Di tengah kemajuan teknologi, olahraga fisik dianggap bukan hal yang penting lagi. Banyak orang lebih memilih melakukan beragam kegiatan dengan gadget mereka alih-alih benar-benar keluar dan menggerakkan tubuh. Tapi hal ini tidak berlaku bagi para BINUSIAN yang tergabung di BINUS Basketball.

BINUS Basketball
Sumber : Binus

Apa Itu BINUS Basketball?

BINUS Basketball adalah organisasi sekaligus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berdiri pertama kali pada tahun 1995. Sebagai wadah untuk menyalurkan minat dan bakat para BINUSIAN di cabang olahraga basket, BINUS Basketball memiliki visi dan misi tersendiri.

  • Visi. BINUS Basketball bersama pengurus dan segenap anggota berharap organisasi ini bisa menjadi tempat untuk mengembangkan minat dan bakat serta menyalurkan hobi di bidang olahraga basket
  • Misi. Demi mewujudkan misi itu, BINUS Basketball memiliki beragam misi seperti mengikuti pertandingan tingkat Jabodetabek maupun nasional, mengadakan kegiatan-kegiatan demi mendongkrak nama baik UKM Basket BINUS dalam skala nasional serta mengadakan kegiatan latihan rutin.

Lebih dari sekadar melatih fisik, bergabung dengan BINUS Basketball akan mendidik para anggotanya untuk punya semangat dan usaha tinggi, disiplin, tidak mudah menyerah dan bertanggung jawab. Interaksi antar anggota juga diharapkan bisa membangun solidaritas yang akan membawa organisasi ke level yang lebih baik.

Manfaat Olahraga Basket 

Jika kamu menggemari olahraga ini, kamu tentu tahu bahwa basket diciptakan pertama kali oleh James A. Naismith, seorang guru olahraga di Amerika Serikat. Awalnya, dia hanya ingin mencari aktivitas yang dapat mengusir kebosanan yang dirasakan oleh para muridnya di musim dingin. Permainan basket pertama dilakukan pada bulan Desember tahun 1891 dan masih menjadi salah satu olahraga populer di dunia sampai saat ini. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan bermain bola basket yakni:

– Meningkatkan Daya Tahan Otot Tubuh

Bermain bola basket tentunya sangat memerlukan kelincahan, kekuatan dan stamina. Kamu harus bisa bergerak cepat dan mengubah arah dengan memanfaatkan adanya kontraksi otot berintensitas tinggi— dalam durasi pendek. Tak hanya itu, kamu pun memerlukan daya tahan otot yang bagus agar dapat melakukannya. Basket adalah olahraga yang paling bagus untuk meningkatkan kekuatan, khususnya di bagian tubuh bawah dan atas.

– Membentuk Tulang yang Sehat

Bermain olahraga dengan tim seperti basket, dapat memberikan manfaat kesehatan fisik dan mental yang unik. Sebuah penelitian pada tahun 2018 menemukan bahwa olahraga berbasis tim memberikan efek positif pada kekuatan tulang. Orang yang bermain bola tangan dan sepakbola juga terbukti punya kepadatan mineral tulang yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak banyak bergerak.

– Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Bermain basket mengharuskanmu mengembangkan kemampuan koordinasi tangan, mata dan kak yang baik selama pertandingan. Kamu juga harus bisa menjaga keseimbangan dalam semua gerakan. Saat bermain, kamu juga perlu menggerakkan tubuh dengan cepat saat melompat, mengubah arah atau berputar. Latihan secara rutin akan membantumu dalam meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh.

– Mengembangkan Rasa Percaya Diri

Tidak hanya berkaitan dengan fisik, olahraga juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan mental kamu. Kamu bisa meningkatkan rasa percaya diri dan mengenal lebih baik siapa dirimu lewat berbagai situasi baru. 

Sebagai sebuah tim, semua anggota bisa saling memberikan dorongan, motivasi dan saling mendukung satu sama lain. Kamu juga bisa memberikan atau menerima masukan dari anggota lain terkait kemampuan apa yang perlu kamu perbaiki. Ini akan memberikan efek pertumbuhan positif pada setiap individu di dalam tim.

Di BINUS Basketball, kamu tentu tidak hanya akan belajar tentang olahraga basket saja. Sebagai sebuah organisasi, kamu juga akan belajar tentang bagaimana menyampaikan pendapat serta menerima pendapat dari orang lain. Kamu juga mungkin akan diberi berbagai jabatan penting yang akan mengasah skill leadership-mu. Masih ragu untuk gabung dengan BINUS Basketball?