BINUS UNIVERSITY

    Industrial Engineering: Apa Saja Keterampilan Lulusan yang Dibutuhkan di Era Kini?

    Industrial Engineering atau Teknik Industri adalah salah satu program unggulan kampus BINUS UNIVERSITY Semarang. BINUSIAN yang mendaftar untuk belajar di program ini akan mendapat berbagai kelebihan, mulai dari kurikulum lengkap dan terkini hingga bekal untuk membangun kompetensi bahkan sejak sebelum lulus. Tidak heran jika lulusannya termasuk kandidat favorit untuk berbagai perusahaan dalam dan luar negeri.

    Industrial Engineering
    Sumber : Binus

    Mengapa BINUS @Semarang?

    BINUS @Semarang memadukan pengalaman belajar hybrid dengan teori, praktik, diskusi, dan penelitian bersama pakar di bidang terkait. Setiap program menggunakan kurikulum yang menghasilkan lulusan dengan kualitas kelas dunia dan memastikan BINUSIAN mendapat keahlian yang kompeten sebagai bekal memulai karier.

    Kampus Semarang juga memiliki fasilitas dan tempat belajar nyaman, modern, serta berteknologi tinggi untuk menunjang kegiatan BINUSIAN. Ruang kelas dengan teknologi ajar terbaru, laboratorium yang dilengkapi program terkini, perpustakaan dengan interior nyaman dan fasilitas audiovisual, serta berbagai ruang diskusi membuat aktivitas perkuliahan lebih berkualitas.

    Potensi Karier Lulusan Industrial Engineering

    Industrial Engineering merupakan salah satu program paling potensial untuk karier BINUSIAN. Bidang ini sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan dan bisnis, mulai dari manufaktur, otomotif, elektronik, arsitektur dan desain, hingga riset dan penelitian.

    Pendidikan di BINUS @Semarang menawarkan berbagai potensi karier untuk lulusan Industrial Engineering, misalnya:

    • Industri dan Manufaktur

    Karier terkait industri dan manufaktur bisa berupa teknisi mesin atau pengawas mutu. Jika kamu memiliki minat di bidang K3 industri, kamu bisa memanfaatkan wawasan teknik industri sebagai dasar untuk melakukan pekerjaanmu.

    • Riset dan Pengembangan

    BINUSIAN tidak hanya belajar teori dan praktik di kampus, tetapi juga mendalami berbagai konsep dalam dunia teknik industri serta membahas tren bisnis dan inovasi terbaru. Hal ini bisa menjadi dasar untuk mengejar karier di bidang riset dan pengembangan. Kamu bisa menjadi peneliti atau analis di berbagai bidang yang masih terkait dengan industrial engineering.

    Contohnya, kamu bisa menjadi analis rantai pasokan atau data untuk perusahaan manufaktur. Karier ini membutuhkan wawasan analisis data, keahlian riset, dan pengetahuan teknik industri terkini, tetapi posisi ini cenderung banyak dicari karena peran mereka penting dalam proses produksi.

    • Teknologi Informasi dan Metaverse

    Lulusan teknik industri biasanya hanya berfokus pada aspek fisik permesinan di industrinya. Akan tetapi, tren bisnis masa kini tidak lepas dari penguasaan teknologi, mulai dari teknologi informasi hingga metaverse. Lulusan teknik industri bisa berkontribusi dalam bidang-bidang ini dengan membangun fasilitas, mesin, perangkat, atau model fisik yang terkait dengan penerapan mereka.

    Contoh, kamu bisa menjadi insinyur atau desainer teknis yang bekerja sama dengan arsitek AR dan VR untuk membangun ekosistem fisik yang mendukung penerapan teknologi metaverse.

    • Manajemen dan Bisnis

    Jika kamu tertarik dengan aspek manajemen, kamu bisa menggunakan wawasan teknik industri untuk menentukan strategi, gagasan, dan solusi terbaik untuk menjalankan prinsip-prinsip manajemen dalam bidang tersebut. Pengetahuan dan keahlianmu bisa membantu menciptakan strategi manajemen bisnis yang lebih terarah dan minim risiko.

    Kamu juga bisa masuk ke dunia bisnis dengan membuka usaha sendiri. Salah satu kualitas yang dibanggakan BINUS UNIVERSITY adalah kemampuan mencetak lulusan yang memiliki naluri, ide, dan kemampuan berbisnis. Kamu bisa membuka jasa konsultasi atau produksi produk-produk tertentu untuk menjawab kebutuhan di segmen pasar tertentu.

    • Edukasi

    Bagaimana jika kamu tertarik menyebarkan ilmu teknik industri? Kamu bisa masuk ke ranah edukasi. Misalnya, kamu bisa melanjutkan kuliah S2 ke BINUS UNIVERSITY sebelum menjadi dosen. Kamu juga bisa menggunakan berbagai pilihan media untuk menyampaikan ilmu ke masyarakat, mulai dari buku, makalah, artikel, hingga konten media sosial dan situs internet. 

    Berminat menyebarkan wawasanmu kepada masyarakat luas? Kamu bisa memadukan pengetahuan teknik industrimu dengan aspek pengabdian masyarakat. Misalnya, kamu bisa berkontribusi terhadap upaya edukasi masyarakat terkait teknologi, misalnya penerapan ilmu teknologi industri untuk mengembangkan teknologi pertanian dan usaha lokal.

    BINUS @Semarang menawarkan program Industrial Engineering dengan kurikulum dan pengajaran berkelas dunia. Jadikan BINUS @Semarang sebagai pilihan untuk belajar ilmu Teknik Industri dengan fasilitas, kurikulum, dan pengajar yang akan memunculkan semua potensimu demi mencapai karier sukses.