Saat ini, ada berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik secara online, salah satunya Spotify. Dengan aplikasi ini, kamu lebih mudah mengakses musik dari perangkat yang dimiliki. 

Musik memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Bukan hanya menjadi pendengar, ada pula orang yang gemar bermain musik. Ada berbagai manfaat bermain musik, misalnya melatih koordinasi, mempertajam pikiran, dan lain-lain.

Bermain Musik
Sumber : Liputan 6

Belajar Bermain Musik

Bagi kamu yang ingin belajar bermain musik, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Pertama, persiapkan alat musik yang ingin dipelajari. Kamu bisa memilih berbagai jenis alat musik saksofon, drum, gitar, biola, klarinet, dan masih banyak lagi.

Kedua, luangkan waktu untuk belajar bermain musik, apalagi jika kamu memulai pelajaran dari nol. Kamu harus belajar mengenal nada dan memainkannya dengan alat musik yang dimiliki. Semakin sering berlatih, kamu akan semakin terbiasa dan mengetahui kuncinya.

Ketiga, belajar dari internet. Saat ini, ada banyak tutorial bermain musik yang bisa kamu pelajari dari YouTube. Ketahui apa saja tips yang perlu diperhatikan supaya proses belajar lebih mudah dan cepat. 

Keempat, jika perlu sewa pelatih musik yang profesional untuk membantu kamu belajar. Pelatih akan mengajarkan cara bermain musik dengan tahap yang benar sehingga proses belajar lebih efektif. 

Kelima, fokuslah pada satu alat musik terlebih dahulu. Jangan terlalu berambisi untuk mempelajari banyak alat dalam waktu bersamaan. Inilah beberapa tips untuk belajar bermain musik dengan baik.

Tren Musik 2022

Adanya platform seperti Spotify memudahkan penggemar menikmati musik favoritnya. Bukan hanya aplikasi streaming, kamu juga bisa menikmati musik lewat platform seperti TikTok walaupun tidak utuh. Menurut pengamat, tren musik 2022 masih didominasi oleh lagu yang viral di media sosial itu.

Salah satu yang dianggap masih eksis sejak tahun lalu adalah musik dangdut. Basis penggemar musik dangdut di Indonesia bisa dikatakan sangat besar. Variannya pun semakin beragam dan menarik. Ada banyak musisi dangdut yang telah menghasilkan karya populer dan digandrungi.

Adanya berbagai event yang mengakomodasi dangdut juga menjadi salah satu tanda bahwa genre musik ini semakin diminati. Salah satu di antaranya, kompetisi dangdut yang melahirkan penyanyi baru dan potensial.

Pada musik dangdut, alat yang digunakan adalah alat musik ensambel ritmis seperti gendang, seruling, tamborin, dan sebagainya. Jika dimainkan, alat musik ini akan menghasilkan kombinasi bunyi yang enak didengar dan membuat ingin menggoyangkan badan. Itulah salah satu alasan lagu dangdut digemari.

Bermusik Sambil Kuliah

Sambil kuliah, kamu juga bisa belajar bermain musik. Ikuti wadah komunitas yang khusus mengakomodasi minat tersebut. Salah satu contohnya, UKM Bersama Dalam Musik (BDM) yang ada di BINUS UNIVERSITY. UKM ini berdiri pada 15 September 2013 dan bertujuan untuk mewadahi mahasiswa yang ingin mengembangkan diri di bidang musik, khususnya big bang, ensembel, atau orchestra.

Belajar musik dalam komunitas tentu akan mempermudah proses belajar itu sendiri. Bukan hanya berlatih bermain musik, kamu juga dapat mengikuti sejumlah kegiatan yang berguna menambah ilmu seputar musik. Salah satu program BDM adalah Benchmark yaitu saling bertukar wawasan mengenai musik.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti Internal Competition yang diadakan secara berkala untuk mengukur kemampuan kamu bermain musik. Untuk menambah pengalaman, ada event Konser Akhir Tahun yang bisa kamu manfaatkan dengan maksimal.

Tidak lupa, kamu juga bisa ikut berkontribusi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat lewat musik. Caranya adalah dengan berbagi tentang cara bermusik kepada orang lain dalam event tertentu.

Jadi, bergabung dengan BDM akan membuat kamu dapat mengembangkan diri di bidang musik selama menjadi mahasiswa. Selain itu, dengan bermain musik, kamu bisa melakukan hal positif bagi orang lain. Tertarik untuk mencobanya?