BINUS UNIVERSITY

    Cetak Pengusaha Muda melalui Program Entrepreneurship

    Di tengah persaingan global seperti saat ini, Universitas Bina Nusantara atau BINUS UNIVERSITY kian berkomitmen untuk mencetak lulusan yang mampu bersaing di bidang wirausaha. Tak cukup dengan hanya menyediakan sekolah bisnis, kampus swasta terbaik di Indonesia ini juga menyisipkan materi kewirausahaan dalam sebuah program pengayaan (Enrichment Program) bertajuk  Entrepreneurship Track BINUS UNIVERSITY. 

    Nyatanya, program ini berhasil menasbihkan BINUS UNIVERSITY sebagai salah satu kampus yang berhasil mencetak banyak pendiri startup. Tercatat, terdapat beberapa BINUSIAN yang akhirnya sukses bersama startup yang didirikan, sebut saja seperti; William Tanuwijaya dengan Tokopedia, Michael Jovan Sugianto co-founder TaniHub, Jefriyanto dan Ricky Winata pendiri Payfazz, Edi Budiman dengan DewaWeb, Jeff Hendrata founder Karta.id, Kevin Osmond pendiri Printerous, dan masih banyak lagi. 

    Beberapa di antara mereka adalah contoh bahwa semua orang dengan latar belakang keilmuan apa pun bisa menjadi entrepreneur. Tak harus berasal dari jurusan bisnis, karena berkat kurikulum pengayaan Program Entrepreneurship Track BINUS UNIVERSITY yang tepat, jiwa dan semangat kewirausahaan pun dapat diasah. 

    Entrepreneurship
    Sumber: Binus

    Tentang Program Entrepreneurship Track BINUS UNIVERSITY 

    Sebagaimana diketahui, entrepreneurship track merupakan bagian dari tujuh Enrichment Program yang ditawarkan BINUS UNIVERSITY. Program ini berlaku untuk semua mahasiswa yang memilih program (2+1)+1. Program ini sendiri merupakan skema belajar khas BINUS UNIVERSITY, yang mengharuskan mahasiswa menjalani kuliah konvensional hanya selama dua tahun di kampus asal. Untuk kemudian, tahun ketiga mengikuti mobility program di kampus BINUS lain, serta tahun terakhir menjalani program pengayaan yang dipilih. Karenanya, program entrepreneurship ini dimulai ketika mahasiswa memasuki semester 7, dan umumnya berlangsung selama 6-12 bulan. 

    Dengan program ini, BINUSIAN akan mendapat pengetahuan baru yang berkaitan dengan employability dan entrepreneurial skill (EES). Pengetahuan baru ini dapat dipraktikkan serta dikombinasikan dengan keahlian dasar sesuai jurusan masing-masing, hingga akhirnya mereka bisa mendirikan sebuah bisnis baru. Tak perlu khawatir, karena dalam setiap prosesnya mereka akan didampingi oleh mentor berpengalaman. 

    Keunggulan Entrepreneurship Track

    Pada dasarnya, program entrepreneurship ini akan memberikan pengalaman dalam menjalankan bisnis. Untuk lebih detailnya, berikut beberapa keunggulan dari program ini. 

    1. Mentoring Bisnis

    Tahap pertama, para peserta akan mendapatkan materi pembekalan tentang segala hal yang berhubungan dengan proses pendirian bisnis. Materi ini disampaikan oleh para dosen/tenaga ahli yang telah berpengalaman di bidang bisnis dan manajemen. Dari sini, nantinya peserta diharapkan mampu memunculkan ide bisnis serta membuat konsep dan rancangannya. 

    2. Penyusunan Prototype Produk

    Setelah membuat konsep bisnis sesuai kebutuhan konsumen, langkah selanjutnya BINUSIAN akan didampingi untuk menciptakan prototype produk. BINUSIAN harus merancang gambaran produk secara langsung, entah itu berupa wireframe, sketch, atau mockup. Proses ini merupakan fase penting sebelum akhirnya produk resmi diproduksi dan dipasarkan.  

    3. Menjaring Investor

    BINUS UNIVERSITY sangat memahami bahwa sebuah bisnis, apalagi perusahaan rintisan (startup) tentu membutuhkan dukungan modal yang memadai. Karena itulah, mereka siap membantu BINUSIAN peserta Entrepreneurship Track untuk mendapatkan bantuan modal usaha. Utamanya bagi mereka yang memiliki konsep bisnis cemerlang dan berpotensi tinggi untuk sukses di pasaran. Tak hanya berperan sebagai penyokong dana usaha, para investor ini juga akan terlibat langsung dalam proses pengembangan bisnis, lo. 

    4. Promosi Bisnis

    Terakhir, Entrepreneurship Track BINUS UNIVERSITY juga memberi kesempatan bagi kamu untuk mempromosikan konsep bisnis di ajang bergengsi. Misalnya saja Tech in Asia dan StartupWorld Cup. Ini adalah salah satu bentuk dukungan pihak kampus agar bisnis yang didirikan oleh para BINUSIAN bisa dikenal luas. Tak hanya dalam lingkup nasional, tetapi juga level internasional. 

    Dari beberapa keunggulan tersebut, tampak bahwa BINUS UNIVERSITY memang berupaya untuk mencetak para entrepreneur muda yang mampu mendorong kemajuan ekonomi bangsa. Yuk, tak perlu ragu untuk menjadi bagian dari BINUS UNIVERSITY dan bersama bergerak membangun bangsa.