Kondisi dunia dan permintaan pasar yang berubah-ubah jadi hal yang menentukan jenis pekerjaan apa yang paling banyak dicari. Namun, dengan perkembangan teknologi yang makin luas dan merambah ke banyak aspek, prediksi karier 2023 masih cukup banyak didominasi oleh bidang IT.

Tidak hanya pada tahun 2023, beberapa prospek karier IT tersebut juga diperkirakan akan terus dibutuhkan hingga beberapa tahun mendatang. Selengkapnya, berikut adalah beberapa role yang paling banyak dibutuhkan.

Karier 2023
Sumber : Envato
  • Artificial Intelligence (AI) Engineer

Perkembangan AI terus menggeliat seiring dengan meningkatnya kebutuhan solusi teknologi yang mandiri dan andal. Ditambah lagi proyek metaverse yang mulai digarap oleh berbagai perusahaan teknologi dengan AI sebagai elemen krusial di dalamnya, AI engineer makin banyak dicari.

Saat ini pun sebetulnya sudah banyak implementasi AI dalam kehidupan sehari-hari, seperti asisten pribadi pintar (Siri dan Alexa), chatbot, teknologi pengenalan wajah, dan masih banyak lainnya—termasuk rekomendasi video di YouTube, akun di tab Explore Instagram, dan sebagainya.

Beberapa skill dan pengetahuan yang paling dibutuhkan untuk menjadi seorang AI Engineer adalah Python, R, dan Torch. Kamu pun perlu mengetahui lebih banyak tentang hal-hal berkaitan dengan AI seperti machine learning, deep learning, dan neural network.

  • Cloud Engineer

Selama beberapa tahun terakhir, orang mulai banyak beralih menggunakan layanan Cloud untuk kebutuhan penyimpanan mereka. Memiliki perangkat dengan bawaan memori cukup kecil bukan masalah sebab ada cloud storage yang juga memudahkan mereka untuk mengakses data.

Namun, kebutuhan layanan cloud bukan cuma untuk tingkat personal. Perusahaan berskala besar pun kini telah mengandalkan cloud computing yang mendukung fleksibilitas lebih baik, skalabilitas massal, dan inovasi yang lebih cepat.

Sebagai catatan, istilah cloud engineer sebenarnya masih cukup luas sebab dan mencakup beberapa spesialisasi di dalamnya, yakni cloud architect, cloud security engineer, cloud software engineer, dan cloud systems engineer. 

  • Cyber Security Analyst

Permintaan untuk prospek karier 2023 satu ini bahkan sepertinya tak akan pernah berhenti. Pasalnya selaras dengan makin banyak kebutuhan dengan dunia digital, makin banyak pula ancaman dan kejahatan siber yang bermunculan. 

Seorang Cyber Security Analyst bertanggung jawab untuk memproteksi sebuah perusahaan atau organisasi dari akses informasi sensitif dari akses tidak sah. Beberapa ranah tanggung jawabnya antara lain menginstal dan mengoperasikan firewall dan enkripsi program, melakukan risk assesment secara rutin, dan sebagainya.

Technical skill yang dibutuhkan menjadi seorang Cyber Security Analyst pun cukup banyak, seperti frameworks (CIS, NIST, ISO, SOC 2), coding (Python dan PowerShell), sistem operasi (MacOS, Windows, Linux, iOS, dan Android), dan beberapa lainnya. 

  • Data Scientist

Role ini bahkan menjadi salah satu role dengan gaji tertinggi. Pasalnya, tanggung jawab yang diemban sangat berpengaruh terhadap apa yang harus dilakukan oleh perusahaan melalui berbagai temuan lewat data yang berhasil dikumpulkan.

Seorang Data Scientist berhubungan dengan big data. Tak cuma sekadar mengumpulkan data dalam jumlah besar, Data Scientist harus mampu menginterpretasikan data-data tersebut dan mengolahnya menjadi insight bagi perusahaan lewat identifikasi tren dan program pada sebuah data set.

Untuk menjadi seorang Data Scientist, kamu harus memiliki ketertarikan dan skill di bidang statistika dan matematika. Selain itu, kamu juga perlu membekali diri dengan keterampilan dan pengetahuan mengenai big data, deep learning, machine learning, programming, hingga visualisasi data.

Itulah beberapa prospek karier 2023 yang digadang paling banyak dicari berdasarkan tren dan kondisi pasar saat ini. Sebagian besar prospek karier IT ini pun membutuhkan keterampilan yang menjadi materi utama pembelajaran dalam studi jurusan Computer Science.

BINUS @Semarang hadir dengan jurusan Computer Science untuk membantumu memulai perjalanan meraih karier impian di dunia IT yang menjanjikan dan terus berkembang. Tak cuma menyiapkanmu sebagai profesional IT andal di Indonesia, Computer Science BINUS @Semarang menyiapkanmu sebagai profesional IT yang berdaya saing global.