Pada tanggal 9 November 2022, Academic & Student Development BINUS @Bekasi berkerjasama dengan Gramedia Pustaka Utama, Gramedi Toko Buku, Markplus dan Marketeers untuk mengadakan talkshow terkait topik Marketing 5.0 Technology For Humanity : Are You Human ?. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah : CEO Marketeers, Iwan Setiawan yang juga penulis buku Marketing 5.0, Yosep Adityo Nugroho selaku Gramedia HR General Manager dan Dr.Ir.Sevenpri Candra,S.Kom.,S.E.,M.M.,ASEAN Eng selaku Deputy Campus Director BINUS @Bekasi – Academic & Student Development. Dan, dipandu oleh Andi Tarigan selaku Moderator dari Chief Editor Gramedia Pustaka Utama.

Apa itu Marketing 5.0? Ringkasnya, Marketing 5.0 dibangun berdasarkan konsep Marketing 3.0 yang mengusung “manusia sebagai pusat” dan Marketing 4.0 yang berpusat pada “kecakapan teknologi”. Marketing 5.0 dengan itu dapat didefinisikan sebagai “penggunaan teknologi peniru manusia yang bertujuan menciptakan, mengomunikasikan, memberikan, dan meningkatkan nilai dalam seluruh pengalaman pelanggan.” Lalu, teknologi macam apa yang digunakan dalam Marketing 5.0? Ada 6 ciri utamanya: digerakkan oleh data (data driven), prediktif, kontekstual, berimbuh (augmented), dan gesit.

Harapannya dari talkshow yang dihadiri oleh mahasiswa, staff dan dosen BINUS adalah peserta mampu menerapkan akselerasi transformasi digital khususnya di era pandemic. Dimana kemanusiaan yang tetap menjadi focus utama dalam Marketing. Manusia adalah penggerak yang berproses sehingga memiliki cerita dan pengalaman yang mampu menjadi kunci utama dalam memenangkan pasar sekaligus sekaligu sebagai dasar logika dasar selain pembahasan tentang kemanusiaan yang relevan dengan kondisi masyarakat saat ini.

Dokumentasi :