Bicara soal furnitur, semua orang tentu akan langsung teringat Jepara dengan pabrik furniturnya. Salah satu kota di Jawa Tengah ini dikenal dengan produksi mebelnya yang berkualitas tinggi. Dibuat dengan kayu terbaik oleh perajin setempat, furnitur asal Jepara sukses jadi idola. Tidak hanya di dalam maupun di luar negeri.

Tapi, tahukah kamu kalau selain di Jepara, Semarang juga memiliki sejumlah perusahaan penghasil furnitur berkualitas ekspor? Salah satu perusahaan yang ada di Semarang bahkan dikenal sebagai langganan selebriti Hollywood yang populer.

Pabrik Furnitur
Sumber: Loker Indonesia

PT Harrison & Gill Java, Hasilkan Furnitur Berkelas Internasional

Nama PT Harrison & Gill Java mencuri perhatian media massa ketika Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke pabrik furnitur tersebut pada tahun 2020 silam. Saat itu, Ganjar tengah bersepeda dan melintasi Jalan Raya Kauman Kudu, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Merasa penasaran, ia kemudian masuk ke bangunan tua yang dari luar terlihat seperti bekas pabrik gula yang tidak berpenghuni.

Siapa sangka, saat masuk ke dalam Ganjar dibuat tertegun. Ditemani oleh Martha Siahaan selaku Direktur PT H & G Java, ia berkeliling melihat-lihat ke dalam pabrik furnitur yang ternyata cukup besar dan memiliki banyak pekerja. Dengan menggunakan material kayu berkualitas tinggi, aneka perabotan diproduksi di dalamnya.

Seratus Persen Melayani Pasar Ekspor

Martha menyebut bahwa sebelumnya, pabrik furnitur mereka beralamat di Jepara. Ini tentu bukan hal yang mengejutkan mengingat Jepara sendiri memang menjadi ikon mebel di tanah air. Beroperasi sejak tahun 1997, pada tahun 2001, PT H & G Java resmi pindah ke Genuk hingga saat ini.

PT H & G Java sendiri bergerak dalam bidang desain dan manufaktur produk perabotan dengan bahan kayu. Sebanyak 100% hasil produksinya dikirimkan ke luar negeri. Beberapa negara yang menjadi langganan ekspor perusahaan ini antara lain adalah Amerika dan Eropa. Sebagian lagi dikirimkan ke negara-negara lain di Asia dan Timur Tengah.

Langganan Selebritis Hollywood

Popularitas produk furnitur dalam negeri diakui Martha sangat besar di kancah internasional. PT H & G Java sendiri kerap menjadi langganan bintang-bintang populer Hollywood. Kim Kardashian, Lady Gaga, Paris Hilton hingga Britney Spears disebut-sebut pernah memesan perabotan untuk melengkapi rumah mereka. Selain itu, Paus dari Vatikan juga pernah memesan beberapa perabotan dari PT H & G Java. Ini tentu menjadi kebanggaan sekaligus bukti bahwa produk-produk mebel tanah air memang memiliki daya tarik yang tinggi.

Selain desainnya yang unik serta tidak pasaran, mebel asal Indonesia dibuat dengan seni ukir terbaik. Untuk bahan baku, sebagian besar kayu didapat dari sumber daya lokal dan hanya sedikit yang diimpor. Adapun jenis kayu yang dipakai biasanya adalah kayu jati dan mahoni.

BINUS @Semarang Dukung Masa Depan Industri Furnitur di Indonesia

Meski pandemi masih berlanjut, perusahaan-perusahaan furnitur di Indonesia termasuk PT H & G Java masih terus berproduksi. Kementerian Perindustrian sendiri memprediksi bahwa pada tahun 2022 permintaan furnitur akan mengalami peningkatan, khususnya untuk pasar domestik.

Jawa Tengah dan beberapa kota seperti Jepara dan Semarang tentu akan menjadi pusat produksi mebel yang akan memenuhi pasar baik lokal maupun mancanegara. Untuk bisa membawa perusahaan-perusahaan mebel tanah air mendunia seperti PT H & G, kita membutuhkan tenaga kerja yang andal.

BINUS @Semarang sebagai salah satu perguruan tinggi Indonesia terbaik di tanah air, telah menyiapkan berbagai prodi yang akan mendukung kemajuan industri furnitur tanah air. Ingin menjadi salah satu SDM yang memajukan industri ini? Kamu bisa bergabung bersama Industrial Engineering BINUS @Semarang. Memadukan dasar-dasar yang seimbang antara teori, desain serta pengalaman, kamu akan siap mengisi berbagai posisi penting dalam sektor industri di Indonesia maupun dunia.