BINUS UNIVERSITY

    Tesla akan Bangun Pabrik di Jawa Tengah, Simak Faktanya

    Kalau kamu mengenal Elon Musk, kamu pasti tahu Tesla. Inc, merupakan perusahaan otomotif dan energi yang berbasis di Texas. Selain dikenal dengan produk penyimpanan energi baterai hingga panel surya, mobil listrik adalah salah satu produk Tesla yang paling terkenal. Kabar gembiranya, Tesla konon akan segera membangun pabrik sendiri di Indonesia, tepatnya di Batang, Jawa Tengah.

    Seperti yang kita ketahui, beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi sempat bertemu dengan Elon Musk selaku CEO Tesla. Pertemuan ini membuahkan hasil yang dikonfirmasi langsung oleh Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia. Tesla disebut menaruh minat untuk berinvestasi pada mobil listrik dan ekosistem baterai mobil di Indonesia. Rencananya, perusahaan yang berdiri pada tahun 2003 silam itu akan membangun pabrik di Batang.

    Pemerintah Lakukan Pendekatan pada Tesla dan Foxxconn

    Tesla
    Sumber : Gooto

    Awal mula rencana masuknya Tesla ke Indonesia bermula dari pertemuan antara Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan dengan Elon Musk. Bersama dengan Bahlil Lahadalia yang ditugaskan mendekati Foxconn, Luhut diminta untuk ‘merayu’ Tesla agar mau masuk pasar Indonesia. Sempat tarik ulur beberapa waktu, Elon Musk akhirnya bertemu langsung dengan Presiden Jokowi. Berkat presiden, Tesla akhirnya memutuskan untuk menginjakkan kaki ke tanah air.

    Masuknya Tesla secara khusus akan meningkatkan citra Batang sebagai kawasan industri di Jawa Tengah. Dengan berbagai perusahaan besar seperti LG, Foxconn dan Tesla, Batang akan menjadi salah satu daerah industri terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Dalam beberapa tahun ke depan, Bahlil Lahadalia juga menyebut ada beberapa perusahaan besar lain yang akan menyusul masuk.

    Jadi Negara Keempat di Dunia yang Punya Pabrik Tesla

    Tesla
    Sumber : Kompas

    Rencana masuknya Tesla ke tanah air tentu menunjukkan kepercayaan perusahaan tersebut pada iklim investasi di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, saat ini Tesla memproduksi mobil-mobil mereka di 3 benua. Pabrik mobil listrik Tesla sejauh ini ada di Cina, Jerman dan Amerika Serikat. Tidak hanya mobil listrik, pabrik-pabrik tersebut juga turut membuat supercharger hingga baterai lithium-ion.

    Sebagai negara keempat yang akan menjadi markas Tesla, Indonesia tentu patut berbangga. Tapi, tentu saja masih banyak hal lain yang perlu dipersiapkan untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan tersebut di Indonesia. Selain dengan menyediakan infrastruktur yang mumpuni, sumber daya manusia dengan kualifikasi yang mumpuni juga dibutuhkan untuk mengisi berbagai posisi di perusahaan tersebut nantinya.

    Industrial Engineering BINUS @Semarang, Siap Mencetak Calon Tenaga Kerja Berkualitas

    Tesla
    Sumber : Binus

    Dengan pengalaman lebih dari 40 tahun, BINUS UNIVERSITY selalu bertekad untuk mencetak calon tenaga kerja yang andal. Selain untuk mengisi posisi di perusahaan nasional, tenaga kerja berkualitas ini juga dibutuhkan untuk perusahaan-perusahaan asing yang masuk ke Indonesia seperti Tesla.

    Jurusan Industrial Engineering @Semarang adalah tempat yang tepat bagi kamu yang ingin mengejar karier di perusahaan ternama seperti Tesla. Dengan kurikulum yang diadaptasi dan disesuaikan dengan perkembangan globalisasi, kami siap membentukmu menjadi calon insinyur yang siap bersaing di dunia kerja. Prodi ini juga sudah mendapatkan akreditasi ABET yang merupakan akreditasi bergengsi  kelas dunia untuk jurusan teknik dan sains.

    Program studi Industrial Engineering dirancang dengan menekankan penerapan fundamental engineering yang menyeimbangkan antara teori, desain dan pengalaman. Prodi ini juga memberikan kebebasan kepada para mahasiswanya untuk mempelajari topik tertentu secara luas dan mendalam lewat 3 jalur yang ditawarkan yakni Manufacturing Systems, Supply Chain Engineering dan Service Systems Engineering. 

    BINUSIAN yang lulus dari Industrial Engineering BINUS @Semarang memiliki beragam peluang kerja dalam berbagai sektor industri mulai dari bidang manufaktur, research and development dan masih banyak yang lainnya. Jangan tunggu lagi, segera daftarkan diri dan lesatkan kariermu bersama BINUS @Semarang!