Jurusan Creative Communication BINUS UNIVERSITY menggelar Creative Talk: The Era of Creative Creators

Pernahkah kamu penasaran bagaimana seorang pekerja kreatif (content creator, misalnya) membuat konten untuk channel/akun media sosial mereka? Untuk melakukan hal tersebut, mereka perlu melakukan sebuah proses kreatif dalam penyusunan materi yang akan dikomunikasikan. Hal tersebut juga berlaku pada banyak profesi ‘komunikator’ lainnya seperti copywriter, content writer, content strategist, advertising specialist, dan masih banyak lagi. Nah, karena kebutuhan pasar untuk profesi-profesi ini sangat besar saat ini, BINUS UNIVERSITY membuka jurusan Creative Communication di BINUS @Bekasi.

Tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai jurusan ini? Baca informasinya di artikel berikut, ya!

Mengenal Jurusan Creative Communication BINUS UNIVERSITY

Jurusan Creative Communication adalah jurusan baru yang akan dibuka di BINUS UNIVERSITY. Lokasi kampusnya adalah di BINUS @Bekasi.

BINUS UNIVERSITY memang punya tiga jurusan lain yang berhubungan dengan komunikasi, yaitu Marketing Communication dan Mass Communication di BINUS @Alam Sutera dan @Kemanggisan, serta Communication @Malang.

Memangnya, apa sih yang akan dipelajari di jurusan ini?

Dengan menjadi BINUSIAN jurusan Creative Communication, kamu akan belajar mengenai keilmuan dan skillset dalam pembuatan konten campaign sebuah perusahaan/brand. Pada penerapannya, kamu diajak untuk mengerjakan berbagai proyek dengan memanfaatkan ide yang kamu miliki.

Jadi, kamu akan banyak belajar secara project-based untuk membuat konten—baik konten teks, audio, visual, maupun audio visual untuk mencapai target—khususnya target campaign dari sebuah perusahaan/brand.

Apa Bedanya dengan Jurusan Marketing Communication?

Ada beberapa poin yang bisa membantumu membedakan jurusan Creative Communication dari jurusan Marketing Communication, di antaranya adalah:

  1. Lokasi

Jurusan Creative Communication sementara ini baru dibuka di BINUS @Bekasi, sedangkan jurusan Marketing Communication ada di BINUS @Kemanggisan dan @Alam Sutera.

  1. Kemampuan teknis yang dipelajari

Di jurusan Marketing Communication, fokus belajarnya adalah bagaimana membuat strategi dan perencanaan komunikasi lintas media untuk perusahaan. Di jurusan Creative Communication, kamu akan belajar teori dan skill yang dibutuhkan untuk memproduksi konten campaign perusahaan/brand.

  1. Kemampuan teknis yang akan dipelajari

Di jurusan Marketing Communication, kamu akan belajar bagaimana membuat strategi dan perencanaan komunikasi lintas media untuk perusahaan. Tak lupa, BINUSIAN juga akan mendapatkan pembelajaran tentang ethical writing serta storytelling untuk kebutuhan komunikasi lintas media.

Di sisi lain, BINUSIAN jurusan Creative Communication akan mempelajari creative writing untuk berbagai platform serta bagaimana membuat konten kreatif untuk menyampaikan pesan campaign sebuah perusahaan/brand.

  1. Struktur kurikulum

Jurusan Creative Communication BINUS UNIVERSITY adalah jurusan tanpa streaming (peminatan), berbeda dengan jurusan Marketing Communication yang memiliki empat streaming, yaitu:

  • Corporate Communication,
  • Brand Communication,
  • Digital Public Relations, dan
  • Digital Media Communication.

Implementasi Kurikulum

Jika kamu terdaftar sebagai BINUSIAN jurusan Creative Communication, maka kamu akan menempuh pendidikan selama delapan semester (146 SKS). Lama belajar serta jumlah SKS ini sama dengan jurusan-jurusan lain di BINUS UNIVERSITY.

Kamu juga bisa mengikuti program-program unggulan BINUS UNIVERSITY seperti Mobility Program dan Enrichment Program. Untuk jurusan ini, Mobility Program hanya akan dilakukan di semester 5. Jika mengikuti Mobility Program, kamu akan menjalani perkuliahan selama 1 semester di kampus BINUS @Malang.

Enrichment Program jurusan ini akan dilaksanakan selama dua semester—sama seperti di jurusan lain. Pilihan programnya adalah sebagai berikut:

  • Internship (magang di perusahaan). Jenis Enrichment Program yang satu ini bersifat wajib untuk diambil di semester 6 atau 7.
  • Community development,
  • Research,
  • Specific Independent Study,
  • Study abroad,
  • Entrepreneurship, dan
  • Fast Track (khusus di semester 7).

Prospek Kerja Jurusan Creative Communication

Mau gabung jurusan ini, tetapi takut prospek kerjanya sedikit dan minim demand-nya? Tenang saja, prospek kerja jurusan ini sangat banyak, lho. Demand tiap profesinya pun rata-rata sedang dalam tren peningkatan.

Berikut adalah beberapa prospek kerja jurusan ini:

  • Content creator
  • Copywriter
  • Content writer
  • Social media specialist
  • Advertising specialist
  • Event organizer
  • Public relations
  • Media relations
  • Brand communication specialist
  • Internal communication specialist
  • Community relations, dsb.

Selain berbagai prospek kerja di atas, kamu juga bisa menjadi seorang entrepreneur di bidang terkait, lho! Tak hanya belajar teori melalui kegiatan perkuliahan, kamu juga bisa belajar entrepreneurship secara hands-on saat menempuh Enrichment Program.

Nah, itulah penjelasan mengenai jurusan Creative Communication BINUS UNIVERSITY. Jadi, kapan nih daftar di jurusan BINUS UNIVERSITY yang satu ini?