BINUS UNIVERSITY

    Bagaimana Tren Metaverse Mendukung Inovasi di Era Kini?

    Teknologi metaverse diperkirakan akan merajai berbagai bidang, mulai dari bisnis, properti, hingga hiburan. Teknologi yang menggunakan AR dan VR untuk menciptakan dunia virtual tiga dimensi ini sekarang semakin dekat dengan Indonesia, bahkan menawarkan potensi untuk berbagai inovasi masa depan. salah satunya lewat Tren Metaverse yang ada di indonesia saat ini.

    Penggunaan metaverse saat ini memang belum begitu luas kecuali pada bidang tertentu. Pertanyaannya, bisakah teknologi ini mendukung inovasi masa depan dan menciptakan tren usaha baru? 

    Tren Metaverse
    Sumber : Tekno Tempo

    Manfaat Metaverse dalam Berbagai Bidang 

    Dunia digital 3D yang dihadirkan metaverse bukan hal baru di Indonesia, dan bahkan berpotensi untuk dikembangkan demi mendukung inovasi di berbagai bidang usaha. Hal ini disampaikan Dr. Indrawan Nugroho, CEO & Co-founder perusahaan konsultasi inovasi korporasi CIAS dalam Studium Generale BINUS UNIVERSITY bertema Berinovasi di Era Metaverse.

    Menurut Dr. Indrawan, dunia game telah lama menjadi penerapan teknologi metaverse yang paling populer. Berbagai jenis game memiliki dunia digital di mana orang berinteraksi dengan nama dan avatar tertentu. Perusahaan seperti Facebook dan Microsoft juga telah memulai tren metaverse untuk pengguna produk mereka. Di masa depan, dunia metaverse akan menjelma menjadi duplikat digital di mana bisnis seperti layanan keuangan, iklan, dan berbagai bisnis bisa berinteraksi di dalamnya.

    Dengan teknologi ini, para pekerja, pemilik bisnis, dan kaum profesional bisa menembus batas-batas fisik untuk berkolaborasi, bekerja sama, bertransaksi, dan menemukan peluang kerja. Teknologi ini juga semakin populer di era pandemi dan pasca-pandemi di mana semakin banyak orang merasa nyaman bekerja dari rumah dan menghemat biaya transportasi.

    Metaverse dan Inovasi

    Sebelum era digital, inovasi kerap terhambat karena adanya halangan fisik, jarak, perbedaan bahasa, dan koneksi. Di era metaverse, hal tersebut bisa diatasi sehingga inovasi bisa menjadi lebih baik.

    Kemudahan interaksi dan kolaborasi dalam ekosistem metaverse memudahkan orang dari seluruh dunia untuk berkolaborasi demi inovasi. Pertukaran ide dan kerja sama bisa terjadi tanpa terhalang lokasi, dan eksekusinya bisa dilakukan di dunia digital yang diciptakan. Hal ini karena setiap orang berkomunikasi menggunakan duplikat digital yang mewakili mereka, seperti dalam dunia game.

    Dengan hilangnya batas-batas fisik, jarak, dan koneksi, kamu bisa bergabung dengan tim kerja di mana saja di seluruh dunia. Kamu bisa “bertemu” dengan anggota tim di dunia metaverse untuk langsung berdiskusi tentang rencana inovasi. Hasilnya pun bisa kamu terapkan secara nyata di ekosistem metaverse, bukan hanya simulasi. Adopsi teknologi dan transaksi keuangan pun bisa dilakukan di ekosistem digital ini.

    Peran BINUS UNIVERSITY dalam Perkembangan Metaverse

    Sebagai universitas kelas dunia yang terkenal dengan lulusan berkualitas, BINUS UNIVERSITY telah mulai menjajal potensi era metaverse. Melalui kerja sama dengan WIR Group, perusahaan pengembang AR dan VR, BINUS UNIVERSITY telah berkomitmen untuk mengembangkan metaverse sebagai bagian dari tren bisnis dan inovasi di Indonesia.

    Masih dalam Studium Generale Berinovasi di Era Metaverse, Chief Metaverse Officer PT WIR Asia Stephen Ng memuji potensi BINUS UNIVERSITY sebagai rekan pengembangan teknologi metaverse di Indonesia. Menurutnya, BINUS UNIVERSITY merupakan universitas yang mencetak lulusan dengan daya kompetisi tinggi serta kemampuan mengelola teknologi terbaru yang dibutuhkan untuk menciptakan ekosistem metaverse.

    BINUS UNIVERSITY menyiapkan BINUSIAN agar siap menghadapi era perkembangan metaverse di masa depan. Selain penerapan kurikulum kelas dunia dan pengenalan terhadap teknologi AR serta VR terkini, BINUS UNIVERSITY juga menawarkan beberapa program pengayaan seperti kuliah di luar negeri, proyek penelitian, kuliah S2, hingga magang (internship). WIR Group bahkan menawarkan kesempatan magang untuk BINUSIAN sebagai bentuk pengenalan terhadap teknologi pendukung metaverse.

    Perkembangan metaverse semakin meluas dan akan meliputi berbagai bidang, termasuk bisnis. Hal ini akan mendorong berbagai inovasi demi menciptakan ekosistem digital yang mampu menjadi duplikat pengalaman kita di dunia nyata. Berminat terhadap potensi metaverse? Daftarkan dirimu di BINUS UNIVERSITY dan jadilah salah satu inovator masa depan di dunia metaverse.