BINUS UNIVERSITY

    Berdampak Sekaligus Belajar Lewat Kegiatan Fostering & Empowering

    Status sebagai mahasiswa tidak boleh menjadi hambatan untuk berkarya dan bermanfaat bagi orang lain. Seorang mahasiswa justru memiliki kemampuan lebih yang dapat digunakan untuk membantu orang lain. Didukung oleh kepedulian terhadap sesama, mahasiswa bisa berdampak sekaligus mengasah ilmu pengetahuannya.

    Fostering & Empowering
    Sumber : Sahabat Anak

    Mengabdi di Yayasan Sahabat Anak

    Pengalaman Faldo Julian, BINUSIAN 2019, membuktikan bahwa mahasiswa dapat berkontribusi sebagai wujud fostering & empowering kepada masyarakat di sekitarnya. Hal itu diawali dengan keikutsertaan Faldo pada Program (2+1)+1 saat kuliah di BINUS UNIVERSITY.

    Faldo memilih untuk mengikuti Program Enrichment sebagai bagian dari proses pembelajaran di kampus. Track yang dipilihnya adalah Community Development yang bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang dimiliki untuk kemajuan bangsa. 

    Faldo berkuliah di Jurusan Psikologi BINUS UNIVERSITY. Tiga tahun pertamanya di kampus diisi dengan kegiatan belajar di dalam kelas. Setelah itu, seperti seluruh mahasiswa BINUS UNIVERSITY yang menempuh tahun terakhir, ia memilih untuk melakukan pengabdian sosial di Yayasan Sahabat Anak. 

    Di Yayasan Sahabat Anak, Faldo menjalani magang hampir selama lima bulan. Ia menjadi pengajar anak-anak. Melalui kegiatan itu, Faldo merasakan kemampuan verbalnya semakin berkembang. Bukan hanya itu, ia juga semakin menyadari bahwa ilmu psikologi yang dipelajarinya selama kuliah sangat bermanfaat. 

    Yayasan Sahabat Anak adalah yayasan yang berfokus pada penanganan kekerasan anak di Indonesia. Di yayasan ini, Faldo belajar untuk menghargai keragaman melalui pertemuan dengan banyak individu dan kelompok dari berbagai latar belakang suku, agama, maupun ras. 

    Berlatar belakang pendidikan psikologi, Faldo dapat menunjukkan kontribusi sebagai bentuk fostering & empowering terhadap masyarakat. Ilmu dan wawasan yang dimilikinya bisa digunakan untuk membantu anak-anak yang membutuhkan pendampingan, khususnya di yayasan tersebut.

    Kehadiran Faldo jelas sangat berdampak karena memberikan dukungan kepada yayasan meskipun dalam bentuk sederhana. Bukan hanya itu, ia juga banyak belajar dari pengalaman tersebut. Tidak heran jika program Community Development dari BINUS UNIVERSITY ini merupakan program unggulan yang sangat bermanfaat.

    Program (2+1)+1: Enrichment Track Community Development

    Ada berbagai bentuk kegiatan fostering & empowering yang termasuk dalam Community Development yang diselenggarakan BINUS UNIVERSITY untuk mahasiswa. Beberapa di antaranya adalah membina UMKM, mengadakan pelatihan kewirausahaan, mengajar bahasa asing, dan mengikuti konferensi internasional.

    Ada setidaknya tiga tujuan utama pengadaan Community Development, yaitu untuk pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan pembangunan lingkungan. Sebagai bentuk fostering & empowering, BINUS UNIVERSITY berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, mahasiswa merupakan motor penggerak yang sangat penting. 

    Di sisi lain, program Community Development yang merupakan salah satu bagian dari program Enrichment, yaitu program khusus yang ditempuh mahasiswa ketika menginjak semester 7. Dengan mengikuti program ini, mahasiswa dapat memperdalam ilmu yang dimilikinya dengan mempraktikkan langsung di lapangan.

    Mahasiswa juga dapat menambah pengalaman kerja sesuai bidang keilmuan masing-masing sehingga bisa dijadikan modal awal ketika memasuki dunia sesungguhnya. Selain itu, berpartisipasi dalam kesempatan ini juga akan mengasah kepedulian dan empati mahasiswa terhadap sesamanya.

    Sebagai bagian dari Program (2+1)+1, program Enrichment bisa dijumpai di semua kampus BINUS UNIVERSITY, termasuk BINUS @Semarang. Kampus yang mulai dibangun pada 2020 tersebut telah menyelenggarakan perkuliahan reguler sejak 2021. Mahasiswa pun memperoleh kesempatan untuk menikmati keunggulan program (2+1)+1 yang tidak ada di kampus lain.

    Proses pembelajaran yang seimbang antara teori dan praktik membuat mahasiswa BINUS UNIVERSITY lebih kaya dalam berbagai hal. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan menjadi alumni yang berpendidikan sekaligus peduli terhadap kepentingan sesama.

    Nah, bagi kamu yang ingin menikmati pengalaman seperti Faldo, kuliah di BINUS UNIVERSITY adalah pilihan terbaik. Berkontribusilah dalam mewujudkan visi fostering & empowering, bahkan ketika masih menyandang status sebagai mahasiswa.