Era digital membuka peluang yang lebih luas bagi berbagai sektor industri. Kemajuan teknologi ini membuat batas perdagangan antarnegara menjadi hilang. Agar bisa bertahan sekaligus memanfaatkan peluang yang ada, beragam inovasi bisnis pun harus dilakukan oleh para pelaku industri. Ada beberapa strategi bisnis penting yang sebaiknya diketahui oleh para pelaku maupun calon pebisnis di era digital ini. Apa saja?

Strategi Bisnis Era Digital
Sumber : Envato

Gunakan Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing alias SEM sangat penting bagi bisnis, terutama yang masih berskala kecil. Ini memungkinkanmu untuk tampil menonjol di antara para pesaing sekaligus meningkatkan visibilitas di mesin pencari. 

Karena di era digital banyak orang yang berusaha menemukan produk lewat bantuan search engine, kamu harus berusaha mendapatkan peringkat yang tinggi di mesin pencari. Ini bisa dilakukan dengan mencari kata kunci (keyword) yang tepat serta relevan dengan produk dan layanan yang kamu sediakan.

Manfaatkan Content Marketing

Content marketing atau pemasaran konten dilakukan dengan memberikan informasi kepada calon pelanggan tentang produk dan layanan yang kamu tawarkan secara digital. Kamu bisa membuatnya dalam bentuk postingan blog, artikel atau ulasan produk. Semakin banyak dan menarik konten yang kamu tawarkan, semakin besar peluangmu mendapatkan kepercayaan calon konsumenmu.

Optimalkan Email Marketing

Email marketing adalah saluran pemasaran yang sangat efektif dan merupakan saluran pemasaran langsung. Kamu bisa menggunakan email untuk mengiklankan produk atau layanan dalam bisnismu. Ini adalah cara yang bagus untuk memberitahu calon pelangganmu tentang produk atau layanan baru yang kamu sediakan dengan memasukkannya ke dalam strategi otomasi pemasaran.

Jangan Lupakan Social Media Marketing (SMM)

Social Media Marketing (SMM) merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling efektif saat ini. Namun langkah untuk melakukannya bisa sangat rumit. Banyak digital marketer yang bicara tentang pentingnya SMM, tapi hanya sedikit pengusaha yang bisa mengintegrasikan media sosial ke dalam saluran pemasaran mereka.

Jenis platform media sosial yang kamu gunakan tergantung pada bisnis yang dijalankan. Kamu harus bisa memilih dengan cermat agar hasil SMM kamu maksimal.

Gunakan Aplikasi

Tidak hanya media sosial, saat ini ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk memudahkan pekerjaan mereka. Sebut saja aplikasi pembukuan, aplikasi akuntansi hingga aplikasi e-commerce dan administrasi.

Keberadaan aplikasi-aplikasi ini tidak hanya akan menghemat waktu, tapi juga tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan untuk kegiatan operasional. Aplikasi ini juga memberikan kemudahan dan kenyamanan. Sebut saja aplikasi e-commerce yang membantu para pedagang menjual produk mereka hanya dengan ponsel saja.

Tidak Pernah Berhenti Berinovasi

Pasar adalah sesuatu yang dinamis. Dari waktu ke waktu, mereka membutuhkan dan menginginkan sesuatu yang baru. Untuk bisa memenuhi permintaan, para pengusaha diharapkan bisa membuat inovasi baru. Entah untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berubah, atau justru menciptakan pasar baru yang belum ada sebelumnya.

Inovasi juga merupakan hal yang penting bagi sebuah bisnis untuk bisa bertahan di tengah persaingan. Ciptakan produk atau jasa yang unggul dan berbeda dari yang lain. Dengan begitu, keberadaannya akan menonjol di tengah pasar dan pada akhirnya menjadi pilihan bagi mayoritas konsumen. Kunci ini tidak hanya akan membantu bisnis menguasai pasar tapi juga meraih target keuntungan yang optimal.

Itulah beberapa strategi bisnis era digital yang perlu diketahui oleh pelaku industri maupun calon pelaku industri masa depan agar bisa bertahan.

Ingin menjadi salah satu business innovator yang memberikan napas baru dalam industri saat ini? Kamu bisa memulai langkahmu dengan bergabung bersama Jurusan Digital Business Innovation BINUS @Bandung. Yuk, daftarkan dirimu sekarang!