Ada sejumlah faktor yang mampu membawa seseorang mendapatkan pekerjaan impiannya. Salah satunya adalah memperkaya pengalaman sekaligus keterampilan yang ada, baik hardskill maupun softskill. nah skill ini bisa didapatkan dan diasah pada track Specific Independent Study.

Tak ingin lulusannya gagal meraih cita-citanya, BINUS UNIVERSITY menghadirkan Enrichment Program demi memperkaya pengalaman serta skill para BINUSIAN. Saat ini sudah ada 7 pilihan Enrichment Program, satu di antaranya adalah Specific Independent Study. 

Apa itu Specific Independent Study? Dan apa manfaatnya bagai BINUSIAN yang mengikutinya? Cek penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Specific Independent Study
Sumber : Binus

Apa Itu Specific Independent Study?

Sebelum berubah nama menjadi Specific Independent Study, dulunya Enrichment Program satu ini dikenal sebagai kredensial mikro. Kredensial mikro sendiri merupakan program sertifikasi atas suatu keterampilan yang dapat diperoleh melalui kursus online. 

Adapun pilihan materi atau kurikulum belajar yang ada di kredensial mikro sangat beragam. Mulai dari hardskill seperti Data Analytic, Business Development, dan Project Management hingga softskill seperti team work dan leadership

Untuk bisa mendapatkan sertifikasi yang diinginkan, peserta akan melalui sejumlah tahap mulai dari pre-test, learning modul, virtual learning, exercise & project, serta melakukan post test. 

Jika kamu ingin mendapatkan keterampilan baru di luar jurusan kuliah, mengikuti Specific Independent Study adalah pilihan terbaik. Sebab, saat memasuki dunia kerja ada kalanya kita dituntut untuk menguasai keterampilan yang bahkan belum pernah kamu pelajari semasa kuliah. 

Belum lagi adanya globalisasi serta kemajuan teknologi yang membuat kompetensi yang dibutuhkan untuk menaklukkan dunia kerja semakin beragam dan spesifik. Dengan mengambil Specific Independent Study kamu bisa menguasai skill secara spesifik dan mendalam. 

Perlu diketahui, orang dengan keterampilan spesifik biasanya memiliki nilai jual lebih tinggi dari lulusan lainnya. Keuntungan lain dari mengikuti program Specific Independent Study adalah pilihan materi pembelajaran yang beragam. 

Melalui program ini kamu bisa mempelajari bidang apapun yang lebih sesuai dengan kebutuhan atau passionmu. Proses belajarnya pun lebih efektif dan efisien karena kamu hanya perlu berkonsentrasi pada satu keterampilan. 

Di BINUS UNIVERSITY, Specific Independent Study digelar selama 1 tahun dari masa perkuliahan. Kalau kamu tertarik mengikuti Specific Independent Study, project management jadi salah satu materi yang bisa dipelajari. 

Project Management: Salah Satu Kurikulum Pilihan di Specific Independent Study

Secara umum project management atau manajemen proyek diarkan sebagai metode pengelolaan suatu proyek agar bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Tanpa adanya project management akan mustahil bagi suatu proyek untuk dieksekusi secara teratur, baik dari segi waktu, biaya, hingga kualitas. 

Sementara itu, materi project management yang ada di Specific Independent Study berfokus pada pengelolaan proyek di bidang teknologi dan sistem informasi. Bagi seorang project manager, memiliki keterampilan dalam mengelola proyek sangat dibutuhkan agar pekerjaan berjalan lancar. 

Inilah beberapa materi tentang project management yang bakal kamu pelajari selama satu tahun mengikuti Specific Independent Study. 

  • Pengenalan manajemen proyek
  • Tujuan proyek dan business case
  • Lingkung proyek dan work breakdown structure (WBS)
  • Jadwal dan anggaran proyek
  • Pengelolaan risiko proyek
  • Pengelolaan pemangku kepentingan dan komunikasi proyek
  • Mengelola perubahan organisasi dan implementasi
  • Presentasi proyek akhir 

Itulah sekilas tentang Specific Independent Study yang ada di dalam Enrichment Program. Selain itu, kamu juga bisa mengambil 6 pilihan lainnya yaitu pengabdian sosial, penelitian, studi ke keluar negeri, magang kerja di perusahaan, studi lanjut, dan merintis usaha. 

Sekarang, kamu bisa memilih program mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Sebagai perguruan tinggi Indonesia berkelas global, Enrichment Program menjadi salah satu program unggulan BINUS UNIVERSITY untuk menghasilkan lulusan yang kompeten.  

Di dunia pendidikan tingkat tinggi, BINUS UNIVERSITY telah dikenal sebagai kampus berkualitas global. Hal ini juga dibuktikan dengan masuknya BINUS UNIVERSITY sebagai top 10 perguruan tinggi swasta terbaik  se-Asia versi QS AUR 2022.