Punya kesempatan menerapkan langsung ilmu yang didapat selama kuliah adalah pengalaman tak ternilai. Salah satu program unggulan di BINUS UNIVERSITY, yakni program COMDEV BINUS dapat membantu kamu mewujudkannya. Apa sih keuntungan mengikuti program ini? 

Selama dua tahun pertama, kamu akan mengikuti kuliah di kampus asal. Satu tahun berikutnya, boleh menjalani masa kuliah di kampus BINUS di kota lain yang kamu pilih. Lalu, sebagai tambahan, kamu bisa mengikuti program enrichment selama satu tahun.

Ada 7 jalur dalam program Enrichment yang bisa kamu pilih. Salah satu yang paling seru adalah program Pengabdian Sosial atau Community Development (COMDEV) Track. Apa itu?

COMDEV BINUS
Sumber : Binus

Komitmen Fostering and Empowering the Society

BINUS UNIVERSITY merupakan salah satu perguruan tinggi Indonesia berkelas dunia yang menyandang predikat 4 Star dalam jajaran universitas terbaik Asia 2021. Pencapaian ini adalah perwujudan visi “Fostering and Empowering the Society”, yaitu komitmen BINUS melalui komunitas BINUSIAN dalam membina dan memberdayakan komunitas dengan pendidikan berkualitas.

Program enrichment Community Development dirancang khusus untuk mahasiswa yang ingin mengabdikan diri untuk berkontribusi meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Jadi, kamu bisa mengimplementasikan ilmu dan teori selama masa kuliah dengan berinteraksi langsung dengan komunitas dan masyarakat.

Apa Itu Community Development Track?

COMDEV Track BINUS dijalankan oleh BINUSIAN dalam misi meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia serta komunitas secara global. Berperan dalam COMDEV akan mengasah soft skills mahasiswa. Terutama Integritas, Kesukarelaan, Kepedulian, Empati, Inisiatif, dan Solutif.

Kamu bisa berperan serta sebagai relawan tenaga pengajar (sesuai bidang ilmu dan keahlian) ataupun turun langsung dalam kegiatan-kegiatan sosial. Misalnya, ketika penyerahan bantuan bencana.

Proses penempatan akan dilakukan melalui Teach for Indonesia (TFI)—program bina komunitas yang fokus pada pendidikan dan pengajaran. Mahasiswa boleh mengajukan rekomendasi institusi kepada TFI untuk terlebih dahulu dilaksanakan verifikasi dan persetujuan.

Beberapa aktivitas COMDEV Track yang telah dilaksanakan yaitu:

  • 2016-2017: Mengajarkan Bahasa Mandarin di Sumba Barat (Sekolah St. Pieter).
  • 2017: Pelatihan desain menggunakan pen tools di Yayasan Sahabat Anak.
  • 2019: Bimbel Bahasa inggris melalui metode pembelajaran langsung dan visualisasi permainan berbasis mobile di Ds. Rengasdengklok Selatan.
  • 2020: Pengajaran basic conversation English kepada guru-guru PAUD Palmerah, Jakarta Barat.
  • Dan masih banyak lagi.

Benefit Program COMDEV Track

Berpartisipasi dan berperan aktif dalam jalur COMDEV secara tidak langsung memberi beberapa manfaat, seperti:

  • Pengalaman berharga dan berbeda yang mungkin tidak akan didapatkan di kampus atau program lain.
  • Kamu punya kesempatan memperluas networking.
  • Soft skills makin terasah karena bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Kamu jadi bisa belajar lebih banyak tentang cara bekerja sama, berkomunikasi, bermusyawarah, dan lain sebagainya.
  • Terbiasa dengan penerapan prioritas agar setiap kegiatan yang dijalani selesai on time.
  • Punya kesempatan untuk mendalami ilmu dan keahlian. Terutama bila kamu berperan sebagai tenaga pengajar karena tentu harus mempersiapkan dan mempelajari kembali materi-materi yang akan diajarkan.

Cara Bergabung dalam Program COMDEV

Kamu bisa mengajukan diri sebagai anggota Community Development Track melalui laman resmi program di https://student.binus.ac.id/community-development-track/. Atau melalui website TFI di http://www.teachforindonesia.org

Bila ingin lebih praktis, kamu bisa bertanya dan mendiskusikan langsung dengan narahubung yang bertugas. Selain itu, konsultasi juga tersedia melalui email di alamat comdevtrack@gmail.com.

Semua BINUSIAN boleh mendaftarkan diri sebagai anggota Enrichment Program: Community Development Track. Namun, bila kamu belum menjadi seorang BINUSIAN, sekarang adalah saatnya!