Pada tahun 2020, Pemerintah memperkenalkan program baru di dunia pendidikan yang dikenal sebagai Kampus Merdeka. Program ini membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh materi belajar selain program studinya masing-masing. Namun, tahukah kamu kemerdekaan belajar semacam itu telah ada di BINUS sejak lama. salah satu contoh untuk bebas memilih program studi sendiri ialah dengan memilih program studi yang ada di binus yaitu Specific Independent Study Track.

Wujud kemerdekaan belajar yang bisa kamu temukan di BINUS adalah lewat adanya Enrichment program. BINUSIAN punya banyak pilihan kegiatan atau track yang bisa mereka ikuti dalam program ini. Salah satunya adalah Specific Independent Study Track. Kamu pun bisa menjumpai beragam opsi course untuk pengembangan skill di sini. 

Specific Independent Study Track
Sumber : Binus
  • Penyelenggaraan Specific Independent Study Track di BINUS

Dalam Specific Independent Study Track, kamu bisa mengikuti course keahlian tertentu dengan durasi selama 1 semester. Pelaksanaannya merupakan bagian dari kolaborasi antara BINUS UNIVERSITY dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) dalam upaya mewujudkan program Kampus Merdeka Belajar. 

Specific Independent Study Track menjadi pelengkap dari Enrichment Program yang sebelumnya telah berjalan di BINUS. Keberadaannya memberikan kebebasan pemilihan kegiatan belajar secara lebih luas bagi para BINUSIAN. Di waktu yang sama, program ini juga semakin mendorong upaya BINUS dalam mengembangkan pendidikan berkelas dunia. 

Dalam program ini, kamu akan mengikuti kelas pembelajaran yang melibatkan para tenaga ahli serta praktisi yang punya pengalaman luas di dunia industri. Mereka pun mempunyai latar belakang sektor industri yang beragam, seperti industri IT, pendidikan, manufaktur, dan lain sebagainya.

Dalam pelaksanaannya, Specific Independent Study Track dijalankan dalam 16 pertemuan yang terbagi dalam 2 shift, yakni sore dan pagi. Masing-masing pertemuan diselenggarakan dalam 2 sesi. Sesi pertama adalah materi oleh dosen yang kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh dosen praktisi. 

Pilihan Course di Specific Independent Study Track BINUS

Ada banyak pilihan course yang bisa kamu ikuti ketika memilih Specific Independent Study Track dalam Enrichment Program BINUS. BINUS UNIVERSITY secara khusus menyediakan opsi kursus yang berkaitan dengan keterampilan serta keahlian penting di era digital. Pilihan course tersebut adalah: 

  • 1. Digital Marketing

Opsi kursus pertama dalam Specific Independent Study Track BINUS adalah kursus digital marketing. Kursus ini memberi pembekalan berkaitan dengan aktivitas pemasaran produk secara digital. Tenaga seorang digital marketer sangat dibutuhkan perusahaan dari berbagai sektor industri. 

Kursus terkait digital marketing tidak sekadar berkaitan dengan upaya menjual atau menawarkan produk melalui internet. Kamu juga akan memperoleh banyak pembekalan terkait digital marketing, di antaranya adalah search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), email marketing, dan lain sebagainya. 

  • 2. Social Media

Berikutnya adalah pilihan kursus social media. Opsi kursus ini menjadi pembekalan penting bagi kamu dalam memanfaatkan media sosial secara positif. Kamu tidak hanya bisa menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran produk. Namun, kamu dapat pula mempelajari cara penggunaan media sosial sebagai sarana branding

  • 3. Data Analytics

BINUS juga menyediakan opsi kursus data analytics. Bekal pengetahuan yang bisa kamu dapatkan dari kursus ini bisa jadi bekal penting dalam menjalani karier sebagai seorang data analyst. Fakta menarik, data analyst merupakan salah satu profesi menjanjikan yang banyak dicari perusahaan di era digital seperti sekarang. 

  • 4. UI/UX Designer

Ada pula Specific Independent Study Track dengan pilihan kursus UI/UX designer. Melalui kursus ini, kamu memperoleh bekal pengetahuan terkait cara mendesain tampilan aplikasi atau website dengan mempertimbangkan komponen user interface (UI) dan user experience (UX). 

  • 5. Business Development

Berikutnya adalah kursus business development (busdev). Keberadaan tenaga busdev dalam sebuah perusahaan memiliki peran yang sentral. Apalagi, busdev punya peran dalam menjaga interaksi perusahaan dengan pelanggan, pasar, serta relasi bisnis sebagai upaya untuk menciptakan nilai bisnis bagi perusahaan dalam jangka panjang.

  • 6. Project Management

Terakhir adalah pilihan kursus project management. Kursus ini berkaitan dengan pengelolaan serta perencanaan sumber daya dalam penyelesaian sebuah proyek perusahaan. Dalam pelaksanaannya, project management meliputi berbagai aspek, seperti inisiasi, perancangan strategi, pelaksanaan, pengawasan, serta penutupan proyek.

Nah, itulah penjelasan singkat terkait Specific Independent Study Track yang bisa kamu ikuti di BINUS. Kalau ingin tahu lebih banyak, gabung saja dengan BINUS dan menjadi salah satu bagian dari world class university!