Sebagai mahasiswa DKV, kamu juga harus menyelesaikan Tugas Akhir DKV di semester akhir masa studi sebagai syarat kelulusan. Namun, satu langkah akhir ini kerap memberi tantangan tersendiri bagi mahasiswa.

Tantangan yang datang berasal dari banyak faktor. Ada sebagian mahasiswa yang kesulitan terkait hal teknis, ada pula sebagian mahasiswa yang sampai harus memperpanjang masa studi lantaran rasa malas saat mengerjakan tugas akhir.

Nah, untuk kamu mahasiswa DKV yang sedang mengerjakan skripsi, simak beberapa tips berikut agar proses pengerjaan skripsi atau tugas akhir lancar.

Tugas AKhir DKV
Sumber : Envato
  • Ambil Topik / Tema / Objek dari Tugas Akhir Sesuai Hal yang Diminati

Seperti pada umumnya, penting bagi kamu untuk menyukai hal yang akan kamu kerjakan. Terlebih lagi, mengerjakan tugas akhir DKV akan menyita cukup banyak waktu dan tenagamu. Jadi, pastikan kamu melalui setiap prosesnya dengan nyaman.

Hal ini tidak berarti kamu sama sekali tidak akan mengalami hambatan saat mengerjakan. Hanya saja, dengan menyukai apa yang kamu lakukan, kamu tidak akan merasa terlalu terbebani dan menyelesaikannya dengan lebih tenang.

Selain itu, kamu tak akan enggan untuk melakukan yang terbaik. Pada akhirnya, tugas yang kamu lakukan akan menjadi optimal dan akan berdampak pula pada hasil yang akan kamu terima nantinya.

  • Pertimbangkan Kemampuan dalam Mengerjakan

Kebanyakan mahasiswa memiliki idealismenya sendiri mengenai tugas akhir DKV apa yang akan dikerjakan. Namun, selain berpegang pada hal-hal yang menjadi minatmu, kamu pun harus bisa mengukur kemampuan dalam mengerjakannya.

Kemampuan dalam mengerjakan mencakup biaya, tenaga, dan waktu. Kamu harus benar-benar memproyeksikan apakah kondisi yang kamu miliki memungkinkan untuk menyelesaikan tugas tersebut tepat waktu dengan hasil yang optimal.

  • Lakukan Riset Sebanyak Mungkin

Riset adalah bagian penting dalam setiap tugas akhir terutama saat kamu akan merencanakannya. Makin banyak informasi yang kamu ketahui tentang topik yang akan diambil, makin mudah pula untuk kamu mendapat ide-ide baru serta memahami seluruh konsep yang akan dikerjakan.

Walau begitu, riset bukan berarti diperlukan saat kamu akan menyusun rencana pembuatan tugas akhir. Saat proses pengerjaan skripsi pun, kamu akan menemukan beberapa hal yang menuntutmu mencari tahu lebih banyak agar memberikan hasil yang lebih solid.

Namun, beberapa orang kerap terlena dengan riset sehingga mereka sampai mempelajari hal-hal yang sudah tidak relevan dengan objek-objek penelitian. Meski tidak ada yang salah dengan hal ini, kamu perlu membuat batasan sehingga tetap dapat fokus menyelesaikan tugas tepat waktu.

  • Jangan Malu untuk Bertanya atau Berkolaborasi

Tidak sedikit mahasiswa yang terhambat karena mengalami kebingungan di tengah-tengah proses pengerjaan skripsi. Kebingungan yang dibiarkan berlarut akan membuat lebih banyak waktu yang terbuang.

Karena itu, meski skripsi adalah penilaian terhadap individu, bukan berarti kamu sama sekali tidak boleh atau membutuhkan bantuan orang lain. Bertanyalah pada pembimbing, teman, atau pihak lain yang dapat membantu mengatasi kebuntuan yang kamu alami. 

  • Fokus Mengerjakan Tugas Akhir

Distraksi adalah faktor yang kerap jadi penghalang bagi mahasiswa dapat menyelesaikan tugas akhir dengan tepat waktu. Padahal, ada banyak risiko jika penyelesaian tugas akhir terlambat, mulai dari rasa minder dari teman-teman lain, kehilangan kepercayaan diri, membayar sejumlah uang untuk perpanjangan studi, hingga pengaruh terhadap akreditasi kampus.

Oleh sebab itu, fokuslah mengalokasikan waktu dan tenaga untuk menyelesaikan tugas akhir DKV yang kamu lakukan. Ciptakan lingkungan yang nyaman dan kondusif sehingga kamu dapat produktif mengerjakannya.

Selain itu, pastikan kamu mencicil dan membuat target serta catatan kemajuan. Hal kecil ini dapat membantumu menuntaskan skripsi dengan lebih tenang dan lancar sehingga memberi output yang optimal.

Tugas akhir merupakan salah satu cara untuk menguji kompetensi yang telah kamu dapatkan selama menempuh studi di jurusan Desain Komunikasi Visual. BINUS @Bandung senantiasa mendukungmu untuk berkarya dengan maksimal, termasuk saat mengerjakan tugas akhir DKV. 

Karena itu, jangan ragu untuk manfaatkan segala fasilitas yang ada di kampus DKV BINUS @Bandung. Manfaatkan sumber daya yang ada untuk membantumu menghasilkan karya desain komunikasi visual terbaik.