Perjalanan selama lebih dari 40 tahun melayani negeri membuat BINUS UNIVERSITY banyak belajar tentang apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh negara kita. Selain menghasilkan para alumni yang memiliki pengetahuan mumpuni di bidangnya, BINUS UNIVERSITY juga melakukan berbagai cara untuk meningkatkan pengalaman dan kapabilitas para BINUSIAN. Salah satunya dengan menghadirkan Mobility Program.

Mobility Program terbilang sebagai sebuah program yang unik. Pasalnya, tidak ada kampus lain di Indonesia yang melakukannya. Dengan semakin banyaknya cabang BINUS UNIVERSITY yang tersebar di tanah air, pelaksanaan program ini menjadi semakin menarik dan mudah. Apa sebenarnya Mobility Program itu dan apa manfaatnya?

Mobility Program
Sumber : Binus

Apa Itu Mobility Program?

Mobility Program merupakan inovasi yang dihadirkan oleh BINUS UNIVERSITY untuk meningkatkan kemampuan para BINUSIAN. Lewat program ini, BINUSIAN dapat menghabiskan masa pendidikan selama satu tahun di kampus BINUS UNIVERSITY yang berada di daerah lain. Misalnya saja kamu selama ini terdaftar di BINUS @Greater Jakarta, kamu bisa memilih untuk belajar selama setahun di kampus lain, misalnya saja di di BINUS @Semarang.

Disebut juga dengan program (2+1) + 1, Mobility Program adalah bagian dari Enhancement Program yang memungkinkan BINUSIAN menempuh pendidikan 2 tahun di kampus asal dan melanjutkannya di kampis lain selama setahun. Selanjutnya, BINUSIAN boleh memilih salah satu dari 5 program pengayaan seperti magang, terjun langsung ke masyarakat atau melakukan penelitian. Program pengayaan ini akan melengkapi masa pendidikan BINUSIAN untuk strata sarjana menjadi genap 4 tahun.

Apa Manfaat Mobility Program bagi Para BINUSIAN?

Semua program yang dirancang oleh BINUS UNIVERSITY tentu telah melewati berbagai macam pertimbangan. Tidak terkecuali Mobility Program. Berbagai manfaat yang sudah dirasakan oleh BINUSIAN yang mengikuti program ini antara lain:

  • Meningkatnya kemampuan adaptasi. Karena harus berpindah dari kota asal ke kota lainnya, BINUSIAN yang mengikuti Mobility Program dituntut untuk mampu beradaptasi. Tidak hanya dengan lingkungan yang serba baru, tapi juga teman-teman dan pengajar yang berbeda. Kemampuan adaptasi ini sangat penting dimiliki agar BINUSIAN bisa bertahan di dunia kerja
  • Memperluas jaringan. Jaringan atau network adalah sesuatu yang perlu dibangun sejak seseorang masih dalam masa pendidikan. Ini sangat penting sebagai bekal memasuki dunia kerja kelak. Dengan memiliki lebih banyak kenalan dan teman dari kota lain, BINUSIAN bisa menemukan berbagai potensi atau peluang baru. Contohnya saja mendapatkan mitra untuk berbisnis bersama atau mendapatkan referensi untuk bekerja
  • Belajar hal-hal baru. Meskipun memiliki beberapa program studi yang sama di beberapa kota, tapi materi perkuliahan yang diajarkan di BINUS University tidak selalu identik untuk setiap program studinya. Ada beberapa jurusan yang menawarkan materi kuliah yang berbeda antara satu kota dengan kota lainnya. Lewat Mobility Program, BINUSIAN bisa mempelajari materi kuliah yang tidak ada di kota asal
  • Belajar dari tenaga profesional dengan beragam kompetensi. Mobility Program akan mempertemukan para BINUSIAN dengan lebih banyak tenaga dosen, ahli, peneliti dan mahasiswa senior yang memiliki kompetensi dan keahlian yang beragam. Ini akan menjadi sumber ilmu baru yang mungkin tidak akan kamu dapatkan di kampus asal.

Ikut Mobility Program dari BINUS @Semarang

BINUS University Learning Community (BULC) Semarang merupakan salah satu kampus cabang BINUS University yang menyelenggarakan perkuliahan online untuk BINUSIAN di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Beralamat di Gedung Griya Bina Artha, Jalan Pemuda No. 142, Semarang, BINUS @Semarang memungkinkan para mahasiswa di luar kota untuk tetap belajar secara efektif.

Bagi BINUSIAN @Semarang, kamu juga bisa mengikuti Mobility Program ke berbagai kampus lain di tanah air. Dengan begitu, kamu juga bisa merasakan pengalaman mengikuti perkuliahan dengan suasana yang berbeda dari biasanya. Ayo perluas jaringan, pengalaman dan pengetahuanmu dengan mengikuti Mobility Program bersama BINUS @Semarang.