Bekerja di perusahaan Jepang menjadi impian sebagian orang. Selain menawarkan gaji yang besar, bekerja di perusahaan Jepang dianggap memiliki nilai lebih. Namun, seleksi karyawan di perusahaan Jepang tergolong sulit. Hal ini dilakukan untuk menjaring karyawan yang berkualitas, kompeten, dan kredibel. Kalau tertarik bekerja di perusahaan Jepang, kamu juga harus menguasai bahasa Jepang untuk berkomunikasi secara verbal, yang bisa di dapat dengan belajar di binus university.

Sebagai Perguruan Tinggi Indonesia Berkelas Dunia, BINUS UNIVERSITY memberikan kamu kesempatan mengeksplorasi minat dan bakat. Melalui Nippon Club (NC) BINUS UNIVERSITY, kamu bisa mempelajari dasar bahasa Jepang dan kebudayaannya. Makin luas dan dalam pemahaman kamu, makin besar peluang berkarier di perusahaan Jepang.

BINUS UNIVERSITY
Sumber : Binus

Sekilas Tentang Nippon Club BINUS UNIVERSITY

Nippon Club BINUS UNIVERSITY didirikan sejak 16 Juni 1999. Unit Kegiatan Mahasiswa ini selalu berupaya memberikan informasi dan menyajikan hal yang berkaitan erat dengan Jepang, mulai dari pendidikan, seni, hingga budayanya. Selama berdiri, Nippon Club BINUS UNIVERSITY telah menggelar berbagai event, seperti:

  • Nippon Club no Tanjou Iwai 2002
  • Pekan Sastra dan Budaya 2002
  • Saisho Fuyu no Shiai 2003
  • Nippon Club Go Shuunen Kinen Bunkasai 2004
  • Nippon no Hibi (2007-2013)
  • Japan Architecture and Art Festival 2010
  • 1001 Mascot Festival 2010
  • Sen Yuurei no Matsuri 2011
  • Sakura Taikai (Kolaborasi dengan HIMJA) 2015

Tips Sederhana Supaya Lolos Seleksi Kerja di Perusahaan Jepang 

Bagi kamu yang ingin bekerja di perusahaan Jepang, Nippon Club BINUS UNIVERSITY memiliki sejumlah tips sederhana yang dapat dicoba. 

  • Asah Kemampuan Berkomunikasi – biasakan diri untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Jepang agar kamu bisa memahami bagaimana pengucapan kata dan nada bicara yang tepat. 
  • Menggali Potensi – kamu harus bisa menjadi kandidat potensial yang dicari oleh perusahaan. Galilah potensi diri dengan terus belajar, mengasah kemampuan interpersonal maupun soft skill, serta berlatih pengucapan dan penulisan bahasa Jepang. Memahami kelebihan yang kamu miliki bisa memperbesar peluang lolos seleksi kerja di perusahaan Jepang. 
  • Tetapkan Tujuan – menetapkan tujuan bekerja di perusahaan Jepang dapat mendorong kamu untuk terus mengembangkan diri. Ketika merasa lelah atau hampir menyerah, ingatlah dengan tujuan yang kamu tetapkan. Cara ini efektif memberikan kamu kekuatan untuk terus berusaha meraih karier impian.
  • Pelajari Budaya Jepang – mengingat Jepang merupakan salah satu negara yang disiplin, pastikan mempelajari budaya dan tata kramanya. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menyesuaikan diri dengan mudah. Berbekal pengetahuan ini, kamu akan mengetahui aturan bertegur sapa, ketika makan, berjalan di ruang publik, berbicara melalui telepon, atau cara membuang sampah. 
  • Melakukan Latihan – untuk meminimalisasi kegugupan jelang seleksi dan wawancara kerja, berlatihlah setiap ada kesempatan. Persiapan yang matang akan membuat kamu lebih percaya diri dan tenang menghadapi berbagai pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara.
  • Percaya Diri – merasa gugup adalah hal yang wajar. Namun, jangan sampai hal ini justru menyebabkan kamu tampak minder di hadapan pewawancara. Ketika mulai merasa gugup, ingat tujuan awal dan yakin bahwa kamu mampu melewati setiap tahapan. 

Keuntungan Gabung Nippon Club BINUS UNIVERSITY

Sebenarnya, banyak cara untuk belajar bahasa Jepang. Namun, kalau kamu merupakan BINUSIAN, kamu bisa bergabung dengan Nippon Club. UKM ini akan membantu kamu menumbuhkan kecintaan terhadap kebudayaan, kesenian, sejarah, dan bahasa Jepang. Nippon Club BINUS UNIVERSITY tak hanya menawarkan kelas bahasa Jepang, melainkan juga menggelar acara seminar maupun pameran yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya Jepang.

Kehadiran Nippon Club BINUS UNIVERSITY akan mendorong semangat kamu dalam mempelajari bahasa Jepang. Lantaran bertemu dengan anggota Nippon Club lainnya, kamu bisa mengasah kemampuan berkomunikasi dengan melakukan percakapan sederhana atau belajar bersama. Dapatkan pengalaman berkesan dan kesempatan untuk terus bertumbuh dengan berkuliah di Perguruan Tinggi Indonesia Berkelas Dunia, BINUS UNIVERSITY!