mesin-mesin berat menjadi bagian dari banyak proses

Kesehatan dan keselamatan kerja merupakan topik utama yang sering dibahas dalam industri seperti manufaktur, di mana mesin-mesin berat menjadi bagian dari banyak proses. Lebih banyak detail disediakan oleh Johann Cillers, Direktur Pemasaran Grup di Welding Alloys.

Hal ini menjadi sangat jelas ketika Anda memeriksa statistik yang dibuat oleh pemerintah Inggris mengenai jumlah total kecelakaan fatal yang terjadi di setiap industri. Antara tahun 2021 dan 2022, terdapat total 123 kematian dan 22 cedera di industri manufaktur.

Menurut statistik pemerintah, industri manufaktur mempekerjakan sekitar 2,5 juta orang. Lebih dari 3.100 kecelakaan besar dilaporkan setiap tahun dalam lima tahun terakhir, sedangkan 4.100 kecelakaan kecil dilaporkan. Selain itu, kecelakaan-kecelakaan tersebut mengharuskan pekerja untuk tidak hadir di tempat kerja selama lebih dari tujuh hari, yang mengakibatkan penundaan rantai pasokan.

Bukan hanya teknologi yang telah mengubah cara hidup kita secara pribadi, tetapi juga telah mengubah cara kita bekerja. Artikel ini akan membahas bagaimana teknologi telah meningkatkan pendekatan industri terhadap kesehatan dan keselamatan. Kami juga akan memikirkan bagaimana ini dapat berkembang di masa depan.

Visualisasi realitas virtual dan augmented tentang area yang berisiko mengidentifikasi risiko dan area yang memerlukan perhatian sebelum masuk ke tempat kerja dapat signifikan mengurangi jumlah kecelakaan yang terjadi. Dengan menggunakan teknologi visual yang muncul seperti realitas virtual dan augmented (VR dan AR, masing-masing), teknologi dapat membantu dalam identifikasi tersebut.

Konsumen semakin banyak menggunakan headset VR, dan di Inggris, pendapatan pasar meningkat sebesar £ 701,8 juta dari tahun ke tahun. Pekerja di sektor manufaktur dapat menggunakan headset dan perangkat lunak untuk tujuan pelatihan untuk mengenal mesin dan risiko yang mungkin terjadi. Hal ini dapat membantu mengurangi jumlah kecelakaan yang terjadi. Ford, misalnya, berhasil mengurangi tingkat cedera mereka sebanyak 70% dengan menggunakan teknologi ini untuk pelatihan. Hal ini dapat meningkatkan keselamatan prosedur penting seperti pengelasan pelapis keras. Menggunakan AI dan robot untuk mengotomatisasi proses beberapa proses lebih berbahaya daripada yang lain. Cara terbaik untuk mengurangi risiko kecelakaan dan cedera adalah dengan menghilangkan unsur manusia dan memfokuskan pada cara yang lebih baik untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut. Kemudian ada robotika dan otomatisasi.

Kecerdasan buatan (AI), yang dapat diprogram oleh insinyur atau robot yang dibangun khusus untuk mengoperasikan praktik-praktik yang berbahaya ini sendiri, telah membantu mesin-mesin tertentu berjalan tanpa interaksi manusia. Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Guidance Automation. 73% dari perusahaan manufaktur percaya bahwa otomatisasi adalah salah satu faktor paling penting yang akan membantu industri maju. Ini tidak hanya berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan, tetapi juga dengan penyederhanaan prosedur secara keseluruhan untuk meningkatkan efisiensi.

Wearable, komunikasi, dan drone adalah contoh teknologi di tempat kerja. Berbeda dengan walkie-talkie yang membutuhkan saluran khusus untuk diatur, teknologi komunikasi untuk pekerjaan di tempat dan gudang telah membantu meningkatkan komunikasi antara bisnis industri. Dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perhatian menggunakan perangkat mobile yang kuat dan efektif yang dapat mengirim pesan berbasis teks dan mengambil gambar.

Pelaporan kesehatan dan keselamatan juga telah meningkat dan menurun sebagai hasil dari teknologi wearable. Kesehatan jangka panjang pekerja dan pencegahan kecelakaan dapat sangat diuntungkan dari teknologi yang dapat mendeteksi ancaman di udara, seperti gas berbahaya. Menurut laporan dari Institute of Occupational Medicine, teknologi ini dapat melengkapi perlengkapan pelindung konvensional seperti helm keras dan sarung tangan kuat.

Sensor jarak jauh yang menawarkan informasi pemakaian konstan dapat diperkenalkan di dekat pengaturan pakai. Berikut dikatakan oleh Rodrigo Varas Vega, direktur manajemen KW Technologies SA, divisi Welding Alloys: Kemungkinan operator melukai diri mereka sendiri secara signifikan berkurang ketika sensor pakai digunakan untuk memantau dengan tepat tingkat keausan di area yang sulit diamati. Ini konsisten dengan teknologi kontrol jarak jauh yang saat ini digunakan dalam operasi pertambangan dan pengaturan industri lainnya.

Drone adalah teknologi baru lainnya yang dapat membantu tidak hanya mengidentifikasi risiko tetapi juga melakukan penelitian tambahan tentang mereka. Pada tahun 2023, pasar drone yang tersedia secara komersial diperkirakan akan tumbuh 9,1 persen. Ini akan sangat membantu dalam manufaktur karena dalam kejadian kecelakaan, lebih aman untuk memeriksanya dari jarak menggunakan kamera di drone.

Tidak hanya akan menempatkan teknologi ini dalam penggunaan membantu mengurangi jumlah kecelakaan yang terjadi, tetapi juga membantu mencegah cedera yang bisa menyebabkan kematian. Ketika datang untuk bagaimana cedera bisa merugikan bisnis Anda, efisiensi tenaga kerja Anda selalu menjadi faktor yang harus dipertimbangkan, tetapi menempatkan nyawa karyawan Anda dalam bahaya adalah pertimbangan penting.

Teknologi yang berkaitan dengan Kesehatan dan keselamatan di Industri manufaktur, sangatlah erat kaitannya dengan bidang Ilmu Teknik Industri atau Industrial Engineering. Keilmuan ini sangat penting untuk diterapkan di segala lini industry dan oleh sebab itu, kualitas pendidikan pada bidang Teknik Industri penting untuk diperhatikan.

Bagi kamu yang tertarik untuk berkecimpung di dunia Teknik Industri, yuk gabung ke Industrial Engineering program BINUS @Kemanggisan, dimana kamu dapat mempersiapkan dirimu untuk berkontribusi pada industri di tingkat nasional dan juga di tingkat global.