Survei iPrice dan Venturra Tahun 2017 menyebutkan BINUS UNIVERSITY sebagai salah satu kampus yang sukses dalam menciptakan banyak pendiri startup. Startupstartup kreasi para BINUSIAN tidak hanya menjadi sekadar penggembira. Namun, keberadaannya mampu memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia secara luas. 

Ada banyak cerita sukses dari para BINUSIAN yang berstatus sebagai founder startup. Beberapa di antaranya adalah William Tanuwijaya (Tokopedia), Edy Budiman (Dewaweb), Kevin Osmond (Printerous), Michael Jovan Sugianto (TaniHub), Jeff Hendrata (Karta.id), Jefriyanto dan Ricky Winata (Payfazz), dan banyak lagi yang lain. 

Kemunculan para founder startup BINUS UNIVERSITY itu bukan hal yang kebetulan. Namun, keberadaan mereka merupakan bagian kurikulum BINUS para entrepreneur andal. Di BINUS UNIVERSITY, kamu tidak hanya bisa menemukan pilihan program studi Entrepreneurship. Namun, ada pula Enrichment Program yang dikenal dengan nama Entrepreneurship Track. 

Apa Itu Program Entrepreneurship Track BINUS?

Entrepreneurship Track BINUS
Sumber : Fresh Boo

Entrepreneurship Track merupakan bagian dari Enrichment Program yang ada di BINUS UNIVERSITY. Program ini berlaku untuk semua mahasiswa BINUS. BINUSIAN dapat berpartisipasi pada Entrepreneurship Track setelah memasuki semester 7 dan berlangsung antara 6 sampai 12 bulan. 

Lewat program ini, BINUSIAN akan memperoleh pengetahuan baru yang kemudian dapat dipraktikkan dalam upaya pendirian bisnis baru. Pengetahuan baru tersebut adalah berkaitan dengan employability dan entrepreneurial skill (EES) yang kemudian dapat dikombinasikan dengan keahlian dasar sesuai dengan jurusan masing-masing. 

Apa yang Didapatkan BINUSIAN dalam Entrepreneurship Track?

Entrepreneurship Track merupakan program yang bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi para BINUSIAN sehingga memiliki pengalaman dalam mendirikan serta menjalankan bisnis. Untuk mencapai tujuan tersebut, para BINUSIAN akan memperoleh berbagai pembekalan sebagai berikut: 

  • 1. Mentoring Bisnis

Pertama adalah fasilitas berupa mentoring bisnis. Para BINUSIAN yang ikut serta dalam Entrepreneurship Track akan mendapatkan pembekalan tentang segala hal yang berkaitan pendirian dan upaya menjalankan bisnis dari dosen berpengalaman serta tenaga ahli. 

Lewat upaya ini, kamu dapat memunculkan ide bisnis yang memiliki potensi besar lewat riset pasar. Dengan begitu, kamu bisa menghasilkan konsep bisnis yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

  • 2. Penyusunan Prototype Produk

Langkah selanjutnya adalah fasilitas yang dapat membantu para BINUSIAN dalam menciptakan prototype produk. Dalam bisnis, pembuatan prototipe merupakan upaya penting sebelum menghasilkan produk yang dapat dipasarkan. 

  • 3. Mendorong BINUSIAN dalam Memperoleh Suntikan Modal

Startup tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan modal yang memadai. BINUS memahami kebutuhan ini. Oleh karena itu, BINUSIAN yang memilih Entrepreneurship Track akan mendapatkan bantuan dalam upaya memperoleh modal usaha. 

Kesempatan ini bisa didapatkan oleh para BINUSIAN ketika konsep bisnis yang mereka miliki memiliki potensi tinggi. Keberadaan investor tidak hanya memberi bantuan terkait modal usaha. Namun, mereka juga dapat terlibat secara langsung dalam proses pengembangan bisnis. 

  • 4. Promosi Konsep Bisnis

Fasilitas terakhir dan tidak kalah penting dalam Entrepreneurship Track BINUS UNIVERSITY adalah promosi konsep bisnis. BINUSIAN punya kesempatan untuk memamerkan konsep bisnisnya dalam berbagai ajang yang diselenggarakan atau diikuti oleh BINUS UNIVERSITY. Contohnya adalah Startup World Cup dan Tech in Asia. Dukungan ini dapat membantu bisnis para BINUSIAN sehingga bisa dikenal luas, tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga level global. 

Nah, itulah penjabaran tentang program unggulan BINUS UNIVERSITY yaitu Entrepreneurship Track yang mendorong terciptanya para entrepreneur muda yang berdaya saing tinggi. Lewat kehadiran para entrepreneur muda tersebut, BINUS mewujudkan upaya nyata dalam mendorong kemajuan ekonomi bangsa. 

Kamu bisa pula menjadi bagian dan berpartisipasi secara langsung dalam upaya membangun bangsa bersama BINUS UNIVERSITY. Caranya gampang. Kamu tinggal melakukan registrasi untuk menjadi salah satu mahasiswa BINUS. Kamu bisa memilih berkuliah di Kampus BINUS @Greater Jakarta, Bandung, Malang, ataupun Semarang. 

Bersama BINUS UNIVERSITY, kamu berpeluang menjadi seorang founder startup sukses. Tak menutup kemungkinan, startup yang kamu dirikan bisa berkembang menjadi unicorn dan bersaing di tingkat global.