BINUS UNIVERSITY

    5 Program Student Exchange yang Bisa Dicoba oleh Mahasiswa Japanese Literature

    Sebagai negara yang mampu mengkolaborasikan teknologi, budaya, dan pariwisata, wajar jika Jepang menjadi salah satu negara impian untuk dikunjungi. Entah untuk berlibur, bekerja, ataupun melanjutkan pendidikan. Nah, bagi kamu para Binusian terutama dari Japanese Literature, ada cara yang patut dicoba yakni dengan mengikuti program student exchange. 

    Program ini tentu menawarkan banyak pengalaman dan manfaat tak hanya di bidang akademik, tetapi juga non-akademik, sosial, dan budaya. Bahkan, sebagai mahasiswa Japanese Literature BINUS UNIVERSITY kamu bisa secara langsung mendalami budayanya serta memperluas relasi/jejaring. Satu hal yang juga tak kalah penting, pengalaman ini akan membuat catatan CV atau daftar riwayat hidupmu lebih keren dan berkualitas. 

    Japanese Literature
    Sumber : Global Colliance

    Jika tertarik, berikut beberapa universitas ternama di Jepang yang telah bekerjasama menyelenggarakan program student exchange dengan BINUS UNIVERSITY. 

    1. Kindai University

    Bagi para mahasiswa pecinta riset, universitas yang berdiri sejak tahun 1949 ini bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, kampus yang berbasis di kawasan Osaka ini telah diakui sebagai salah satu pusat penelitian terkemuka di Jepang. Di kampus yang juga dikenal dengan sebutan Universitas Kinki ini, kamu akan merasakan atmosfer pendidikan yang benar-benar relevan dengan dunia nyata. Dengan program berkualitas, dijamin para peserta bisa mendapat banyak pengalaman berharga termasuk bisa merasakan hidup di tengah masyarakat negeri sakura. 

    1. Tama University

    Universitas swasta yang berlokasi di Tama – Tokyo ini juga merupakan mitra program pertukaran pelajar BINUS UNIVERSITY. Kampus yang berdiri sejak tahun 1989 ini menawarkan program student exchange selama 1-2 semester dengan pola pembelajaran berbasis pada mahasiswa (student centered)

    Di sini, kamu akan belajar banyak hal, mulai dari budaya, kehidupan sosial, isu global, hingga masalah pendidikan. Ukuran kelas yang kecil terbilang sangat menguntungkan mengingat pembelajaran cenderung lebih efektif. Manfaatkan berbagai aktivitas diskusi dan kamu pun berkesempatan mendapatkan berbagai pandangan dan pengetahuan baru tentang dunia. 

    1. Tokyo Metropolitan University

    Tokyo Metropolitan University atau yang lebih populer dengan sebutan TMU merupakan satu-satunya universitas di bawah naungan Pemerintah Metropolitan Tokyo. Kampus negeri ini juga dikenal sebagai salah satu Universitas Riset Publik terbaik di Jepang sehingga sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin meningkatkan keterampilan penelitian. 

    Tersedia setidaknya 7 fakultas dengan 23 departemen yang bisa dipilih sesuai dengan spektrum bidang akademik yang hendak kamu tekuni. Dengan program student exchange ini, mahasiswa Japanese Literature BINUS UNIVERSITY berkesempatan untuk bisa mengenyam pendidikan di negeri sakura selama 1-2 semester. 

    1. Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) 

    Bagi kamu yang ingin mencicipi pendidikan ala Jepang bertaraf internasional, Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) adalah pilihan tepat. Pasalnya, kampus swasta yang berlokasi di Prefektur Oita ini merupakan kampus berskala internasional dengan jumlah mahasiswa asing terbanyak. Karenanya, tak heran jika atmosfer pendidikan yang tercipta sangat unik dan multikultural. 

    Namun, perlu diketahui bahwa kampus yang berdiri sejak tahun 2000 ini cenderung fokus pada kajian-kajian yang berkaitan dengan masalah global di lingkungan Asia Pasifik. Entah itu soal perdamaian, kemanusiaan, ekonomi, politik, budaya, dan lainnya. Sangat cocok bagi mahasiswa Japanese Literature, khususnya yang tertarik mempelajari berbagai pengetahuan dan isu global. 

    1. University of Toyama

    Bagi BINUSIAN yang ingin merasakan pendidikan di kampus nasional Jepang, Universitas Toyama bisa menjadi pilihan. Tak hanya menawarkan sistem pembelajaran yang komprehensif, kamu pun berkesempatan untuk terlebih dulu menikmati kursus bahasa Jepang selama kurang lebih enam bulan. Tentunya, di sini para peserta akan belajar secara langsung di tengah masyarakat lokal sekaligus beradaptasi dengan cara hidup dan sistem pendidikannya. 

    Penting untuk diketahui, kampus yang telah ada sejak tahun 1949 ini merupakan gabungan dari tiga bekas universitas nasional yakni; Perguruan Tinggi Nasional Takaoka, Universitas Toyama, dan Universitas Kedokteran dan Farmasi Toyama. Karenanya, tak heran jika saat ini Universitas Toyama terdiri dari 3 kampus dengan bidang kajian berbeda. Untuk lokasi, kampus ini terletak di Prefektur Toyama, atau sekitar dua jam perjalanan dari Tokyo. Letaknya yang berada di pesisir Laut Jepang, menjadikan kawasan ini juga kaya akan panorama eksotik. 

    Nah, itulah beberapa program pertukaran pelajar yang bisa dicoba di tahun ini. Jangan lupa perhatikan syarat dan ketentuan agar proses pendaftaran bisa menjadi lebih mudah. Umumnya, syarat pendaftaran ini berkenaan dengan nilai akademik, kemampuan bahasa asing khususnya bahasa Inggris dan Jepang, pengetahuan umum, serta kesehatan. Jadi, yuk segera siapkan diri dan wujudkan mimpi pergi ke Jepang!