Kemajuan teknologi memudahkan kamu melakukan aktivitas harian. Berbekal koneksi internet, kamu bisa berinteraksi dengan teman, mengikuti kelas kuliah di BINUS UNIVERSITY, hingga melakukan transaksi secara daring. Namun, kemajuan teknologi tersebut juga memicu terjadinya cyber threats. Cyber threats kerap dilakukan oleh segelintir orang tak bertanggung jawab yang memanfaatkan celah teknologi untuk kepentingan pribadi. 

Maraknya kejahatan dunia maya ini sangat merugikan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, perusahaan perlu menerapkan cyber security. Cyber security merupakan proses yang dilakukan untuk melindungi data, program, sistem, dan jaringan dari ancaman maupun serangan digital. Pada dasarnya, cyber security mengikuti konsep praktik CIA Triad, meliputi Confidentality, Integrity, dan Availability. 

Cyber Threats
Sumber : Forbes

4 Jenis Cyber Threats yang Sering Dilakukan Hacker

Sebenarnya, terdapat beragam jenis cyber threats yang tujuannya telah teridentifikasi, seperti mengambil data dan merusak pertahanan keamanan atau hadware. Agar lebih jelas, berikut uraiannya!

1. Phising

Phising merupakan jenis cyber threats yang dilakukan menggunakan email palsu. Modus ini bertujuan untuk mencuri data pribadi melalui tautan link atau lampiran. Lantaran email yang dikirim dibuat semirip mungkin dengan aslinya, sebagian besar korban tidak menyadari bahwa pesan tersebut adalah cyber threats.  

2. Malware 

Perangkat lunak ini diciptakan khusus dengan tujuan merusak hardware dan mendapatkan data pribadi secara ilegal.

3. Ransomware 

Modus kejahatan siber ini dilakukan menggunakan perangkat lunak khusus yang dirancang untuk mencuri data pribadi serta mengambil alih akses file maupun hardware korban. Umumnya, pelaku kejahatan ini akan meminta uang tebusan pada korbannya. 

4. Social Engineering 

Dilakukan dengan beragam modus supaya korban terpancing dan secara sadar mengakses suatu situs, mengklik tautan, atau mengunduh file. Akibat hal tersebut, data pribadi kamu bocor dan mungkin disalahgunakan untuk berbagai kepentingan yang merugikan.

Tangkal Serangan Cyber Threats dengan Cyber Security

Cyber security merupakan tindakan untuk melindungi sistem komputer dari cyber threats. Tindakan ini mencakup alat, konsep keamanan, dan kebijakan yang digunakan untuk melindungi aset pengguna maupun organisasi. Perlindungan tersebut, meliputi aplikasi, perangkat komputasi, serta layanan dan informasi yang disimpan atau dikirim di lingkungan cyber. Penerapan cyber security efektif mengurangi resiko ancaman pada sistem komputer.

Terdapat tiga jenis penerapan cyber security yang paling sering digunakan, yakni:

  • Cloud Security – upaya melindungi data di Cloud yang dilakukan dengan menggunakan VPN, firewall, enkripsi data, atau two factor authentication.
  • Network Security – mengingat kasus pencurian data makin tinggi, dibutuhkan sistem keamanan lanjut untuk menjaga kerahasiaan lalu lintas data menggunakan antivirus ataupun firewall. Upaya ini efektif melindungi jaringan internal dan membuat lalu lintas jaringan makin efisien. 
  • Application Security – lantaran aplikasi rentan diakses melalui beragam jaringan, penerapan application security sangat diperlukan. Upaya ini efektif melindungi sekaligus meningkatkan keamanan aplikasi.

Cyber Security Community (CSC) BINUS UNIVERSITY

Kalau kamu termasuk orang yang tertarik dengan perkembangan teknologi dan ingin mempelajari lebih dalam megenai keamanan siber, jangan ragu untuk bergabung sebagai anggota Cyber Security Community (CSC) BINUS UNIVERSITY. CSC dibentuk sebagai wadah bagi BINUSIAN yang bersemangat memberikan kontribusi positif dalam hal teknis maupun sosial dari keamanan siber. 

Cyber Security Community menjadi tempat untuk belajar dan berdiskusi bersama serta berbagi pengetahuan, wawasan, dan pengalaman mengenai keamanan siber. Sebagai anggota CSC BINUS UNIVERSITY, kamu mendapatkan kesempatan mengasah dan mengeksplorasi kemampuan, memperluas jaringan, dan berkontribusi aktif dalam menjaga keamanan siber. Ilmu dan pengalaman yang kamu dapat melalui CSC BINUS UNIVERSITY dapat membuka jalan untuk meraih karier terbaik di masa depan. 

Tertarik bertemu dengan orang yang memiliki minat sama di bidang teknologi? Ayo,  bergabung dengan Cyber Security Community BINUS UNIVERSITY! Pastikan kamu telah terdaftar sebagai mahasiswa Perguruan Tinggi Indonesia Berkelas Dunia, BINUS UNIVERSITY ya!