BINUS UNIVERSITY

    Belajar Bisnis dari Enrichment Program BINUS UNIVERSITY

    Jika kebanyakan universitas hanya memiliki jalur magang atau penelitian sebagai pengisi masa-masa akhir pendidikan tinggi para mahasiswanya, BINUS UNIVERSITY punya terobosan berbeda. Di kampus yang terkenal dengan inovasinya ini, terdapat sebuah program khusus untuk mahasiswa semester lima hingga tujuh yang bernama Enrichment Program BINUS UNIVERSITY.

    Program yang sering disebut juga sebagai program (2+1)+1 ini adalah salah satu upaya BINUS UNIVERSITY untuk mencetak lulusan yang dapat bersaing secara global dan memiliki kompetensi yang cukup setelah lulus. Di program ini, mahasiswa akan mengikuti dua tahun pembelajaran di kelas, sebelum nantinya akan menghabiskan satu tahun di cabang BINUS UNIVERSITY lain (misal di BINUS @Malang, jika mahasiswa tersebut berasal dari BINUS @SEMARANG), lalu dilanjutkan dengan satu tahun kegiatan sesuai bakat dan minat mahasiswa.

    Enrichment Program
    Sumber: Binus

    Track Entrepreneurship

    Jenis kegiatan di tahun terakhir yang bisa dipilih mahasiswa adalah penelitian, magang, studi di kampus luar negeri, pengabdian masyarakat, dan merintis usaha. Antonio Amadeus Widjaja adalah salah seorang BINUSIAN dari prodi manajemen yang memilih jalur terakhir: Enrichment Program Track Entrepreneurship.

    Hal yang memotivasi Antonio untuk memilih program ini adalah keinginannya untuk mengaplikasikan materi bisnis yang telah ia pelajari selama di kelas. Antonio sadar, dunia bisnis sangat sengit dan persaingannya ketat, sehingga tidak cukup hanya mengetahui teori-teori di kelas saja. Dia sadar, dia membutuhkan kesempatan untuk praktik langsung.

    Dengan mengikuti program Track Entrepreneurship, Antonio berhasil mendapatkan pemahaman baru bahwa bisnis bisa dimulai dari ide biasa tanpa perlu mengeluarkan banyak modal. Selama produk tersebut berkualitas dan cocok dengan selera pasar, maka produk itu pasti bisa bersaing dengan kompetitornya.

    Antonio Membangun Bisnisnya

    Bisnis dimulai dari ide unik yang berpotensi dan bisa bersaing di pasaran. Antonio pun memulai perjalanan bisnisnya dengan memikirkan ide dasar bisnis, untuk kemudian dia tentukan jenis bisnis yang sesuai, menguji kelayakan ide tersebut, mencari pasar, membuat rencana, membuat anggaran modal, dan strategi pemasaran yang cocok digunakan. Semua proses ini dilakukan Antonio di bawah bimbingan dosen Track Entrepreneurship.

    Walaupun memahami dasar ilmu bisnis dan aplikasinya, tidak serta merta membuat perjalanan membangun bisnis Antonio mulus. Daya tarik ke konsumen yang rendah dan penjualannya yang tidak mencapai target merupakan kendala terbesar Antonio saat merintis usahanya. Meski sempat tertekan, Antonio tidak menyerah, ia terus mencari inspirasi di antaranya melalui media sosial.

    Manfaat yang Dirasakan Antonio dari Enrichment Program

    Antonio mengaku mendapatkan banyak manfaat selama mengikuti Enrichment Program BINUS UNIVERSITY. Menurut penuturannya, ia menjadi lebih paham ilmu membangun bisnis dan bagaimana merealisasikan ide bisnis yang dipunyainya menjadi bisnis nyata.

    Antonio belajar tentang komponen yang dibutuhkan dan menunjang bisnisnya, untuk dapat menghasilkan produk berkualitas. Pengalaman mengikuti program ini juga membuatnya makin berani untuk membuat keputusan bisnis yang bisa membuat produknya dikenal dan dibeli konsumen.

    Pesan Antonio untuk Bisnis, Enrichment Program, dan BINUSIAN

    Antonio punya harapan besar agar LostSoul Project–produk pakaian yang ia ciptakan selama Enrichment Program–dapat bersaing dengan merek pakaian lokal lainnya dan bisa dikenal di Indonesia. Antonio pun berpesan agar BINUS UNIVERSITY terus mendukung BINUSIAN melalui Enrichment Program.

    Ia juga menekankan agar para BINUSIAN yang hendak merintis bisnis, supaya terus memperbanyak ilmu dan riset pasar. Dengan begitu, risiko kerugian akibat rendahnya daya beli produk yang ditawarkan bisa dihindari.

    Buat kamu yang tertarik dengan Program (2+1)+1 yang ditawarkan BINUS UNIVERSITY ini jangan ragu untuk mendaftarkan diri sebagai BINUSIAN. Enrichment Program ini tidak hanya bisa diikuti oleh para BINUSIAN di BINUS @Greater Jakarta saja lo, tetapi juga ada di BINUS @Semarang. Untuk kamu yang ingin tahu info-info lainnya, kamu bisa klik di sini.