menyerahkan luaran hasil penelitian model kebijakan paradiplomasi

Jakarta, 20 Februari 2023

BINUS UNIVERSITY dan UMRAH mendukung digitalisasi ekonomi Bintan dengan menyerahkan luaran hasil penelitian model kebijakan paradiplomasi, aplikasi dan mesin POS secara simbolis kepada Pemda Kabupaten Bintan di Aula Kantor Bappeda Bintan, Senin, 20 Februari 2023.

Tim peneliti yang dipimpin Prof. Dr. Tirta Mursitama, PhD yang sekaligus Wakil Rektor Riset dan Transfer Teknologi BINUS UNIVERSITY menyatakan luaran hasil penelitian ini dalam bentuk aplikasi bintantourism.id merupakan bentuk implementasi model kebijakan paradiplomasi dalam pengembangan Investasi, Perdagangan dan Pariwisata di Kabupaten Bintan.

Salah satu hasil pentingnya adalah naskah akademik yang dihasilkan telah diadopsi dalam penyusunan Peraturan Bupati Bintan tentang Pembentukan Badan Promosi dan Pariwisata Daerah Kabupaten Bintan.

Ronny Kartika, S.STP., M.M., Sekda Kabupaten Bintan Digitalisasi Ekonomi

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan PEMDA Bintan dan PT Ratapay dan PT Cartenz kepada BINUS UNIVERSITY dan apresiasi setingginya kepada tim peneliti di BINUS sehingga kita dapat mengontribusikan karya kita kepada masyarakat dan UMKM di Bintan,” tutur Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. selaku Rektor BINUS UNIVERSITY.

Ronny Kartika, S.STP., M.M., Sekda Kabupaten Bintan dalam sambutannya menyampaikan sangat menyambut baik hasil penelitian ini dan aplikasi ini diharapkan bisa terus dikembangkan bersama Disbudpar dan Diskominfo sesuai arahan Bapak Bupati Bintan Roby Kurniawan, S.P.W.K. Beliau juga menambahkan agar aplikasi ini bisa ditambahkan informasi yang memuat produk-produk unggulan Bintan, khususnya UMKM dan berbagai event budaya Bintan.

Dr. Sayed Fauzan, dosen HI UMRAH yang juga anggota tim meneliti menggarisbawahi bahwa UMRAH akan terus mendorong pemanfaatan aplikasi dan mesin POS ini dengan memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM ssbagai bagian kegiatan pengabdian masyarakat dosen UMRAH.

Penelitian ini bersama tim Prodi HI BINUS dan HI UMRAH ini beranggotakan Moch Faisal, PhD dan Dr. Roseno Aji didanai oleh RISPRO LPDP melibatkan dua mitra industri yaitu PT Ratapay dan PT Cartenz.

Mengakhiri sambutannya, Sekda Bintan menambahkan kerjasama ke depan antara kalangan akademisi, dunia usaha, dan pemerintah dapat ditingkatkan di masa depan.

***