Di zaman yang serba canggih ini, banyak orang yang mungkin mulai melupakan radio. Padahal keberadaannya merupakan salah satu bukti dari kemajuan teknologi. Sebagai sarana informasi dan hiburan, keberadaan radio masih sangat relevan sampai saat ini. Itulah salah satu alasan mengapa BINUS UNIVERSITY memiliki BVoice Radio.

BVoice Radio sendiri adalah sebuah media informasi berbasis audio. Awalnya berada di Sky Rink Mall Taman Anggrek, pada tahun 1997 BVoice Radio pindah ke BINUS UNIVERSITY tepatnya di samping Admisi. Di tahun 2001, BVoice kembali pindah ke basement Kampus Anggrek dan sampai saat ini, kamu bisa menemukannya di lantai 1 Kampus Anggrek BINUS UNIVERSITY.

BVoice Radio
Sumber : BVoice Radio

BVoice, Siap Jadi Wadah untuk Beraspirasi dan Berekspresi

BVoice sendiri memiliki misi untuk menjadi radio kampus nomor satu di Indonesia. Menyajikan beragam konten yang edukatif, informatif serta menghibur, radio ini dijalankan dengan tetap menjunjung tinggi etos kerja dan profesionalisme. Sampai tahun 2025 mendatang, BVoice siap menjadi wadah berekspresi dan menyalurkan aspirasi bagi semua BINUSIAN.

Tak hanya itu, dengan bergabung bersama BVoice, talenta-talenta berbakat di bidang radio bisa semakin terasah. Dengan begitu, peluang untuk berkarier di dunia radio tanah air juga semakin besar.

Apakah Radio Masih Relevan Saat Ini?

Di tengah kehadiran media digital, banyak orang yang menganggap radio sudah tidak lagi relevan dengan perkembangan zaman. Orang-orang yang masih suka mendengar radio kerap dianggap jadul dan ketinggalan zaman. Padahal, tanpa adanya radio, kita mungkin tidak akan bisa menonton atau mendengarkan podcast. Jadi masih relevankah radio dengan era masa kini?

Jawabannya: tentu saja masih! Ada berbagai alasan kenapa radio masih terus bersinar sampai saat ini yakni:

  • Informasi yang update dan tepercaya. Radio menyediakan banyak informasi terkini yang tidak kalah aktual dan faktual dengan media lain. Kamu bisa mendengarkan semua informasi sambil melakukan beragam aktivitas lain
  • Konten yang menarik. Untuk menyesuaikan dengan segmentasi pendengar sekaligus perkembangan zaman, saat ini beragam konten di radio disajikan dengan cara yang segar dan menarik
  • Topik yang dekat dengan kehidupan. Sampai saat ini, radio masih menjadi teman bagi sebagian orang untuk menyampaikan aspirasi termasuk isi hati
  • Penyiar yang seru serta memiliki banyak pengetahuan. Salah satu nilai plus radio adalah keberadaan penyiar yang mampu membawakan acara dengan cara yang menarik. Selain bisa meningkatkan mood para pendengarnya, penyiar umumnya punya pengetahuan yang luas mengenai beragam topik. Dengan begitu, pendengar tidak akan bosan menyimaknya
  • Radio lebih fleksibel. Dulu, untuk mendengarkan radio kamu harus memiliki akses sendiri. Untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, kamu tidak hanya bisa menyimak radio lewat frekuensi AM atau FM, tapi juga lewat streaming digital
  • Tersedia dalam format viewable. Meskipun radio dirancang sebagai media informasi berbasis audio, saat ini sudah banyak stasiun radio yang menghadirkan konsep streaming video. Jadi alih-alih hanya mendengarkan penyiar membawakan acara, kamu juga bisa menyaksikan langsung suasana di dalam studio. Perbincangan antara pembawa acara dengan bintang tamu bisa kamu lihat lewat layar gadgetmu. Dengan begitu, acara yang kamu saksikan akan semakin menarik.

BVoice Radio sampai saat ini masih terus mengadakan berbagai acara on air maupun off air dengan format menarik yang sebagian bisa kamu saksikan dalam bentuk video. Ini adalah salah satu bukti bahwa BVoice Radio tetap menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Meskipun saat ini sudah banyak media lain yang mirip dengan radio, tapi eksistensi radio sebagai sebuah media informasi tidak akan pernah bisa dihilangkan begitu saja. Jika kamu tertarik dengan dunia radio, kamu bisa bergabung dengan BVoice Radio saat menjadi BINUSIAN nanti. Tertarik?