dan bisa melihat opportunity lain lagi bersama dengan BINUS, yang harapannya tidak hanya ke IT namun mungkin bisa dengan dari Program Public Relations, Marketing Communications, dan juga dengan Business Creation dengan harapan bisa mendukung bisnis Meratus ke depannya”, tambahnya.

Salah tujuan BINUS UNIVERSITY dalam melakukan kolaborasi dengan industri adalah untuk memperkuat Employability dan Entrepreneurship mahasiswa melalui program (2+1)+1 di mana mahasiswa akan menjalani 2 tahun kuliah di kampus asal, 1 tahun kuliah di kampus BINUS di kota lain dan 1 tahun menjalani 1 dari 7 program enrichment yang disediakan (Internship, entrepreneurship, research, community development, study abroad, further study, dan specific independent study).