Digital Learning Ecosystem tidak semata soal pembelajaran daring. Ada banyak elemen yang harus dipenuhi untuk bisa dikatakan sebagai sebuah ekosistem pembelajaran digital. Selain peserta didik yang harus melek teknologi, tenaga pengajar pun perlu dibekali dengan fasilitas yang mampu mendukung proses pembelajaran secara lancar. Nah, berikut ini beberapa aplikasi online yang dibangun dan dikembangkan BINUS untuk memudahkan penyampaian materi e-learning dari tenaga pengajar. Simak selengkapnya di ulasan berikut!

BINUS University, Institusi Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi yang Berpengalaman

Digital Learning Ecosystem
Sumber : Binus

Sebagai perguruan tinggi Indonesia berkelas dunia, BINUS University memastikan ekosistem pembelajaran digitalnya terus berkembang. Itulah mengapa, BINUS telah lama diakui sebagai institusi pendidikan berbasis TI yang kredibel dan berpengalaman. Tercatat sejak tahun 2001 lalu, kampus ini telah memberlakukan sistem pembelajaran yang disebut multi channel learning—dengan memanfaatkan learning management system yang dibangun dan dirancang sendiri oleh BINUS.

Tidak hanya menyediakan fasilitas pendukung digital learning, BINUS juga telah melakukan berbagai inovasi pada program pembelajarannya. Mahasiswa bisa mengakses program (2+1)+1, misalnya, yang menyediakan pengalaman multikampus. BINUSIAN bisa kuliah selama 2 tahun di kampus asal dan kemudian melanjutkan 1 tahun berikutnya di jaringan institusi BINUS di daerah lain. Selain itu, dalam program ini, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk kuliah lintas disiplin sehingga dapat memperluas wawasan dan pengalaman mereka. 

Dalam mengembangkan ekosistem pembelajaran digitalnya, BINUS juga mengusung konsep hybrid campus yang membuat proses perkuliahan jadi terasa lebih fleksibel. Karena selain faktor biaya, keterbatasan waktu juga menjadi salah satu alasan seseorang sulit menamatkan kuliahnya. Untuk itu, BINUS menghadirkan model kuliah baru yang mengombinasikan antara tatap muka di kelas dan pembelajaran daring.  

Deretan Aplikasi Online untuk Tenaga Pengajar BINUS

Nah, berikut adalah deretan aplikasi online untuk tenaga pengajar BINUS, yang membuat kampus ini memiliki ekosistem pembelajaran digital terbaik di Indonesia.

  • BINUS Mobile for Lecturer

Aplikasi mobile ini tersedia di Google Play Store, App Store, dan Windows Store. Dengan menggunakan aplikasi all-in-one ini, para dosen BINUS tentunya bisa mengakses informasi secara mudah dan cepat. Pun, di sisi lain, keberadaan aplikasi ini akan lebih memudahkan kerja dosen untuk mengecek berbagai informasi yang relevan dengan aktivitas pengajaran di kampus. 

  • BINUSMAYA

Tentunya, ini adalah platform e-learning andalan yang tidak cuma bermanfaat bagi mahasiswa, tetapi juga tenaga pengajar di kampus BINUS. BINUSMAYA merupakan sebuah learning management system yang dibangun dan dikembangkan sendiri oleh BINUS. Platform online ini pun hadir untuk memastikan proses pembelajaran melalui multi channel learning di BINUS dapat berjalan optimal. 

Adapun beberapa fitur BINUSMAYA yang biasa dipakai dalam mendukung pembelajaran berbasis digital, yakni:

1.  Kemudahan meng-update jadwal perkuliahan

Jadwal perkuliahan bisa berubah sewaktu-waktu. Dengan adanya fitur ini, dosen bisa dengan mudah meng-update jadwal kuliahnya dan mahasiswa juga akan mendapatkan info terkini soal kelasnya. 

2.  Mengunggah materi kuliah sangat mudah

Tenaga pengajar dapat dengan mudah mengunggah materi perkuliahan di BINUSMAYA, baik itu yang termasuk materi pokok ataupun hanya tambahan. Jadi, proses belajar-mengajar dapat berlangsung lebih lancar. 

3.  Kemudahan memantau tugas kuliah dan cek pengumpulan tugas mahasiswa

Dengan adanya BINUSMAYA, dosen bisa dengan mudah mengunggah tugas kuliah. Selain itu, mengatur tenggat pengumpulan dan cek progres tugas mahasiswa juga menjadi lebih ringkas melalui platform ini. 

4.  Membuat Forum Diskusi Interaktif dengan Mahasiswa

Salah satu kendala dari pembelajaran daring adalah mendiskusikan materi secara interaktif. Nah, dengan adanya BINUSMAYA, dosen bisa dengan mudah membahas materi kuliahnya bersama mahasiswa. Tersedia fitur forum diskusi yang bisa digunakan tenaga pengajar BINUS untuk membuat grup diskusi bersama mahasiswa. 

Itulah beberapa hal yang dilakukan BINUS dalam memantapkan digital learning ecosystem-nya, terutama dari segi fasilitas bagi tenaga pengajar. Dengan adanya berbagai platform online learning itu, BINUSIAN juga bisa belajar secara optimal tanpa harus hadir di tengah kelas. Ingin merasakan serunya kuliah di kampus swasta berstandar global seperti BINUS? Yuk buruan gabung!