BINUS UNIVERSITY

    Minor Program: Mahasiswa Bisa Mengembangkan Keterampilan Lintas Disiplin Ilmu!

    Kualitas pendidikan dan kepribadian mahasiswa menjadi dua aspek yang diperhatikan BINUS University dalam menjalankan kegiatan perkuliahan. Karenanya, BINUS memastikan bahwa kurikulum yang diaplikasikan di kampus ini sudah menerapkan standar perguruan tinggi berkelas dunia. Adapun dalam pengaplikasiannya, BINUS juga dikenal sebagai kampus dengan digital learning ecosystem terdepan di Indonesia. 

    Untuk lebih jelasnya tentang apa itu digital learning ecosystem, serta minor program yang kini menjadi favorit para BINUSIAN, simak penjelasan berikut ini.

    Minor Program
    Sumber : Detik

    Kampus dengan Digital Learning Ecosystem Terdepan di Indonesia

    Digital learning ecosystem bukan hanya tentang pembelajaran daring. Lebih dari itu, ini adalah suatu sistem yang meliputi teknologi, pengguna, materi ajar, dan program akademik yang yang bisa berpengaruh terhadap pembelajaran (formal dan informal). Berpegang pada aspek tersebut, BINUS telah melengkapi ekosistem pembelajaran digitalnya dengan berbagai sarana-prasarana yang mampu mendukung terciptanya lulusan berdaya saing global. 

    Selain menciptakan beragam platform untuk mendukung pembelajaran daring, BINUS juga sudah menyediakan fasilitas berkelas internasional bagi para mahasiswa. Mulai dari smart class yang dilengkapi fasilitas teleconference hingga lab Mac yang sudah dipasangi software video editing dan desain, beragam fasilitas keren di BINUS UNIVERSITY turut menciptakan ekosistem belajar yang menyenangkan di kampus ini. Ditambah lagi, BINUS UNIVERSITY juga memiliki program unggulan (2+1)+1 untuk mendorong kenyamanan mahasiswa selama menjalani proses perkuliahan. Dalam skema belajar inovatif ini, mahasiswa akan mengikuti perkuliahan selama 2 tahun di kampus asal dan 1 tahun di jaringan universitas BINUS UNIVERSITY di kota lain. Selanjutnya, mahasiswa bisa mengikuti Enrichment Program selama 1 tahun untuk lebih mengembangkan skill dan potensi akademiknya. 

    BINUS UNIVERSITY Cetak Lulusan Kompeten Melalui Enrichment Program 

    Enrichment program dikembangkan untuk menciptakan lulusan yang kompeten, berdaya saing, berwawasan luas, dan dapat memberikan kontribusi di berbagai bidang. Oleh karena itu, dengan adanya enrichment program, BINUSIAN diharapkan nantinya bisa memperoleh lebih banyak perspektif baru dan lebih mudah beradaptasi dengan dunia kerja.   

    Belajar Lintas Jurusan Lewat Minor Program 

    Dalam hal ini, Minor Program adalah satu bagian dari skema pembelajaran BINUS UNIVERSITY yang dapat memberikan mahasiswa kesempatan untuk belajar lintas jurusan. Dengan demikian, para BINUSIAN bisa memperluas wawasan dan mengembangkan skill baru. Artinya, pengetahuan mahasiswa pun tidak cuma terbatas pada bidang ilmu yang dipelajari di jurusannya saja. 

    Minor Program bisa mulai diikuti pada semester ke-3. Program ini akan menyediakan ragam mata kuliah pilihan dengan tema yang bervariasi. Mahasiswa dapat mendaftarkan diri untuk ikut mata kuliah pengayaan hingga semester lima. Dalam praktiknya, Minor Program tersedia untuk program studi tertentu, seperti Business Management, Accounting, Information System, Computer Science, dan Business Management. 

    Sebagai catatan, seperti halnya mata kuliah biasa, kelas mata kuliah pengayaan juga akan diakhiri dengan ujian. BINUSIAN pun bisa menjalani Minor Program bersama dengan Mobility Program, dengan cara mengambil jurusan yang berbeda di kampus lain. Untuk itu, berikut adalah delapan mata kuliah pilihan dalam Minor Program.

    • Digital Business 

    Membahas tentang penggunaan teknologi digital di dunia usaha, yang mencakup aspek-aspek seperti analisis strategi bisnis, manajemen, hingga keuangan.   

    • Digital Ecosystem

    Mengulas perkembangan teknologi terkini hingga masalah keamanan dan hukum siber.

    • Virtual Services

    Mempelajari tentang virtual financial service, virtual hospitality management hingga virtual marketplace.

    • Interactive and User Experience Design

    Membahas tentang pengaruh user experience dalam desain produk digital. 

    • Sustainable Development

    Mengusung materi perkuliahan yang membahas keberlanjutan dalam dunia industri, seperti misalnya desain, teknologi produksi, materi, dan faktor digital.

    • Human Capital in Digital Workplace

    Mengulas tentang aspek legal, psikologi, pengembangan aspek HRD, dan bagaimana mengatur lingkungan kerja virtual yang baik.

    • Cross Cultural Communication

    Membahas materi seputar teknik komunikasi di dunia kerja, yang khususnya terkait dengan etika bisnis, budaya, hingga pemakaian bahasa asing.

    • Culinary

    Mempelajari berbagai menu masakan, baik itu Barat ataupun Asia, serta hidangan seperti bakery dan pastry. 

    Demikian beberapa opsi mata kuliah pengayaan yang bisa dipilih saat mengikuti Minor Program di kampus BINUS UNIVERSITY. Menarik, ya? Yuk gabung dengan BINUS UNIVERSITY untuk mengembangkan potensi akademikmu secara optimal!