Selain dengan kehadiran Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah masih memiliki beragam potensi lain di bidang industri. Khususnya di Semarang yang merupakan ibu kota provinsi. Pemerintah kota sendiri terus berupaya memajukan ekonomi setempat dengan memudahkan masuknya para investor. Dengan begitu, tidak hanya pelaku UMKM yang bisa semakin diberdayakan, tapi juga tenaga kerja yang akan semakin banyak diserap.

Sektor Industri Terbaik di Semarang

Sektor Industri
Sumber : Kita Lulus

Saat ini, Semarang tercatat memiliki 3 sektor ekonomi unggulan yang tidak hanya menjadi andalan pemerintah setempat, tapi juga menjadi lahan subur yang menjanjikan bagi para investor. Apa saja ketiga sektor industri tersebut?

  • Agrikultur

Sebagaimana daerah-daerah lain di Indonesia, bisnis agrikultur atau pertanian juga masih menjadi salah satu andalan Semarang. Semarang memiliki setidaknya 50% kawasan lahan hijau yang terdiri dari perkebunan, persawahan dan hutan. Ini tentu menjadi peluang tersendiri bagi para investor yang tertarik untuk berbisnis agrikultur di Semarang.

  • Manufaktur

Industri manufaktur di Semarang berkembang sangat pesat berkat dukungan 9 kawasan industri mulai dari Kawasan Industri Terboyo, Kawasan Industri Bukit Semarang Baru, Kawasan Industri Guna Mekar Tambak Aji dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, Semarang juga punya terminal peti kemas dengan kapasitas satu juta TEUs.

Keberadaan kawasan industri sekaligus terminal peti kemas ini tentu memberikan dukungan yang baik bagi berkembangnya sektor manufaktur. Tidak hanya bagi para pelaku industrinya sendiri, melainkan bagi investor asing yang ingin menanamkan modalnya.

  • Pariwisata

Sektor pariwisata menjadi salah satu industri yang juga memiliki prospek cerah di Semarang. Pada tahun 2017 lalu misalnya, Semarang menjadi kota kelima di Indonesia dengan indeks pariwisata terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan pertambahan jumlah wisatawan yang datang ke Semarang setiap tahunnya. Seiring berjalannya waktu, transportasi pendukung di Semarang juga semakin membaik. Keberadaan bandara internasional, akses kereta api, bus hingga pelabuhan besar semakin memudahkan para wisatawan.

Pada tahun 2022 ini, Walikota Semarang, Hendrar Prihadi juga menyebut bahwa Pemkot sedang merancang berbagai rencana untuk memajukan industri pariwisata Semarang. Mulai dari pembangunan  kawasan Wisata Religi Depok, pembangunan tahap II Indoor Theater Ki Narto Sabdo hingga pembangunan Kampung Jawi dan Gapura Landmark Kampung Melayu.

BINUS @Semarang, Dukung Industri Semarang Lewat Pendidikan

Sektor Industri
Sumber : Binus

Kemajuan Semarang dalam berbagai sektor industri tentu tidak terlepas dari kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh kota ini. Selain pemerintah, keberadaan lembaga-lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi juga berperan penting dalam menyediakan tenaga kerja dengan kualifikasi mumpuni.

BINUS UNIVERSITY dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam dunia pendidikan juga telah hadir di Semarang. Salah satu prodi yang akan berperan penting dalam sektor industri khususnya manufaktur adalah jurusan Industrial Engineering atau Teknik Industri.

Teknik Industri sendiri merupakan cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana cara mengevaluasi, mendesain, mengendalikan, memodifikasi hingga meningkatkan kinerja dari sebuah sistem yang terintegrasi. Baik sistem yang terdiri dari sekumpulan orang, material, hingga teknologi.

Industrial Engineering BINUS @Semarang menawarkan perpaduan yang unik dari berbagai pengetahuan. Mulai dari matematika, fisika, ilmu teknik hingga prinsip, metode analisis serta desain teknik.

Mengapa Harus Industrial Engineering BINUS @Semarang?

Bagi lulusan SMA/sederajat yang tinggal di Semarang, sektor industri di kota ini memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Tidak perlu lagi harus belajar ke luar kota, pendidikan teknik industri berkualitas terbaik sekarang bisa kamu akses langsung dari Semarang, kota tempat tinggalmu. Sembari menyelesaikan pendidikan, kamu bisa terus mengamati dari dekat bagaimana perkembangan sektor industri di Semarang agar nantinya, kamu tahu posisi apa yang cocok dan menyediakan peluang untukmu.

Masih ragu mau bergabung dengan prodi Industrial Engineering BINUS UNIVERSITY @Semarang? Cek informasi lengkapnya di sini, ya!