BINUS UNIVERSITY terkenal sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik dalam negeri yang mempunyai kualitas sebagai world class university. BINUS pun terus berupaya dalam menjaga dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan dengan salah satu cara yaitu membuat enrichment track Specific Independent Study. Dengan begitu, BINUS mampu menciptakan mahasiswa yang punya daya saing tinggi saat terjun ke dunia kerja. 

Untuk menunjang kualitas layanan pendidikan, BINUS UNIVERSITY melakukan inovasi secara berkala lewat berbagai program. Salah satunya adalah Enrichment Program yang merupakan program unggulan BINUS UNIVERSITY. Program ini terbagi menjadi beberapa pilihan track. Salah satunya adalah Specific Independent Study Track. 

Specific Independent Study
Sumber : Genmuda

Specific Independent Study Track Sebagai Pembekalan Keahlian Para BINUSIAN

Specific Independent Study Track merupakan program yang secara khusus dirancang BINUS agar para BINUSIAN siap dalam menghadapi tantangan disrupsi digital. Melalui enrichment track yang satu ini, BINUSIAN akan memperoleh berbagai pilihan bekal keahlian selain pengetahuan yang berkaitan dengan program studi masing-masing. 

Dalam pelaksanaannya, Specific Independent Study Track berlangsung selama 16 pertemuan dalam satu semester. Setiap pertemuan akan dilakukan dengan pemberian materi oleh dosen praktisi yang mempunyai latar belakang dari berbagai sektor industri. Dengan begitu, BINUSIAN akan memperoleh penjabaran materi secara lebih jelas bersumber dari ahlinya. 

Manfaat Program Specific Independent Study Track

BINUSIAN bisa memperoleh banyak manfaat ketika memilih Specific Independent Study Track. Manfaat tersebut antara lain adalah: 

  • 1. Sarana Meningkatkan Skill

Manfaat pertama yang bisa didapatkan BINUSIAN adalah kesempatan memperoleh keterampilan baru. Skill yang mereka dapatkan dari program ini dapat menjadi bekal tambahan sebelum terjun ke dunia kerja. Dengan begitu, mereka akan memiliki nilai lebih dibandingkan para kompetitor. 

  • 2. Pilihan Keterampilan yang Beragam

BINUS menyediakan materi pembelajaran yang variatif dalam Program Specific Independent Study Track. Para BINUSIAN pun mempunyai kebebasan dalam menentukan tema pembelajaran yang mereka ikuti. Oleh karena itu, tidak heran kalau program ini merupakan salah satu wujud nyata penerapan Kampus Merdeka Belajar di BINUS. 

  • 3. Pemaparan Materi yang Menarik

Manfaat yang tak kalah penting adalah kesempatan menerima ilmu secara langsung dari ahlinya. Ilmu-ilmu tersebut bukan sekadar teori, melainkan berdasarkan pengalaman yang mereka peroleh selama terjun ke dunia kerja. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh pemaparan materi yang lebih menarik. 

Pilihan Tema Pembelajaran Dalam Specific Independent Study Track

Ada 6 pilihan tema keterampilan yang bisa BINUSIAN dapatkan ketika memilih Enrichment Track Specific Independent Study, yaitu: 

  • 1. Digital Marketing

Opsi pertama adalah materi yang berkaitan dengan digital marketing. Dalam materi ini, kamu bisa belajar tentang cara pemasaran yang efektif menggunakan berbagai kanal di dunia digital, mulai dari website, search engine, email, media sosial, dan lain sebagainya. 

  • 2. Social Media

Ada pula materi yang memberi kesempatan kamu dalam memanfaatkan media sosial secara lebih positif. Di sini, kamu akan belajar tentang penggunaan sosial media sebagai sarana branding. Pengetahuan ini sangat berguna dalam membangun citra yang positif di mata orang lain. 

  • 3. Data Analytics

Selanjutnya adalah tema data analytics. Keahlian dalam bidang analisis data mempunyai peran yang sangat sentral di era big data seperti sekarang. Keahlian ini mempunyai banyak manfaat dalam proses analisis data dalam jumlah sangat besar. Berkat proses analisis data tersebut, kamu akan mendapati banyak informasi penting dan berharga dalam bisnis.  

  • 4. UI/UX Designer

BINUS juga menyediakan materi pembelajaran yang secara khusus mengajarkan tentang UI/UX designer dalam Program Specific Independent Study Track. Pilihan kegiatan ini menjadi modal penting bagi kamu dalam merancang desain yang tidak hanya menarik, tetapi juga memberi kenyamanan bagi para penggunanya. 

  • 5. Business Development

Tema business development juga bisa kamu dapatkan melalui Program Specific Independent Study Track. Keahlian ini sangat penting dalam menunjang kelangsungan bisnis sebuah perusahaan dalam jangka panjang.  

  • 6. Project Management

Terakhir, kamu dapat memilih tema pembelajaran project management. Pengetahuan terkait tema ini dapat membantu kamu dalam mengelola sebuah proyek secara lebih efektif dan efisien. 

Nah, itulah penjabaran singkat mengenai  Program Specific Independent Study Track yang bisa kamu temukan di BINUS. Tertarik dengan program ini? Yuk, daftar menjadi BINUSIAN!