Kamu mungkin pernah mendengar ada seseorang yang menjalani perkuliahan di dua kampus berbeda dengan dua jurusan berbeda. Kasus seperti ini memang ada dan alasannya bermacam-macam. Ada yang memang karena tertarik dengan kedua jurusan yang diambilnya. Ada juga yang sekadar ingin mengukur kemampuan dan mendapatkan 2 gelar dalam waktu yang sama. BINUS UNIVERSITY sendiri mempunyai program yang bisa mewujudkan keinginan kalian berikut, mari kita simak berikut.

Di antara sekian banyak perguruan tinggi di Indonesia, BINUS UNIVERSITY menjadi salah satu yang terdepan dalam menyediakan kuliah dengan prodi ganda atau Double Programs.

BINUS UNIVERSITY
Sumber : Binus

Kuliah Efektif, Dapat 2 Gelar Sekaligus

Jika ada mahasiswa yang mengambil program ganda di dua kampus berbeda, tantangannya tentu berat. Apalagi saat harus menyesuaikan jadwal antara satu kampus dengan kampus lainnya. Hal ini bisa dihindari kalau kamu mengambil Double Programs di BINUS UNIVERSITY. Mengapa?

Karena programnya resmi dari kampus, jurusan yang boleh “disatukan” juga sudah diatur. Baik dari segi mata kuliah ataupun jadwalnya, semua disusun secara efektif agar BINUSIAN yang mengikuti program ini bisa menyelesaikan kuliahnya dengan baik. Jadi, mata kuliah yang sifatnya dasar, tidak perlu diulang lagi.

Pun, karena jurusan yang diambil ada 2, jumlah SKS dan mata kuliah yang harus diikuti oleh BINUSIAN yang mengambil Double Programs tentu lebih banyak daripada kelas reguler. Pada program reguler, kamu hanya butuh waktu kurang lebih 4 tahun untuk menyelesaikan pendidikan. Namun, jika kamu mengambil Double Programs, masa pendidikannya tentu akan jadi lebih panjang, bisa sampai 5 tahun. Setelah lulus, alumni akan mendapatkan 2 gelar berdasarkan jurusan yang diambilnya.

Jurusan Apa Saja yang Tersedia untuk Double Programs di BINUS UNIVERSITY?

Meskipun namanya Double Programs, tetapi BINUS UNIVERSITY memang sudah memasangkan dua prodi yang saling mendukung. Kamu bisa memilih salah satu dari opsi berikut ini!

1. Interactive Design and Technology

Program studi ini didesain untuk penerapan teknologi dalam bidang desain interaktif. Ilmu yang diajarkan dalam program ini akan sangat berguna bagi kamu yang ingin menjadi digital marketer. Double Program Interactive Design and Technology saat ini tersedia di BINUS @Malang dan BINUS @Bandung. 

2. Digital Business Innovation

Bisnis digital yang sedang maju pesat membutuhkan orang-orang baru yang memiliki inovasi tinggi. Kamu bisa mendapatkannya dengan bergabung bersama program Digital Business Innovation yang juga tersedia di BINUS @Malang dan BINUS @Bandung. 

3. Computer Science & Mathematics

Seperti yang kita ketahui, kedua disiplin ilmu ini memang saling menunjang satu sama lain, terutama untuk BINUSIAN yang ingin bekerja di bidang teknologi. Perpaduan kemampuan komputer dengan matematika komputer, matematika dasar, dan analisa matematika akan mempersiapkan BINUSIAN bekerja menjadi konsultan IT, analis bisnis, hingga software developer.

4. Computer Science & Statistic

Selain matematika, statistik juga merupakan kemampuan yang peluang kerjanya paling besar di era data dan teknologi yang semakin canggih. Dengan mengambil 2 prodi ini, kamu akan siap bekerja menjadi seorang pengembang database, analis sistem, market researcher dan lain sebagainya.

5. Information Systems & Management

Untuk kamu yang ingin mendalami saintek sekaligus soshum, 2 jurusan ini merupakan kombinasi yang tepat. Program yang terbuka untuk alumni SMA semua jurusan ini akan mempersiapkan alumninya menjadi seorang pelaku bisnis digital, manajer informasi, konsultan sistem informasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Information System & Accounting

Setelah lulus dari Double Programs ini, kamu akan mendapatkan 2 gelar sekaligus yakni Sarjana Ekonomi (SE) dan Sarjana Komunikasi (S. Kom) dengan ketentuan sudah menyelesaikan sebanyak 202 SKS. Meski berasal dari 2 rumpun yang berbeda, keduanya saling mendukung di dunia kerja. Nantinya, kamu akan memiliki kemampuan membuat keputusan finansial, melakukan audit, memberikan solusi terkait pajak perusahaan hingga merekomendasikan keputusan keuangan bagi perusahaan tempatmu bekerja.

Memilih Double Programs mungkin terasa menakutkan bagi sebagian orang. Namun, dengan tekad dan kedisiplinan, siapa pun bisa mengikutinya. Selain bisa mendapatkan 2 gelar sekaligus, kamu juga akan menguasai 2 disiplin ilmu yang akan mendukungmu di dunia kerja nanti.