Ilustrasi Digital Technopreneur di BINUS Digitec Valley

Malang, 11 Juli 2022 – Teknologi digital memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia Timur. UMKM dapat menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat Indonesia.

BINUS @Malang terus mengukuhkan komitmen sebagai Digitechpreneur Campus yang berkontribusi mencetak entrepreneur yang handal dalam pemanfaatan teknologi digital serta mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia Timur.

BINUS @Malang mengadakan kegiatan bertajuk “The Next Digital Technopreneur”, merupakan rangkaian kegiatan edukasi dan kolaborasi yang diadakan selama 4 hari dari tanggal 11 hingga 14 Juli 2022 serta melibatkan komunitas UMKM, partner industri, sekolah, hingga alumni.

Dalam acara ini, BINUS @Malang juga menghadirkan BINUS Digitec Valley (BDV), sebuah inovasi fasilitas belajar teknologi terkini secara tematik. Melalui BINUS Digitec Valley, mahasiswa dapat menggunakan teknologi-teknologi terbaru, yang dituangkan dalam 4 zona tematik besar: (a) Hype-Reality Zone; (b) Life-Show Zone; (c). Memory Zone; (d). Eagle Sky-Zone.

Peresmian BINUS Digitec Valley.

BINUS Digitec Valley diresmikan oleh Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M.- Rektor BINUS UNIVERSITY dan didampingi oleh Prof. Dr. Meyliana, S.Kom., M.M., CDMS, CBDMP selaku  Vice Rector Global Employability & Entrepreneurship, Prof. Tirta Nugraha Mursitama, S.Sos., M.M., Ph.D. selaku Vice Rector Research & Technology Transfer serta Dr. Robertus Tang Herman, S.E., M.M.  selaku BINUS @Malang Campus Director.

Ditemui pada acara Konferensi Pers Soft Launching BINUS Digitec Valley (BDV) yang bertempat di Aula Kampus BINUS @Malang, Rektor BINUS UNIVERSITY, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. menegaskan “BINUS UNIVERSITY sebagai Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia melalui BINUS @Malang sebagai Digitechpreneur Campus akan terus meningkatkan kontribusi dalam memberdayakan kemajuan UMKM dan menghasilkan entrepreneur handal. Untuk itu kita terus mengembangkan inovasi dan mengadakan kolaborasi strategis dengan berbagai pihak; rekanan industri, sekolah, hingga alumni agar hal ini dapat terwujud”, ucapnya.

Ruangan di BINUS Digitec Valley.

“BINUS Digitec Valley (BDV) merupakan fasilitas canggih penunjang pendidikan sekaligus entertainment yang dapat meningkatkan minat mahasiswa dalan inovasi di bidang teknologi, desain, dan komunikasi. Mahasiswa dapat semakin memaksimalkan potensi mereka baik dalam hal akademis maupun pendukung akademis”, tutur Dr. Robertus Tang Herman, S.E., M.M. selaku BINUS @Malang Campus Director.

Berbagai rangkaian kegiatan yang akan diadakan berupa seminar DigiTALKpreneur: “Digitalization, New Technology Potential and Commercialization”, Penandatanganan MOU dengan UMKM binaan, yaitu UMKM Superheru – Cluster F&B, Fairalfan Collection – Cluster Batik & Ecoprint dan Lamita – Cluster Kriya. Selain penandatanganan MOU, akan dilakukan juga kunjungan ke UMKM Aira Food.

Selain UMKM, kolaborasi dengan industri dan rekanan sekolah dilakukan dengan melakukan kunjungan ke PT. Insera Sena (Polygon Indonesia) dan PT. Lautan Natural Krimerindo, serta jamuan santap malam bersama 7 Sekolah yang tergabung dalam BINUS UNIVERSITY Learning Community (BULC). Selain itu, BINUS @Malang juga akan mengadakan Alumni Gathering yang akan memperkuat ekosistem pendidikan BINUS. (GPJ).