Bagi sebagian masyarakat di Indonesia, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi terasa mahal. Inilah alasan beberapa lulusan SMA/SMK memilih berpikir ulang untuk melanjutkan kuliah. Banyak juga yang akhirnya memutuskan untuk langsung bekerja karena terhalang biaya. 

Namun, jangan khawatir karena sebetulnya di luar sana banyak kok lembaga-lembaga yang menawarkan program beasiswa S1. Buat kalian yang penasaran dengan beasiswa S1 apa saja yang bisa diikuti, cek ulasannya di bawah ini, ya. 

Program Beasiswa
Sumber : Okezone

Beberapa Program Beasiswa S1 di Indonesia

Inilah lembaga-lembaga di Tanah Air yang bakal memberikan kamu peluang kuliah secara gratis. Cari tahu sama-sama, yuk!

  • Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Kartu Indonesia Pintar merupakan program kuliah yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. KIP sendiri merupakan pengganti dari beasiswa Bidikmisi yang diberikan kepada calon mahasiswa dengan ekonomi terbatas. 

Untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar, calon penerima beasiswa wajib mempunyai potensi akademik dan lulus tepat waktu. Setelah mendapatkan KIP, nantinya uang kuliah akan langsung diberikan kepada perguruan tinggi yang bersangkutan, sementara uang saku dan tunjangan akan langsung diberikan kepada mahasiswa. 

Biasanya pendaftaran beasiswa ini dibuka pada awal tahun, sekitar bulan Februari atau Maret.

  • Beasiswa Kepemimpinan TELADAN

Pilihan kedua adalah program TELADAN, yaitu transformasi edukasi yang bertujuan melahirkan pemimpin di masa depan. Beasiswa TELADAN sendiri berada di bawah naungan Tanoto Foundation. 

Buat calon mahasiswa yang berhasil mendapatkan program beasiswa ini, kamu akan mendapatkan uang kuliah secara penuh selama 8 semester lengkap dengan biaya tunjangan hidup. 

Tidak hanya itu, beasiswa TELADAN juga memberikan kesempatan untukmu dalam melakukan pengembangan diri seperti menjalin kolaborasi dan pengabdian masyarakat. Untuk informasi lebih lengkap, silakan cek websitenya. 

  • Beasiswa BCA

Siapa yang tidak kenal dengan nama Bank BCA? Sukses dengan layanan perbankannya, BCA membuka peluang bagi lulusan SMA/SMK/sederajat untuk menerima program beasiswa pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. 

Beasiswa BCA akan diberikan dalam bentuk Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) serta Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) yang digelar oleh Bank BCA sendiri. Adapun durasi pendidikan untuk program ini adalah 2,5 tahun bertempat di BCA Learning Institute. 

Sebagai penerima beasiswa, kamu bakal mendapatkan sejumlah keuntungan seperti bebas biaya pendidikan, uang saku bulanan, buku pelajaran, laptop (untuk PPTI), kesempatan magang serta penawaran kerja di BCA, layanan bus, dormitory, dan gratis makan siang. 

  • Quipper Scholarship Award 

Tawaran beasiswa yang terakhir datang dari Quipper Scholarship Award. Setiap tahunnya platform belajar online ini bekerja sama dengan perguruan tinggi negeri maupun swasta di Tanah Air dalam penyaluran beasiswa. 

Quipper Scholarship Award merupakan program full scholarship atau beasiswa penuh sampai masa studi selesai. Selain full scholarship, Quipper turut menghadirkan partial scholarship dengan keuntungan diskon 25%-75% dari total biaya kuliah. 

Hanya saja, Quipper Scholarship Award tidak memberikan biaya untuk keperluan hidup. Jika tertarik dengan program ini, pendaftaran biasanya dibuka pada bulan Januari sampai Maret. 

 

BINUS Education Virtual Expo (BEVE): Pusatnya Informasi Dunia Perkuliahan

Selain empat program beasiswa di atas, di luar sana masih banyak lembaga-lembaga dalam negeri maupun luar negeri yang menawarkan beasiswa pendidikan, baik secara full maupun partial

Untuk mendapatkan informasi seputar beasiswa lainnya, kamu bisa ikut acara BINUS Education Virtual Expo (BEVE). Seminar pendidikan yang digelar oleh BINUS UNIVERSITY ini akan menghadirkan informasi-informasi menarik seputar dunia perkuliahan dan juga beasiswa. 

Digelar tanggal 27 Januari-6 Februari 2022, acara BEVE juga akan diramaikan oleh tenan-tenan dari lembaga pemerintahan, rekanan pendidikan, rekanan industri, termasuk unit-unit yang ada di BINUS Higher Education. 

Menariknya lagi, pada acara ini calon mahasiswa juga bisa berkonsultasi seputar pendidikan, lho. Kamu pun bisa menggali lebih detail tentang program kuliah dan kurikulum yang ada. Dengan begitu tidak ada lagi yang namanya salah jurusan. 

***

Apakah ringkasan di atas mampu membuatmu semangat untuk melanjutkan kuliah? Yuk, manfaatkan program beasiswa yang ada demi meraih masa depan lebih cerah.