Metaverse merupakan salah satu istilah terkait teknologi yang banyak diperbincangkan saat ini. Istilah ini merujuk pada seperangkat ruang virtual, di mana seseorang bisa membuat dan menjelajahi dunia internet dan bertemu para pengguna lainnya meski secara fisik mereka tidak bertemu. Dengan teknologi ini, pergi ke konser, melakukan perjalanan ke luar negeri, serta melihat karya seni dapat dilakukan secara virtual tanpa mengurangi keseruannya.

Hingga saat ini, keberadaan metaverse memang masih dalam tahap pengembangan. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yakin karier metaverse juga akan berkembang dan semakin banyak jumlahnya di masa yang akan datang.

Kira-kira, peluang karier seperti apa saja yang dimaksud? Yuk, kenali beberapa peluang karier metaverse yang diperkirakan akan banyak dibutuhkan di masa mendatang!

5 Peluang Karier Metaverse 

Metaverse
Sumber : Envato

Jenis pekerjaan di bidang metaverse seperti apa yang akan banyak dicari di masa mendatang? Berikut lima peluang yang bisa kamu incar sebagai karier impianmu.

  • Metaverse 3D modeler

Meningkatnya penggunaan metaverse tentu akan menjadikan kebutuhan akan Metaverse 3D modeler semakin meningkat. Memangnya, apa sih yang akan menjadi job description seorang metaverse 3D modeler?

Metaverse 3D modeler merupakan seseorang yang bertugas untuk merancang model dunia metaverse dalam bentuk 3D. Tampilan model dunia metaverse 3D ini nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan brand/perusahaan. Karena job description inilah, seorang metaverse 3D modeler perlu memiliki kemampuan 3D modelling yang baik. 

  • Metaverse storyteller

Sesuai dengan namanya, metaverse storyteller bekerja untuk membuat alur cerita (storyline) dari permainan, event, atau program yang akan dibuat dalam metaverse. Genre yang dibuat pun beragam–misalnya seperti olahraga, pendidikan, simulasi, puzzle, dsb.

Untuk peluang karier metaverse yang satu ini, job description yang dikerjakan memang cukup mirip dengan video game writer. Hanya saja, karena storyline yang dibuat digunakan dalam metaverse, pastinya akan ada sedikit perbedaan dalam pekerjaannya. 

Kalau kamu sudah pernah menjadi seorang video game writer, kamu bisa manfaatkan pengalaman tersebut untuk menjadi metaverse storyteller, lho! Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

  • AR/VR Software Engineers

Prospek karier metaverse selanjutnya adalah AR/VR software engineers, alias pengembang software AR/VR.

Pembicaraan tentang metaverse memang tidak akan jauh dari adanya teknologi AR dan VR. Pasalnya, pengalaman menjelajahi metaverse bisa kamu lakukan dengan adanya AR serta VR.

Maka dari itulah, ke depannya akan banyak perusahaan yang akan mempekerjakan software engineer yang memiliki keahlian di bidang AR/VR. Seorang software engineer nantinya akan mengembangkan software, platform, maupun aplikasi yang akan digunakan dalam metaverse. 

  • AR/VR Hardware Engineers 

Tanpa hardware (perangkat keras) yang berkualitas, pengalaman menggunakan metaverse mungkin tidak bisa maksimal. Oleh karena itu, di masa mendatang kebutuhan akan AR/VR hardware engineer juga akan meningkat seiring pengembangan metaverse yang semakin masif. 

Job description dari seorang hardware engineer adalah mengembangkan segala jenis peralatan yang akan digunakan untuk menggunakan metaverse. Misalnya seperti wearables, sensor, headset, serta kamera yang mendukung teknologi AR/VR.

  • Metaverse Research Scientist

Sebagaimana kamu ketahui, saat ini semakin banyak brand/perusahaan yang mengimplementasikan metaverse sebagai bagian dari produk mereka. 

Jika kamu menjalani karier sebagai seorang metaverse research scientist, tugas kamu adalah melakukan riset untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi pengguna ketika menggunakan teknologi metaverse brand/perusahaan. Selain itu, kamu juga bertugas untuk melakukan riset dalam mengembangkan metaverse yang digunakan oleh brand/perusahaan.

Nah, itulah lima prospek karier metaverse yang diperkirakan akan banyak dibutuhkan di masa depan. Apakah kamu tertarik untuk menjalani salah satu dari karier tersebut?

Kalau kamu tertarik untuk menjalani karier di bidang teknologi metaverse, pastikan kamu membekali diri dengan keilmuan yang komprehensif di bidang teknologi terkait. Paling tidak, kamu perlu tahu dulu seperti apa cara kerja metaverse itu. 

Nah, salah satu kampus yang bisa memperkenalkan teknologi metaverse ini adalah BINUS UNIVERSITY. BINUS UNIVERSITY juga bisa membantumu merasakan experience belajar dengan memanfaatkan teknologi metaverse.

BINUS UNIVERSITY hadir sebagai kampus pertama di Indonesia yang hadir di metaverse. Melalui program BINUSMAYA, BINUS UNIVERSITY akan mengembangkan proses pembelajaran melalui metaverse dengan basis pembelajaran berupa gamification. Dengan cara ini, sebagai BINUSIAN kamu bisa belajar dengan cara yang inovatif dan pastinya menyenangkan.