Untuk mendukung pertumbuhan berbagai sektor industri, listrik adalah komponen yang sangat penting. Pada tahun 2021 lalu misalnya, konsumsi listrik industri mengalami kenaikan sebesar 10,5% dibanding tahun sebelumnya. Per Februari 2022 ini, kenaikan listrik industri kembali terjadi dengan angka yang lebih besar dari sebelumnya yakni 14,24%. Sido Muncul sebagai salah satu perusahaan industri yang bergerak di bidang produksi jamu dan obat-obatan herbal modern menyadari bahwa mereka harus melakukan sesuatu untuk bisa memenuhi kebutuhan listrik yang semakin meningkat. Salah satunya adalah dengan beralih kepada penggunaan energi terbarukan lewat PLTS di Semarang (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

Sudah Dikembangkan Sejak Tahun 2021

PLTS di Semarang
Sumber : Suara Karya

PLTS yang dibuat oleh PT Sido Muncul Tbk sendiri sudah mulai dilakukan sejak tahun 2021 lalu. Bekerja sama dengan PT Sun Energy, Sido Muncul berharap langkah yang mereka ambil bisa meningkatkan bauran energi terbarukan yang mereka gunakan dalam produksi. Penggunaan pembangkit listrik tenaga surya ini juga diharapkan bisa membantu mencapai target untuk mengurangi emisi karbon. 

Sebelumnya, PT Sido Muncul menggunakan biomassa dari sisa ampas jamu sebagai sumber energi. Dengan mulai dioperasikannya panel surya di pabrik Sido Muncul yang berada di Semarang, sebanyak 40% dari proses produksi dan fasilitas yang digunakan telah memanfaatkan energi terbarukan.

Bagaimana Dampak Instalasi Panel Surya terhadap Kegiatan Operasional Perusahaan?

PLTS di Semarang
Sumber : Bisnis

Panel surya dengan kapasitas 2 Mwp (megawatt-peak) yang dipasang di pabrik Sido Muncul diketahui berhasil menaikkan proporsi energi terbarukan sebanyak 18%. Ini juga turut meningkatkan efisiensi energy dalam kegiatan operasional perusahaan. 

Pembangunan instalasi panel surya tersebut dilakukan dengan investasi sebesar U$2 juta menggunakan skema pembiayaan performance based rental. Lewat skema tersebut, selama 25 proses operasional serta maintenance panel surya menjadi tanggung jawab PT Sun Energy. Setelah masa tersebut berakhir, akan dikembalikan kepada PT Sido Muncul.

Apa Saja Manfaat PLTS bagi Sektor Industri?

Penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya dalam sektor industri tidak hanya dilakukan oleh PT Sido Muncul. Pada tahun 2021 lalu, PT Bungasari Flour Mills Indonesia (Bungasari) juga menggunakan PLTS di salah satu pabrik mereka yang berada di Kawasan Industri Medan 4 di Sumatera Utara.

Instalasi pembangkit listrik dengan memanfaatkan energi terbarukan merupakan salah satu upaya yang dilakukan para pelaku industri untuk meminimalisasi dampak negatif lingkungan serta menyediakan sumber energi yang lebih berkelanjutan. Apa saja manfaat PLTS bagi sektor industri dan lingkungan secara umum?

  • Memenuhi kebutuhan listrik yang dibutuhkan. PLTS mengubah energi matahari yang bisa kita peroleh setiap hari menjadi energi listrik yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, termasuk dalam sektor industri
  • Lebih ramah lingkungan. Penggunaan energi listrik dengan tenaga surya akan meminimalisasi polusi udara. Ini karena cara kerja PLTS berbeda dengan PLN konvensional yang memerlukan bahan bakar
  • Menurunkan biaya listrik harian. Manfaat terbesar yang bisa dirasakan oleh industri yang menggunakan PLTS adalah biaya listrik yang lebih rendah. Meskipun instalasinya membutuhkan biaya besar, namun dalam jangka panjang keberadaan panel surya ini bisa menghemat biaya tagihan listrik
  • Pemantauan penggunaan listrik bisa dilakukan dengan mudah. Penyedia layanan PLTS saat ini umumnya menyediakan aplikasi monitoring yang memungkinkan pengguna memantau besaran penggunaan listrik. Dengan begitu, penggunaan listrik dapat dikontrol dengan baik.

Penggunaan PLTS sebagai solusi sumber energi hanyalah salah satu inovasi yang dilakukan dalam sektor industri. Masih banyak aspek penting lain yang juga membutuhkan perhatian sama besar. Untuk itu, industri tanah air membutuhkan tenaga kerja terampil dengan kemampuan berpikir kreatif dan inovatif.

Bersama prodi Industrial Engineering BINUS @Semarang, kamu bisa menjadi salah satu tenaga kerja yang kreatif dan inovatif. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan beragam perubahan agar sektor industri lokal bisa melesat lebih pesat.