Selain untuk menjawab kebutuhan revolusi industri 4.0, konsep digital learning ecosystem juga dianggap sebagai solusi terbaik untuk menghadapi pandemi Covid-19.  Saat ini, perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki ekosistem pembelajaran digital yang sudah siap secara utuh adalah BINUS University. 

Berdiri sejak 1 Juli 1981, BINUS selalu memastikan bahwa kurikulum dan fasilitas pendukung pembelajaran di kampusnya memiliki standar internasional. Oleh karenanya, kampus ini selalu sigap dalam beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi di tingkat global. Untuk itu, berikut ini penjelasan seputar berbagai fasilitas pendukung digital learning ecosystem di BINUS. 

Fasilitas Digital untuk Mendukung Aktivitas Mahasiswa

Digital Learning Ecosystem
Sumber : Zeha Blog

Digital learning ecosystem tidak hanya tentang mengunggah materi ajar yang seharusnya disampaikan lewat tatap muka ke internet. Namun, konsep ekosistem pembelajaran digital yang baik harus bisa memenuhi beberapa elemen kontekstual berikut: keterampilan mengajar, lingkungan studi, keterampilan belajar, keterampilan pengajar, konten pembelajaran, penyelenggara pendidikan, dan teknologi digital. 

Dalam hal ini, fasilitas belajar yang berbasis teknologi digital menjadi salah satu elemen yang harus ada dalam pelaksanaan digital learning ecosystem. Nah, berikut ini beberapa online learning platforms dari BINUS yang bisa dipakai mahasiswa untuk belajar secara daring. 

  • BINUS Mobile for Student

Untuk meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa, BINUS sudah menyediakan aplikasi mobile ini. Mahasiswa bisa memanfaatkan BINUS Mobile for Student untuk mengakses informasi yang berhubungan dengan kegiatan perkuliahan dan detail lainnya. Aplikasi seluler ini bisa diunduh dengan mudah lewat Windows Store, AppStore, dan Google Play Store. 

  • BINUSMAYA

Dalam digital learning ecosystem, komunikasi yang baik antara mahasiswa, penyelenggara kampus, dan dosen harus berjalan secara lancar. Untuk itu, Binusian dapat menggunakan platform online yang disebut BINUSMAYA. Dibangun dan dikembangkan secara khusus oleh kampus BINUS, platform online ini berupa Learning Management System. 

Dengan adanya BINUSMAYA, proses pembelajaran berbasis teknologi di BINUS dapat berjalan secara maksimal lewat Multi Channel Learning. BINUSMAYA bisa diakses secara langsung lewat browser atau mahasiswa bisa mengunduhnya di App Store dan Google Play Store. 

  • BINUS Digital Content

BINUSIAN juga bisa memanfaatkan platform ini untuk mengakses lebih dari 35.000 konten digital yang tersimpan di dalamnya. Dengan demikian, para mahasiswa bisa lebih mengembangkan wawasan dan pengalaman belajar digitalnya. 

  • BINUS on iTunes U

Terus berinovasi di bidang pendidikan, BINUS juga telah bekerja sama dengan Apple iTunes U (iTunes University) untuk memperluas akses konten digitalnya ke pengguna global. Kini, digital content dari beberapa mata kuliah BINUS dapat diakses melalui iTunes U—yang tersedia dalam bentuk video. Bahkan, langkah inovatif ini telah menjadikan BINUS sebagai institusi pendidikan pertama dan satu-satunya di Indonesia yang telah berkontribusi di bidang pembelajaran global, khususnya terkait dengan pemberian akses konten digital lewat iTunes U.

Ruang Laboratorium dengan Teknologi Mutakhir 

Bukti lain yang menunjukkan bahwa digital learning ecosystem BINUS sudah terbangun dengan baik adalah ketersediaan laboratorium berbasis teknologi digital yang mutakhir. 

  • Lab iMac

BINUS memastikan bahwa kegiatan video editing dan desain yang dilakukan para mahasiswa dapat memenuhi standar internasional. Salah satu caranya tentu dengan membangun ruang lab yang memiliki fasilitas mumpuni. Lab iMac pun bisa dikatakan sebagai salah satu fasilitas paling mentereng di kampus BINUS. Bahkan, fasilitas semacam itu sulit dijumpai di perguruan tinggi lain di Indonesia. Di dalam lab ini, tersedia 30 iMac untuk mahasiswa dan 1 iMac bagi dosen. Semua perangkat iMac di ruang ini juga sudah dipasangi software seperti aplikasi untuk desain 3D dan Adobe Creative Colud.

  • Smart Class

Untuk mendukung konsep pembelajaran digital, BINUS juga menyediakan smart class yang sudah dilengkapi fasilitas teleconference. Dengan begitu, kegiatan mengundang narasumber secara online bisa dilakukan dengan mudah. Pun, aktivitas seperti presentasi karya dan ide oleh mahasiswa, bisa dilaksanakan secara lancar di ruang kelas yang sudah menerapkan smart technology ini. 

Itulah beberapa fasilitas keren yang dimiliki BINUS dalam rangka menyukseskan digital learning ecosystem. Dengan adanya semua fasilitas tersebut, proses pembelajaran digital di kampus ini dapat terlaksana secara optimal dan tentunya sudah memenuhi standar internasional.