Mengenali kesehatan mental merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap diri sendiri. Hal ini biasa disebut sebagai self-awareness, yang berarti kita sadar akan kesehatan mental yang dimiliki. Jika seseorang tidak tahu alasan dibalik tekanan (stress) yang dihadapi, mengapa mereka merasakan suatu emosi tertentu, maka hal itu akan mengganggu aktivitas sehari-hari hingga mempengaruhi kondisi kesehatan fisik. Namun jika seseorang sudah cukup memiliki self-awareness, maka akan lebih mudah untuk memahami dan mengontrol diri.

Sebagai Perguruan Tinggi Indonesia yang selalu mendukung penuh akan hal-hal positif untuk membina dan memberdayakan masyarakat, BINUS UNIVERSITY mengadakan kegiatan Well-being Activities sebagai salah satu rangkaian dari acara Welcome Back to Campus. Dalam ruangan ini, terdapat berbagai macam permainan ataupun kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat membantu mahasiswa meredakan tekanan yang dimiliki. Kegiatan Well-being Activities ini juga menunjukkan bahwa BINUS UNIVERSITY peduli akan pentingnya kesehatan mental mahasiswa.

Bahkan, BINUS UNIVERSITY memiliki layanan Counseling yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dengan masalah psikologis terkait bidang akademik dan non akademik yang dapat mengganggu proses belajarnya. Layanan Counseling ini disediakan untuk mahasiswa dan orang tua melalui konseling individu dan program khusus sesuai kebutuhan. Mahasiswa yang mengikuti program ini diharapkan mengalami peningkatan perasaan sejahtera psikologis, dan mampu mencapai prestasi akademik yang optimal.