Sebagai wujud kontribusi terhadap kemajuan teknologi di Indonesia, BINUS siap lahirkan SDM bioteknologi modern melalui program studi Biotechnology.

Bioteknologi pada dasarnya adalah ilmu biologi terapan yang digabungkan dengan berbagai cabang ilmu lainnya guna mempelajari pemanfaatan kehidupan benda dan produk makhluk hidup dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Bioteknologi modern mencakup alat rekayasa genetika, metode untuk memodifikasi fungsi suatu organisme dengan menambahkan gen dari organisme lain atau oleh organisme itu sendiri. Alatnya bisa menghasilkan sifat-sifat baru suatu organisme. Bioteknologi sendiri memiliki banyak manfaat dalam berbagai aspek, mulai dari bidang pertanian, kesehatan, lingkungan, reproduksi, sampai industri.

Sayangnya, perkembangan bioteknologi di Indonesia masih cenderung terhambat. Beberapa faktor yang mempengaruhi keterhambatan perkembangan bioteknologi ini meliputi rendahnya sumber daya manusia, dana dan fasilitas yang belum maksimal, serta minimnya pengetahuan masyarakat terkait ilmu bioteknologi. BINUS UNIVERSITY sebagai Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia selalu berusaha melahirkan generasi muda Indonesia yang mampu beradaptasi dengan perubahan zaman serta unggul dan tetap relevan.

Sebagai wujud kontribusi terhadap kemajuan teknologi di Indonesia, BINUS UNIVERSITY melalui program studi Biotechnology mempersembahkan pendidikan berkualitas tinggi guna melahirkan SDM bioteknologi modern. Program Biotechnology BINUS UNIVERSITY menyediakan Green Technology, Blue Biotechnology, dan Gold Biotechnology. Program Biotechnology BINUS UNIVERSITY bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dengan landasan pengetahuan dan pemahaman yang kuat tentang bioteknologi yang akan bermanfaat untuk berkontribusi dalam penelitian dan industri bioteknologi internasional.

Mahasiswa akan dibekali dengan profesionalisme, etika, keterampilan komunikasi, dan pemahaman tentang isu-isu kontemporer di praktek dalam memberikan solusi yang berkaitan dengan pengelolaan dan pemanfaatan bioresources. Selain itu, program Biotechnology BINUS UNIVERSITY juga akan membekali mahasiswanya dengan keterampilan metodologis dan komputasi untuk beroperasi secara efektif dan efisien melalui keterlibatan langsung dalam pemecahan masalah yang diperlukan di bidang bioteknologi.

BINUS UNIVERSITY yang dikenal karena menghasilkan banyak alumni membangun start-up business, memperkaya program studi Biotechnology dengan ilmu teknologi informasi (IT) dan kewirausahaan (entrepreneurship). Sehingga, mahasiswa dapat berprofesi sebagai Bio-scientist yang fokus ke Bioinformatika dan Bio-entrepreneur. Selain itu, BINUS UNIVERSITY juga menyediakan program wajib enrichment yang menjadi bagian dari (2+1)+1. Mahasiswa dapat memilih 7 pilihan track enrichment yang tersedia yaitu magang (internship), studi lanjut, merintis usaha (start­up business), pengabdian kepada masyarakat (community development), penelitian (research), studi ke luar negeri (study abroad), dan studi independen khusus.

Tak hanya sekedar program (2+1)+1, BINUS UNIVERSITY juga bekerja sama dengan berbagai start-up business, UMKM, dan industri. Sehingga BINUSIAN tidak perlu khawatir akan masa depan karier mereka. Dengan program-program menarik yang didukung oleh BINUS Partner, mahasiswa akan mendapatkan ilmu dari pengalaman belajar terbaik melalui pembelajaran di kelas maupun praktek langsung di lapangan. Tak heran jika BINUS UNIVERSITY seringkali melahirkan bibit-bibit unggul dan lulusan berkualitas yang selalu membina dan memberdayakan masyarakat.